Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  Kristupa W Saragih (176942)    15 tahun yang lalu

  0 

Mempunyai tempat berkumpul sesama peminat fotografi merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Jumlah foto yang banyak dan jumlah anggota yang ribuan membuat pergaulan di komunitas FN menjadi ramai dan hangat. Sudah selayaknya ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari sana.

Tatkala sudah sedemikian lama keanggotaan di FN teralami dan ketika sudah sedemikian banyak peristiwa yang dilewati sudah sewajarnya jika semua hal itu menempa tingkah laku dan cara berpikir kita. Memberi komentar kepada foto yang di-upload rekan lain sudah diberi koridor seluas-luasnya dan sebebas-bebasnya, tentu dengan aturan-aturan sebagai konsekuensi sebuah kebebasan. Demikian pula dengan himbauan yang berulang kali disampaikan untuk memberikan poin jempol secara wajar.

Kebebasan bertindak, baik dalam hal memberi komentar di foto maupun forum diskusi, membawa konsekuensi sebuah tanggung jawab yang musti diemban. Alangkah piciknya sebuah alasan memberi komentar atas alih-alih sebagai pemula yang tak pernah (mungkin pula tak mau) belajar. Bukankah sebuah permulaan itu adalah sebuah titik, bukan berupa garis yang tak berakhir? Alangkah egoisnya sebuah alasan memberi komentar bagus dan puja-puji pada sebuah foto yang butuh banyak pembenahan, atas dasar ingin mendorong yang sebenarnya lebih cenderung membuai dan memanjakan hingga membawa ke sebuah keterjerumusan. Bukankah kita tak selalu minum susu terus, tapi juga harus belajar makan bubur dan selanjutnya bisa makan nasi?

Kita sadar bahwa tatkala kita bergabung di FN ada banyak motivasi yang tercetus. Apapun itu, marilah kita sekarang meninjaunya kembali kalau-kalau motivasi itu ternyata salah atau mungkin tak sejalan dengan semangat FN yang terbuka, bebas, egaliter, kreatif dan selalu ingin maju. Keterbukaan membawa kita ke iklim kebebasan. Kebebasan membawa konsekuensi berupa tanggung jawab. Dan, egaliter menjadi sebuah syarat agar atmosfir kebebasan itu bisa terwujud. Sehingga kebebasan itu bisa membuat suasana berpikir dan bertindak kreatif. Dan pada akhirnya membawa kita pada keinginan untuk selalu maju, menjadi yang terdepan, menjadi yang terunggul.

Sudah sewajarnya dalam sebuah proses menuju kemajuan ini tak selalu jalan mulus yang dilewati, melainkan jalan yang berliku bahkan kadang rusak. Berbuat salah dan jatuh adalah hal yang wajar, asalkan tak dilakukan berulang-ulang pada lubang yang sama. Dan patut pula disadari bahwa kemampuan tiap individu berbeda, baik jenjang maupun kapasitas dan tingkatnya. Tapi jangan lantas perbedaan kemampuan ini dijadikan alasan untuk berpura-pura bodoh, dan jangan pula dijadikan alasan untuk minder. Si Lebih memberi kepada Si Kurang, dan Si Terdepan mendorong Si Terbelakang, demikianlah dinamika yang diharapkan bisa menghangatkan suasana pergaulan kita di FN.

Dinamika hidup juga hendaknya kita terima sebagai konsekuensi jumlah kita yang sedemikian banyak di FN ini. Dan masalah-masalah yang timbul sudah sepantasnya disikapi sebagai konsekuensi wajar sebagai manusia yang masih hidup. Tak mungkin manusia hidup tanpa masalah, tinggal tergantung cara menyelesaikan masalah dan menuntaskan tanpa mewariskannya untuk hari esok.

Demikian pula tatkala himbauan soal memberi komentar dan poin muncul sebagai konsekuensi nafsu memperoleh poin tinggi, nafsu meraih gelar Foto Pilihan Editor dan gelar Fotografer Pilihan Editor. Sejatinya, poin dan gelar itu diberikan kepada rekan-rekan yang sudah membuat effort, usaha untuk belajar dan membuat foto yang baik. Bukan, dan sekali lagi ditegaskan bukan, untuk diberikan kepada effort non-fotografis, seperti mengajak teman lain memberi rating, bahkan mungkin setengah memaksa.

Kita musti membedakan antara rekan kita yang sudah membuat effort (usaha) positif untuk membuat foto yang baik dengan rekan yang cenderung malas-malasan. Poin, gelar FPE dan FGPE bukan sesuatu untuk dikejar melainkan sesuatu yang cukup ditunggu untuk dianugerahkan kepada Anda. Tentu, jika usaha yang Anda lakukan untuk membuat foto yang bagus merupakan yang terbaik. Bukan poin dan gelar yang harus dikejar, melainkan usaha untuk selalu menjadi yang terunggul.

Kiranya menjadi jelas sekarang, bahwa hal-hal yang mendasar perlu kita tinjau kembali. Tak perlu berkecil hati jika sebuah harapan digantung tinggi tapi tak bisa terwujud. Jangan berharap kepada manusia karena Anda akan kecewa. Sungguh disayangkan jika kecil hati muncul dilanjutkan dengan keputusan untuk undur diri.

Ibarat menyaksikan pertandingan bola yang para pemainnya bermain kacau dan tak sedap untuk ditonton. Sebagai pemain bola, buktikan bahwa Anda bisa bermain indah, fair play dan mematuhi aturan pertandingan. Kaki yang sakit karena di-tackle bisa saja terjadi, dan tanggunglah itu sebagai konsekuensi kalau ikut bermain. Toh, wasit juga akan menyemprit jika melihat pelanggaran. Jikalau Anda dianugerahi Yang Mahakuasa untuk bisa bermain di lapangan, maka bermainlah.

Marilah mensyukuri sebuah dinamika kehidupan di komunitas yang majemuk ini. Tanggalkan semua kekecewaan yang membuat Anda emoh untuk ikut beraktivitas upload foto dan berdiskusi di forum. Ajaklah rekan-rekan untuk memperluas wawasan agar bisa memberikan komentar di foto secara wajar. Bulatkan tekad untuk membuat usaha menjadi yang terunggul melalui cara yang sehat dan bersahabat. Dalam kerja keras untuk tujuan yang mulia, tak ada yang sia-sia.

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Hedi Saputra (0)    11 tahun yang lalu

 0 

maju terus fotografer indonesia bravo FN

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  Ag. Farano Gunawan, ROMO (51655)    11 tahun yang lalu

 0 

"..Sungguh disayangkan jika kecil hati muncul dilanjutkan dengan keputusan untuk undur diri..." KS

Dulu ketika masih "anyaran" di FN, sering dapat TD dan hampir berujung pada suspend. Sekarang aku boleh bangga, termasuk member lama (2003), meski memiliki nilai rata-rata dibawah 100, sudah berani menyatakan diri bahwa "Saya, Romo Farano, Fotografer."
Matur Nuwun, Mauli Ate!

Cheers, Romo Farano,-

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  Akhmad Ripani (22094)    11 tahun yang lalu

 0 

salam kenal, saya anggota baru di FN, UPload foto juga baru 2. Saya baru baca2 ketentuan yg disyaratkan disini (dalam seluruh hal), baik itu ketentuan penilaian/kritik dan lain sebagainya. Saya tidak mempermasalahkan penilaian/kritik pada foto saya atau point yg didapat tapi saya melihat dan lebih mengamati pemberian nilai/kritik yg disampaikan sebagaian anggota,sebagian hal tersebut tidak mengacu pada ketentuan yg berlaku atau yg telah disyaratkan, misalnya pemberian nilai dengan kode jempul telah ditetapkan ketentuan ketentuanya, III jempul hijau bagaimana ketentuan penilaiannya s/d III jempol merah, yg saya temukan seseorang anggota memberikan nilai jempul II atau III tidak disertai dengan alasan dan tidak memberikan solosi untuk perbaikan foto tersebut. Tadinya saya berharap ada forum yg mendiskusikan masalah tersebut dan kebetulan sekali begitu saya buka Forum Diskusi Bincang Bebas, pembahasannya ada kaitannya dengan oneg-oneg saya, trimakasih salam sukses semuanya

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Heru Cahyono (433)    11 tahun yang lalu

 0 

saya ingin sekali upload foto, tapi koq ya malu namanya juga pemula banget, kamera aja br beli 2 minggu yg lalu. oh lalala

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  Iwan Ghozali (13231)    11 tahun yang lalu

 0 

memang sdh waktunya untk mengingatkan member bahwa penilainya itu jangan didasari ingin menarik yg dikoment trs koment ke foto dia...apalgi yang mengejar gelar FGPE dan FPE......Menurut pengalaman saya org akan cenderung mengejar kedua gelar tersebut karena temannya lebih dulu mendapatkan gelar tersebut...

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Natalius Ayen (294)    11 tahun yang lalu

 0 

Knapa Saya telat nemu Treat ini yah...
Awalnya gabung d FN pengen belajar tentang fotografi... begitu sudah terverivikasi, eh d suruh upload karya... setelah upload beberapa photo sya absen karena sibuk dengan kerja ( walaupun tetap mengang kamera d waktu" tertentu, Soalnya maenan baru nih... ) Begitu login lg eh... dpt pesan agar dalam waktu 1 bulan sejak terverifikasi, harus meng upload minimal 11 karya atau memberikan 32 kritik... Wah... Ribet klo gini... Mana koleksi photo masih dikit... udah gitu ga bagus".... payah ah...
Tp dengan berjalannya waktu, semua itu ternyata ada manfaatnya ( walau photo" saya jarang banget d komentarin ) itu bukan masalah, soalnya dari beberapa omentar yg saya terima dan sangat membantu saya yg pemula ini...
Akhirnya... Jatah minimal terpenuhi ( klo ga tiap login dpt pesan dr Admin Om... )
Sekarang kembali ke jalur " BELAJAR "
Terima Kasih Buat Semua yg sudah memberikan Masukan pada Saya ( really help me ).


Salam,

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Adam Pramadia (490)    11 tahun yang lalu

 0 

halo mas kris ..
terima kasih motivasinya ..saya baru aktif lg di FN ini
lgsng aja ni mas masukkan dari saya .

1).mungkin kalo kata teman" fotografi saya .
FN aga ribet -> peraturannya dibandingkan Dev*****t .
tapi entah kenapa system point yang saya rasakan ,motivasi rasa ingin membuka tiap hari website FN ini.

2).membuka foto saya yang ada di FN hanya untuk melihat komen atau tidak
// saya ga pernah berfikir ,mreka yang komen adalah org sotoy , melainkan "masukkan" ..saya suka sekali dengan hal-hal sperti ini

3).forum -> peraturan ketat membuat saya lebih hati-hati dalam mengisi /menyimak di forum ini ..well ,tp yang saya rasakan di tiap forum ,di tiap thread , junk post jarang bgt ditemukan .
..dan masih byk lagi

kesimpulannya
* sistem point adalah salah 1 ciri FN yang beda dibandingkan sistem forum yang lain ,yang mengandalkan warna hijau atau jabatan .
* 3TU ,2TU ,dll .. salah 1 cara mengomentarin hasil foto kita , mungkin kata orang ya PRO adalah junk atau apalah ..tapi bagi NEWBIE ,itu adalah suatu acuan ,motivasi ,untuk lebih better .
* peraturan yang cukup ketat , bagi saya sudah cukup membawa FN kedalam forum yang bagi saya aman digunakkan semua kalangan tidak ada thread yang ngejunk / isinya menggandung foto pornografi apalagi FN adalah website fotografi .
* Terverifikasi / belum terverikasi adalah salah cara kita yakin bertransaksi bahwa mreka / siapapun memiliki ID 1 / identitas 1 ..supaya lebih meyakinkan transaksi jual beli kita .

saran saya -> FN semoga lebih simple lagi.

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Subur (729)    11 tahun yang lalu

 0 

sebuah topic yang bisa membangun dan menggerakkan semangat....


terimakasih bang KRIS.....

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Deni Andriana (1)    11 tahun yang lalu

 0 

Salam kenal tuk semuanya...

sepertinya FN ini emang berbobot nih.. aturan mainnya tegas.. salut lah, senang saya gabung disini Salam Hangat dari Karawang

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Halim Gani (30)    11 tahun yang lalu

 0 

Wah.... yang senior sudah bicara konsep... junior masih berkutat pada pemahaman teknis...


Yup... nice share. Salut :)

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Asmat (511)    11 tahun yang lalu

 0 

perkataan yg bagus dan okeh

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Achmad Alfian Fahmi (132)    11 tahun yang lalu

 0 

lagi demotivated nih, hasil tangkapan lensa selalu tak sesuai dengan ekspetasi, mungkin butuh banyak belajar lagi. mulai dari prepare concept sampe post processing... dan perlu banyak baca dari kawan kawan di FN nih...

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  Andre Hamboer (17936)    11 tahun yang lalu

 0 

terimaksih atas wejangannya... semakin saya tahu fotografi semakin saya menjadi bodoh, karena ternyata banyak orang orang yang lebih hebat, dana hal hal yang sanagt belum saya tahu...

saya belajar banyak dari FN, dari belajar warna, komposisi, angle, dan estetika foto...

terima kasih banyak telah memberikan saya berjuta pengalaman yang tiada habisnya, bertemu dengan teman teman baru yang menyenangkan di seluruh Indonesia..

terima kasih, sekali lagi, terimakasih...

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Tino Elya Widanarko (423)    11 tahun yang lalu

 0 

hargailah orang2 yang ada disekitarmu karna tanpa mereka kmu bukan apa2,,
hehehehee

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  I Ketut Manik (49315)    11 tahun yang lalu

 0 

Thanks atas sharing dan pencerahannya temans...

Saya sudah tobat sekarang, tidak akan sembarangan lagi menabur 3TU...
saya juga mulai berkomitmen untuk tidak mengupload foto yang menurut saya sendiri tanggung dan kurang bagus....

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Dede Suherman (38)    11 tahun yang lalu

 0 

terima kasih..saya baru baca dan saya setuju dengan apa yang dikatakan mas..

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Radha Kurniawan (285)    11 tahun yang lalu

 0 

Tidak ada yang sempurna..Sebuah saran maupun kritik akan menjadi sebuah cerminan diri kita. Terima dan pertimbangkan dengan tenang untuk sebuah hasil yang lebih baik.

Salut untuk FN..Saya yakin, saya ada di tempat yang tepat untuk belajar fotografi.

Salam newbie :)

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Mukti Laksmana (273)    11 tahun yang lalu

 0 

salam dari pemula

go FN

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  Arie Triadji (7279)    11 tahun yang lalu

 0 

Makasih banyak Om Kris! Tulisan anda memberi semangat n inspirasi yg bsar buat FNers.
Memang memotret mirip bermain musik, pertama kita belajar teknik dasarnya.. Kemudian kita memotret dgn aturan yg ada dari basic td. Lambat laun kita lupakan smua aturan dan mulai memotret dengan hati... Tanpa melihat TD TU setidaknya kita berkarya dengan jujur.. Karena jika berkarya dgn hati hasilnya akan priceless dan 3TU pasti mengikuti dgn sndirinya..

Pengalaman saya: ketika mendapat nilai tinggi di antara galeri saya, itu akan memicu untuk tetap konsisten, minimal tidak menurun.. Itu yg susah, mempertahankan! Terima kasih buat Om Kris telah memberi kesempatan..
Bravo FN!!

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Rahmat Hutajulu (274)    11 tahun yang lalu

 0 

Salam pemula...

jujur saja,pada awalnya saat sekarang saya mau memulai hobby baru dibidang fotografi ini hanya ingin menghilangkan kepenatan pada rutinitas dan kepenatan pikiran,tetapi setelah mencoba beberapa kali,ada desakan dari dalam yang ingin mencoba lebih jauh lagi. apalagi setelah melihat begitu banyak ulasan dan komentar dari semua teman-teman disini,kadang begitu menyentil,kadang colekan yang halus,kadang juga puja-puji yang membuat kita ingin mencoba lebih baik. Walaupun ada bisikan ketakutan,apakah saya bisa,apakah saya mampu,baik dari segi menambah skill bahkan malah biaya yang diserap dari hobby baru ini. atau mungkin hobby ini bisa saja mendatangkan link "periuk nasi" yang baru (seperti kata teman yang baru saja saya kenal,yang memang bergelut dibidang ini sebagai mata pencahariannya). Apapun itu,saya mohon bimbingan dari semua teman-teman sekalian,saran dan kritik seindah dan sepedas apapun,akan membuat saya menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
salam hormat dari saya.......

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: DIna Cahya (174)    11 tahun yang lalu

 0 

wadehhhhh....bahasanya ciamik dahh.....lembut tapi tertohok..hehhee..
kritik bole saja ..kritik bae n buruk kan pasti mmbangun tohh..kalo di batesin membatasi kreatfts orng yang akn megeritik..hehehhe...
ga setuju dengan model poin itu seperti yang udah disampaikan di coment di atas....hehehee...gmn gitu dri tk nilai sellu angka..bosannn

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Adityo Herutomo (3)    11 tahun yang lalu

 0 

wah, beruntung saya bisa masuk ke dalam FN, bisa banyak belajar....makasih mas kris....

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Adityo Herutomo (3)    11 tahun yang lalu

 0 

beruntung saya bisa masuk ke FN, saya bisa belajar banyak hal dan bertemu sama kaka / saudara2 sekalian.....terimakasih mas kris :D

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh:  Izdhan Khair Telaumbanua (14650)    11 tahun yang lalu

 0 

Wejangannya mantab banget...emang bener, kita musti memiliki motivasi yg didasari pikiran yg positif...dengan demikian kita bisa bermain dengan fairplay...temen2 yang bisa membuat karya fotografi dengan baik memang layak mendapat pujian atas hasil usahanya...

Re: Meninjau Kembali Motivasi

Oleh: Teguh Gunawan Suseno (91)    11 tahun yang lalu

 0 

Setuju banget.. semua nya kembali motivasi utama.. lalu action !!