Oleh: Robert Adolf Izaak,RAI (84103) 20 tahun yang lalu
Pertama-tama, saya bingung menempatkan pertanyaan saya di atas di kelompok mana....Akhirnya saya tempatkan di kategori Fotografi Umum aja....Kalau salah kamar tolong di koreksi ya... Hari senin besok saya ada rencana perjalanan pake pesawat ke Pontianak. Waktunya siang hari....Biasanya pergi pake pesawat suka motret-motret....Untuk mengasah ketrampilan dan menghasilkan kualitas foto yang baik, saya ingin berguru dari para senior yang sudah biasa motret dari pesawat....terutama untuk komposisinya....penentuan warna...dll...dll...Obyeknya bisa di tebak....awan dan awan....tapi untuk menghasilkan foto yang apik...saya perlu sekali minta saran....Kamera saya Canon A-80.... Terima kasih atas kesediannya memberikan pencerahan....Best Regards...
Oleh: Indi Soemardjan (7483) 20 tahun yang lalu
minta ground crew bersihkan jendela pesawat sisi luar nya pak... soalnya biasanya kotor kan.
Oleh: Erwin Purnomosidi (331) 20 tahun yang lalu
Salam kenal, Coba Bapak hubungi seseorang dengan link http://www.jetphotos.net/members/viewprofile.php?id=4045 Atau http://www.kamera-digital.com/forum/viewtopic.php?TopicID=1475&page=3 untuk bertanya2. Ada beberapa Airlines yang melarang penggunaan kamera, jadi jalan keluarnya.. beli pesawat sendiri.... :)
Oleh: Patricia Kristy Prameswari , Kikie (11345) 20 tahun yang lalu
Iya... Saya juga penasaran, kok kakak - kakak di FN bisa motret bagus2 di pesawat.. Padahal di jendelanya itu banyak kerak air.. Kalo airline domestik sih kayaknya gpp deh motret - motret, jadi belum perlu beli pesawat sendiri :D
Memang sebelum terbang ada announce dilarang menyalakan yang berbau elektrik...Biasanya untuk HP, radio...saya kira ini tidak berlaku untuk motret....plus juga tidak berlaku untuk kamera digital....Kalau saat take off diam-diam saya suka nyalain 'n motret....soalnya view bagus justru pada saat take off 'n landing.... Pengalaman yang saya jumpai, kalau dari Jakarta ke Yogya, pilih bangku deretan A (sebelah kiri), karena biasanya akan melihat view gunung....Kalau di sebelah kanan hanya laut....gersang....Jadi pemandangannya lebih bagus Penerbangan Jakarta - Medan, pilih sebelah kiri, karena banyak dijumpai perbukitan (daratan)....Kalau balik dari Medan Jakarta, pilih yang sebelah kanan....saat take off dari Polonia akan kelihatan D. Toba dari Kejauhan.... Dari Jakarta-Surabaya, pilih sebelah kanan....akan melihat gunung-gunung....Itu karena pesawat biasanya menyusuri pantai utara....Demikian jugan untuk Jakarta-Semarang.... Yang sebut di atas untuk penerbangan siang....Kalau malam....praktis ngga bisa lihat apa-apa.... Kembali kepada diskusi di atas, yang menjadi pertanyaan, kira-kira apa saja yang harus saya perhatikan dalam hal komposisi dan exposure-nya....
Oleh: A. Raditya Pratistha D,Ndoro Tuan (44548) 20 tahun yang lalu
Coba deh pak lihat foto ini dan yang ini ( bukan promosi) saya memakai diafragmanya f 5,6 / f8.0, sayangnya saya malah belum sempet ap-lot foto pas perjalanan Jakarta-Jogja, kelupaan.....:( Hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaaan lensa berbukaan lebar / wide angel, dan jarak antara kaca pesawat dengan ujung depan lensa seminimal mungkin 0,5-1 cm, biar debu / kotoran yg menempel pada didnding kaca pesawat hilang. Erwin bercerita : Ada beberapa Airlines yang melarang penggunaan kamera, jadi jalan keluarnya.. beli pesawat sendiri.... Masak sih....;;) mkn nggak ada jendelanya kalik, jadi dilarang motret...percuma jadinya, kayaknya saya nggak masalah tuh kemaren2x pas saya motret dr pesawat Thai Airways, Garuda sampe yg kelas kambing LionAir :| Soal komposisi..hmm..selera aja sih pak,salam...:D
Oleh: Petrus Suryadi (85030) 20 tahun yang lalu
Gampangnya jangan pake DOF sempit... dalam artian F/2,8.... Enaknya sih Pake aja F/8.... A80 khan... :) Kegunaanya ya... supaya kotoran di kaca enggak ketangkep.... Terus cek juga speednya pak.. kalo diatas 1/125 baru ok... dibawah itu mungkin sedikit blur..... :( Mungkin sih.... wong saya belon pernah naik pesawat... :"> :D
Petrus.....belom pernah naik pesawat aja sombong, apalagi naik delman :p:p
Oleh: Kristy Whanarahardja (2370) 20 tahun yang lalu
bagus sih pas dapet tempat duduk di depan (baca: kelas bisnis), tapi kalo pas dapet di tengah2 sayap, wah jelek banget kayanya. AFAIK foto dari pesawat ga usah pake filter polarizer lagi karena kaca pesawat tsb umumnya sudah ada polarizer nya. kalau filter UV mungkin ga masalah kali ya utk mencegah glare pada kaca. CMIIW. kalau komposisi bergantung view nya dan kayanya ga bisa milih2, kecuali boleh minta ke pilot nya utk mampir sebentar ke tempat tertentu :D paling bagus sih pas pagi atau sore biar tone warna bagus pada awan, dan sinar matahari kira2 sejajar sama awan, apalagi kalau awannya yg "berbentuk", asal jangan menantang matahari aja. kalau perlu setting saturasi +1 dan vivid color biar warna nya lebih keluar. kalau exposure IMHO pakai aperture kecil (mis f/11-f/22) biar DOF ga sempit. speed disesuaikan dgn jarak objek dan stabilitas pesawat, kalau pesawat stabil (ga pas belok2 atau turbulence), pakai speed agak rendah juga ga masalah.
Oleh: Charles H. Hadi, Jade (13203) 20 tahun yang lalu
Saya coba bantu menurut pengalaman saya yah mas ... Pertama saya mulai dengan non teknikal: -Yang penting pertama menurut saya sih waktu ... kalo bisa cari jam terbang-nya yang pagi atau sore2 sebelum sunset. Cahaya sunset dari udara bagus sekali loh .. terutama kalo terpantul ke lautan. Contohnya seperti di bawah ini ... bukan promosi loh ;)) -Tempat duduk juga penting ... harus pesen window seat :D kalo ngga yah susah kalo motret-nya minta pangku ama orang sebelah :)) Hehehe serius deh, tempat duduk penting, tapi bukan karena alasan di atas. Kadang walaupun window seat duduk-nya juga ngga enak buat foto (ketutupan mesin atau sayap pesawat). Sisi kanan atau kiri juga penting .... kalo ambil jam terbang pagi sebaiknya cari tempat duduk yang menghadap timur dan sebaliknya. Tiga kali penerbangan terakhir saya beruntung banget sih ... dapet pesawat yang sepi .. jadi saya bisa pindah dari depan terus ke belakang, kanan kiri semua dijelajahi untuk ambil foto :D -Sebelum foto bersihkan kaca jendela pesawat (yang dari dalem) ... kalo yg di luar ngga tau deh gimana caranya :D Setau saya ngga ada larangan untuk foto2 di dalam pesawat. Kalo ada larangan, mungkin sudah banyak anggota FN yang kena denda ama airline :D Sekarang teknikal: -Pilih diafragma yang sempit sehingga kotoran2 yang menempel di jendela itu ngga keliatan, minimal f/8 atau f/11 ... lebih sempit lagi lebih bagus kalo speed-nya masih memadai buat handheld. -Setuju ama saran Kristy sebaiknya jangan pake Polarizer ... karena bisa muncul efek rainbow (terutama kalo sinar mataharinya kuat sekali) Saya pernah coba pake PL antara jam 7-10 masih bagus, di atas jam itu muncul efek rainbow. -Lensa yang digunakan sebaiknya zoom biar lebih flexible. Biasanya saya bawa wide angle zoom dan tele zoom. Tapi saya lebih sering pake tele zoom .... karena saya ngga suka moto langit/landscape yang keliatan sayap pesawat-nya. -Kadang menentang matahari juga ada bagusnya ... foto di bawah saya ambil menentang matahari cuma angle-nya diturunin dikit biar flare-nya ngga banyak. Kalo mau foto menentang matahari Filter ND sangat dibutuhkan, supaya warnanya lebih keluar. Kadang bermain dengan kompensasi juga bisa menghasilkan foto yang asik juga. Sekali lagi foto di bawah kompensasi -1.0 EV untuk membuat siluet dari awan yang mendung. Semoga membantu !
Oleh: Arbain Rambey (103716) 20 tahun yang lalu
....saya rasa tak ada bedanya motret dari dalam pesawat dengan motret dari dalam rumah lewat jendela kaca.........Yang penting kacanya bening. Juga jangan duduk di atas sayap......
Oleh: Heri C., Winale (5653) 20 tahun yang lalu
Kalau kebetulan si pramugari yang cantik itu protes nggak boleh motret, minta tolong dia ambilkan foto dari ruang kabin pilotnya. Syukur-syukur ini membuka peluang buat "saling-silang" berikutnya dengan si pramugari..hahahahahaha.....
Oleh: Nina Marzoeki (27061) 20 tahun yang lalu
:D 'bang arbain... 'lex, nggak tau kenapa... gw pernah tuh dilarang moto dipesawat... singapore airlines... kali pramugarinya lagi moody ya... :)
Nina...mungkin Pramugarinya sirik liat sepatu lancipmu, atau kesel sepatu lancipmu ngrusak seat :D Mungkin pengaruh tampang juga sih Nin...:-"
Oleh: Gerry Soetanto (1352) 20 tahun yang lalu
di garuda, larangan memotret hanya pada saat take- off dan landing. mungkin supaya tidak mengganggu ils beacon yang menggunakan low frequency, sementara sisa flight time ok untuk foto. harusnya airline lain juga sama, karena yang mengatur adalah faa. btw, ide bagus dari bung herry normandy. jadi pingin coba.
Oleh: masbaz (39152) 20 tahun yang lalu
Idem dengan bung Robert, penerbangan Jakarta-Yogya paling enak duduk di sebelah kiri, karena banyak pemandangan asik.Saya justru lebih suka DoF sempit, karena ketidaksempurnaan di kaca pesawat lebih tidak nampak. Seperti foto ini misalnya (ini iklan2 dikit deh :D), aperturenya saya agak lupa, tapi pokoknya sekitar2 angka besar, untuk mengejar speed yang cukup...
Masalah lain adalah flare. Karena jendela pesawat dianggap sebagai lensa, maka flare lebih tidak terkontrol... foto ini contohnya (kalo yang ini bukan iklan). Oya kedua foto tersebut saya potret dengan F65 dan fixed-lens 50mm
Oleh: Judhi Prasetyo. (38908) 20 tahun yang lalu
Kak Robert udah nyampe belon? Kalau udah berhasil tolong saya diajarin ya... A80 saya belum pernah diajak terbang nih.. :)
Oleh: Bernardo Halim, jeber (19660) 20 tahun yang lalu
jangan duduk di seat yang dari dalem keliatan sayapnya...hehe
Oleh: Suryo Wibowo (25088) 20 tahun yang lalu
yang jelas: dilarang membuka pintu pesawat... dilarang membuka jendela pesawat baik dengan paksa maupun dengan lembut. dilarang mengeluarkan anggota tubuh dari pesawat. :D :D
Asyiiik... jadi juga gua bawa terbang si A80 :D
satu lagi.. :D
Minggu lalu saya kembali dari Pontianak....Beberapa tips dari rekan-rekan saya terapkan....Saya pilih nomor tempat duduk 14-A di GA 737 tipe 500 (short body)....Seperti yang sudah saya duga jendela pesawat kotor....Jadi saya bagian yang dari jendela yang tidak kotor....Kamera saya set otomatis ke Panorama. Saya pake A-80....Saya belum berani dan belum trampil memakai setting AV...Karena yang pasti ada guncangan.... Foto di bawah ini saya ambil saat take off dari bandara Soekarno-Hatta.
Saat take off dari Soekarno Hatta...
Foto yang ketiga saya jepret sekitar 3 menit setelah take off....berarti masih dari teluk Jakarta....Saat pilot konsentrasi di saat kritis (fase take off dan landing katanya adalah fase krisis), saya malah asyik motret....Saya piling bagian bawah jendela pesawat yang tidak kotor....Masih terlihat batas jendela bawah....sengaja saya tidak cropping....kamera saya set otomatis ke Panorama supaya tahan goncangan.
Foto keempat saat pesawat manufer (belok) ke kanan....Terlihat posisi sayap pesawat ke atas....kemudian bagian atas terlihat jendela pesawat yang agak kotor....