Part 2: Ladakh: Chang-La pass & Pang-Gong Tso Lake

Oleh:  Yadi Yasin (116383)    16 tahun yang lalu

  0 

Lanjutan dari thread Extreme Hunting: Part 1: Ladakh, Jammu & Kashmir, India

Setelah merasa bahwa tubuh sudah cukup mengalami aklimatisasi, pada hari ke 3 kami memberanikan diri untuk ketempat yang jauh diatas, yaitu menuju Chang-La pass dan danau Pang-Gong Tso. Chang-La pass adalah sebuah jalan yang membelah salah satu deretan pegunungan Himalaya, bukan yang tertinggi, hanya sekitar 6000m diatas permukaan laut. Tujuan akhir kami yaitu menuju danau Pang-Gong Tso yang terletak diatas ketinggian sekitar 4500m.

Jalan menuju Chang-La pass adalah menuju ke timur, yaitu menuju perbatasan dgn Tibet (yang di annex oleh China) sehingga diujungnya jalan tersebut adalah jalan "buntu". Karena hanya sebagai "visitor" kami hanya boleh sampai krg lebih 7km dr ujung danau sebelah barat, suatu point yg disebut Spangmik. Sebetulnya jalan tersebut bisa tembus sampai Tibet, tapi "military only".

Oh ya, untuk bisa keluar kota Leh sejauh ini, dibutuhkan perijinan khusus, karena kita akan melewati setidaknya 7 sampai 8 military check-point, jadi sebanyak itu izin yang harus dibuat.
Dan ada syarat lain yaitu visitor harus pergi sebagai "group of 4", sedangkan kita hanya bertiga. Jadi terpaksalah seorang visitor/photographer imajinatif asal Malaysia kita buat... pinter kan org Indonesia ;))
Ini semua berkat inisiatif dan usaha pemilik hotel tempat kita menginap, dgn catatan kalau ada apa-apa tanggung jawab kita sendiri :o
Kepalang tanggung sudah sampai disini dan mimpi harus diaktualisasikan :)

Berikut kisah dan foto-fotonya



Links:
Part 1: Ladakh, Jammu & Kashmir, India
Part 3: Rajasthan: Jodhpur and Jaisalmer
Part 4: Thar Dessert, The Great Indian Dessert
Part 5: New Delhi & Agra

Belum ada komentar