[ iR ] Apa efek 2 filter CPL pada kamera infrared ?

Oleh:  Dibyo Gahari (68766)    14 tahun yang lalu

  0 

Ada sebuah efek optik unik yang bisa diterapkan pada sebuah kamera infrared, yang sudah sejak lama dimanfaatkan oleh Cokin dan SingRay, yaitu bila 2 filter CPL digabung dan digunakan ber-sama2. Efek ini dapat dimanfaatkan dengan memasang 2 filter CPL di depan lensa, dan memutar salah satu filter CPL tsb. 360 derajat.

Bila 2 filter CPL digabung dan salah satunya diputar, maka ada 2 kemungkinan yang terjadi. Pertama, akan terjadi efek perubahan warna dari kuning ke biru/ungu secara berulang. Kemungkinan kedua, yaitu bila salah satu filter CPL tsb. dibalik arah, akan terjadi perubahan terang gelap secara berulang. Inilah efek Vari Neutral Density.

Untuk membalik CPL kedua cukup dengan membuka ring filter dengan sebuah obeng, dan filter dibalik arah. Kemudian pasang kembali ring filter.

KELEBIHAN efek 2 filter CPL ini al. :

1. Kita mendapatkan variasi warna-warni efek dari tambahan warna kuning ke biru/ungu.
2. Memberikan efek kreasi warna pada kamera infrared.
3. Bila salah satu filter CPL dibalik, bisa digunakan sebagai filter VariND dengan biaya murah.

KEKURANGAN efek 2 filter CPL ini al. :

1. Karena kita harus me-mutar2 filter ke2 terlebih dahulu untuk mencari efek yang diinginkan, teknik ini tidaklah praktis untuk diterapkan.
2. Karena kita harus me-mutar2 filter ke2 terlebih dahulu dan mengalihkan konsentrasi dari obyek ke filter CPL, kita akan kehilangan momen dan timing yang baik pada obyek foto.
3. Umumnya akan terjadi color cast pada foto yang dihasilkan sehingga mengurangi kualitas warna foto.
4. Umumnya juga terjadi gangguan pengukuran cahaya pada posisi dengan sudut putaran tertentu.
5. Umumnya kualitas foto akan berkurang.
6. Pada kamera yang tidak dioprek khusus untuk efek ini, dihasilkan efek vignette pada foto2 dengan lensa ultrawide angle. Sedangkan pada kamera infrared yang dioprek khusus untuk mendapatkan efek ini, sebuah CPL ditanam dalam kamera menggantikan hot mirror pada sensor. Sebuah CPL ( CPL kedua ) di depan lensa tidak akan membuat vignette.

Selamat mencoba.

Catatan :
. Pada dasarnya efek in dapat diterapkan pada semua jenis kamera infrared dan pada semua versi iR.
. Untuk mengurangi vignette dapat digunakan step-up ring filter ke ukuran yang lebih besar, misalnya step-up ring 72-77mm, yang artinya lensa menggunakan ukuran 72 mm dan filter CPL menggunakan 77 mm.
. Filter CPL dengan ring yang tipis juga akan mengurangi kemungkinan vignette.
. Efek dapat lebih mudah dimonitor pada kamera dengan fitur live view yang diaktifkan.
. Filter CPL dengan merk berbeda akan menghasilkan kadar warna kuning/biru yang berbeda, dan dari studi yang pernah dilakukan, filter CPL merk Kokaii batch lama menghasilkan warna yang lebih baik.
. Kamera yang digunakan pada contoh foto di atas adalah kamera infrared versi VISIBLE iR. Kamera iR versi berbeda akan menghasilkan efek warna yang berbeda pula. Efek warna akan lebih bervariasi pada kamera infrared yang banyak meloloskan spektrum visible light, seperti versi PREWED iR, AVATAR iR dan VISIBLE iR.

Salam infrared,
Dibyo Gahari
MyINFRARED

Belum ada komentar