Share Us Your Favourite Shots with Alpha Mount [update: tambahan link ke foto-foto di Galeri FN]

Oleh: Sofian J. Anom (1079)    16 tahun yang lalu

  0 

Berawal dari diskusi-diskusi yg berlansung di thread Komunitas DSLR Sony/Konica Minolta/Minolta di FN, muncul ide untuk menampilkan hasil-hasil jepretan anggota FN yg diambil menggunakan lensa-lensa Minolta AF Mount (Minolta, Konica Minolta, Sony, Carl Zeiss, Tokina, Sigma, Tamron, Vivitar, Sakar, dll) dalam satu thread tersendiri. Hal ini selain dimaksudkan sebagai sarana untuk saling berbagi pengalaman dalam menggunakan tiap-tiap lensa, juga untuk mengetahui tingkat kemampuan/kualitas dari tiap-tiap lensa tersebut. Dengan begitu, diharapkan para pengguna dan colon pengguna Minolta AF Mount bisa menjadikan thread ini sebagai salah satu referensi.

Agar lebih rapi dan enak dilihat, maka diharapkan di thread ini hanya ditampilkan foto-foto beserta data teknis/exifnya saja. Sementara untuk komentar/diskusi tetap dilangsungkan di thread lama sebagaimana saya sebutkan di atas. Selanjutnya, pada komentar/diskusi tersebut bisa ditambahkan hiperlink yg merujuk pada foto yang dimaksud (sekalian latihan bikin link, he..he...). Untuk itu, mohon bantuan moderator agar mengahapus/memindahkan posting yg tidak relevan dengan thread ini. Dan saya harap rekan-rekan yg postingnya dihapus/dipindahkan juga tidak keberatan...

Kami tunggu partisipasinya...

Regards... :)

    Catatan:
  • Foto-foto yang bisa ditampilkan di sini tidak hanya yang diambil dengan kamera digital, tetapi juga analog.
  • Untuk mengetahui kualitas asli dari tiap lensa, maka olah digital pada setiap foto yang diperkenankan hanyalah crop, resize, dan save for web. Sukur-sukur kalo data exif foto tetap dipertahankan.
  • Setiap foto bisa diganti sewaktu-waktu oleh penguploadnya, apabila kemudian ternyata ada foto yg lebih the best lagi.

*Sekedar buat perbandingan atau tambahan referensi:
www.dyxum.com
www.mhohner.de
www.alphamountworld.com



Perbaikan

Terimakasih atas berbagai kritik, komentar, serta saran yg disampaikan atas munculnya thread ini…

Setelah merangkum berbagai kritik, komentar, serta saran yg disampaikan, maka beberapa perbaikan yg perlu saya lakukan menyangkut thread ini adalah sebagai berikut:
  • Tadinya judul thread ini adalah “The Best Shot with Minolta AF mount Show off”, yang sekarang sudah berubah sebagaimana tertulis di atas. Digunakannya istilah “Favourite Shots” dan bukan istilah “experiences” misalnya, semata-mata hanya untuk memudahkan sharing, sebab itu artinya berawal dari contoh hasil (bukan semata-mata disertai contoh). Juga, istilah tersebut digunakan demi mempertahankan ide awal dari dibuatnya thread ini, namun sudah dengan penyempurnaan.
  • Tulisan-tulisan yg diposting di thread ini hendaklah berupa ulasan-ulasan (review) mengenai bagaimana sebuah foto favorit dibuat menggunakan salah satu jenis lensa Minolta mount tertentu, serta apa kelebihan dan kekurangannya menggunakan lensa tersebut. Kritik, komentar serta pertanyaan atas review yg dibuat bisa juga diposting di sini.
  • Foto-foto yg akan diulas hendaklah yg sudah pernah ditampilkan di Galeri FN. Untuk itu diharapkan setiap foto yg ditampilkan sebagai contoh di thread ini disertai dengan hiperlink yg mengarah pada lokasi foto tersebut di Galeri FN. Demikian pula sebaliknya, bila sebuah foto yg diupload di Galeri FN telah dibuat ulasannya di sini maka dirapkan pada keterangan foto tersebut dicantumkan pula url yg mengarah pada ulasannya di thread ini.
  • Minolta mount yg dimaksud di sini adalah dudukan model bayonet lensa Minolta, baik yg digunakan pada lensa-lensa Minolta Auto Focus maupun Manual Focus. Adapun brand dari lensa-lensa tersebut bisa saja Minolta, Konica Minolta, Sony, Carl Zeiss, Tokina, Sigma, Tamron, Vivitar, Sakar, Ozunon, dsb. Yang penting bisa menancap di body kamera Minota, Konica Minolta, ataupun Sony, baik digital maupun analog.
Dengan telah dibuatnya perbaikan ini, maka ketentuan-ketentuan sebagaimana tertulis di atas, yg tidak sejalan dengan perbaikan ini, dianggap tidak ada (bisa diabaikan). Adapun tetap dipertahankannya redaksional awal dari pembukaan thread ini adalah untuk menjaga historisitas dari thread ini. Semoga apa yg telah dan akan berlangsung di thread ini dapat menjadi pelajaran yg bermafaat buat kita semua…

Salam... :)

Update: 6 Mei 2008, 18.40 wib


Judul thread diganti menjadi "Share Us Your Favourite Shots with Minolta/Alpha mount"

Update: 8 Juni 2008, 14.50 wib


Berikut ini daftar link ke foto-foto yang menggunakan kamera A-Mount di Galeri Foto FN (klik langsung muncul jendela baru): Sony/Konica Minolta/Minolta User Directory

Update: 19 Desember 2008, 20.00 wib
Belum ada komentar