FLASH-SYNC

Oleh: Bambang Sutopo (21)    19 tahun yang lalu

  0 

Rekan-rekan fotografer saya ingin mohon pencerahan tentang Flash-Sync. Apakah yg dimaksud dengan Flash-Sync 1/500 ? Kalau pengertian saya selama ini bahwa kamera yg memiliki Flash-Sync 1/250 berarti kamera tsb mampu digunakan dengan flash sampai speed maksimal 1/250 karena Saya baca di Ken Rockwell pengertiannya adalah ” Sync speed is the fastest shutter speed you can use with flash” Hal ini terus saya percaya sampai suatu ketika saya mencoba sebuah digital camera yg memiliki flash –sync 1/250 saya coba dengan menggunakan speed 1/1000 dimana flash tetap dapat menerangi object,berarti selama ini anggapan saya keliru. Dalam brosur Minolta Dynax 9 saya juga melihat creative lighting yg dibuat pada speed 1/4000,padahal Dynax 9 memiliki Flash-Sync 1/250. Mohon bantuan rekan-rekan fotografer.

Re: FLASH-SYNC

Oleh:  Irwansyah S (52460)    19 tahun yang lalu

 0 

Walaupun flash menyala diatas angka flash sync, tetapi in real life shutter tetap membuka pada angka flash sync. Dapat dilihat dari hasil foto yang hanya terexpose sebagian.

Flash yang bisa dipakai hingga diatas flash sync hanya flash tertentu yang dedicated dengan body tertentu pula. Dalam hal ini tidak lagi disebut flash sync, karena pada kenyataannya flash tersebut menyala beberapa kali pada 1/sekian detik untuk mengexpose keseluruhan subjek.

Contohnya 10D saya yang flash sync nya hanya 1/200, tetapi dengan seri EX bisa dipakai hingga pada 1/4000 detik tetapi intensitasnya berkurang menjadi linear sesuai dengan jarak subjek ke kamera karena flash itu harus menyala beberapa kali dalam tenggang waktu yang super cepat.

Re: FLASH-SYNC

Oleh:  iing Gunawan, sidoel (27236)    19 tahun yang lalu

 0 

bang irwan, kalo pake 550EX di highspeed mode, emang nyalanya berapa kali, gua pikir sekali nyala aja.

Re: FLASH-SYNC

Oleh:  Heri C., Winale (5653)    19 tahun yang lalu

 0 

Begitu shutter speed dibuat di atas kecepatan sync flash, kamera akan automatis membuat maksimum sync flash kamera itu sebagai default. Seperti yg Irwansyah terangkan.

Re: FLASH-SYNC

Oleh:  Irwansyah S (52460)    19 tahun yang lalu

 0 

Saya lupa berapa kali, tetapi yang pasti main seperseribuan atau seperseratusan detik juga dalam bentuk pulse pendek-pendek yang continuous. Makin tinggi angka shutterspeed, maka kejutannya makin kencang dan GN semakin kecil.