:: Rosette :: 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

Pergantian tahun Islam Hijriah diwarnai dengan bersihnya langit dari awan di atas kota Jakarta.
rnWaktu yang tepat untuk melakukan pemotretan DSO.
rn
rnTarget kali ini : Rosette Nebula
rnEmission Nebula cantik yang bentuknya seperti bunga mawar ini terletak di konstelasi Monoceros, dan memiliki apparent magnitude 9.0
rnRosette memiliki beberapa nomer NGC, yaitu 2237, 2238, 2239,2246.
rnOpen cluster bintang yang terletak di tengah dikenal dengan nomer NGC 2244. Cluster ini adalah kumpulan bintang yang memancarkan radiasi ultraviolet yang menyebabkan gas di nebula berpijar.
rnDipercaya juga bahwa tekanan radiasi dari NGC 2244 ini membentuk lubang di tengah.
rnNebula ini berjarak sekitar 5500 tahun cahaya dengan diameter sekitar 130 tahun cahaya
rn
rnDengan menggunakan binokular ataupun teleskop bermagnifikasi rendah, cluster NGC 2244 cukup dapat teramati.
rnAstrophotographycally, bagian nebula merahnya dapat terekam dan hanya dengan cara ini saja, karena secara visual tidak dapat terlihat oleh mata.
rn
rnsubs: 163x13secs (2119 detik total)
rndarks: 14
rnOTA: AstroMaster 130EQ f/5 w/ motorized RA CG-3
rnProcessing di DSS & PixInsightLE.
rnlokasi: Warung Buncit, Jakarta
rn
rnSemoga berkenan, dan Selamat Tahun Baru 1430H.

  • Nilai foto: 100
  • Dilihat: 305
  • Waktu upload: Senin, 29 Des 2008
  • Lokasi: Roof top, Warung Buncit,, DKI Jakarta, Indonesia
Kategori
LandscapeNature
Shooting Data
  • Aperture: f/5.0
  • Speed: 2119
  • ISO: 0
  • Kamera: Nikon D300 *
  • Lensa: Built-in / Standard *
  • Filter: ga pake
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 Toni Kusnandar (40820)

11 tahun yang lalu

Subhanallah.... luar biasa indah sekali, jarak 5500 tahun cahaya dg diameter 130 tahun cahaya, 1 detik = 300.000 km.... jadi maha luas alam ini, betapa kecil dan rapuhnya diri kita, pantaskah manusia merasa sombong ??? Terimakasih sudah berbagi, kapan bisa belajar motret kayak gini ya ?

Dedi Nurdin, Dedi (3039)

11 tahun yang lalu

Brilliant....!

 M. R. Taufik (17161)

11 tahun yang lalu

Keren Pur, tapi eksekusinya uedan ya. Pake ISO3200 dan speed 2119 detik ... kalo pake kameraku kali bukan bintang yang didapet tapi chroma noise :D

 Budi Yuwono (12625)

11 tahun yang lalu

BUSET bisa aja dapetin yang beginian..... Makasih atas sharingnya.....

 Catra Ghifari (15324)

11 tahun yang lalu

cantik2.. pgn bgt bs foto bginian.. agak ngerti sedikit.. (udh baca majalah aperture soalnya) hihihihi

 Sugito Wijaya (7412)

11 tahun yang lalu

Foto beginian seh jarang ² ada neh, Astrofoto yang cantik dan menarik.....

 Christina Desitrivianti, Nina (49997)

11 tahun yang lalu

ah.. terima kasih sharing-nya kak.. jarang2 liat foto ginian deh.. 8->

 Sugeng Kuswardono (2244)

11 tahun yang lalu

astro photo-nya manthep mas, salam

Restu Dwimarsetio (1065)

11 tahun yang lalu

SPEECHLESS.......

 Bambang Irwanto, Beng2 (5883)

11 tahun yang lalu

Ada temen kantor yg berkali-2 ngajakin motret beginian... tapi belum kesampean nih. Salut atas usahanya motret benda-2 langit kaya gini...

Paul Cahyono (162)

11 tahun yang lalu

Foto yang menakjubkan. Bagaimana cara shot nya ya?

Kokenjoe Koken (344)

11 tahun yang lalu

wow, gue uska bange dengan foto2 astronomi ini, melupaka sejenak akan keruwetan di bumi dan melihat masa lalu dari bintang ini ... ha ha gue terkesan dengan teori2 astronomi, pergerakan ruang dan waktu dsb. yang terjadi di atas langit, (foto) ini mengingatkan saya akan kesan dan sensasi ingin tahu yang sudah lama bersemayan dan muali bangki

 Rahmat Yuwana (7034)

11 tahun yang lalu

satu kata, "SALUT!"

M. Irzal Wahab (1777)

11 tahun yang lalu

wah., ga ngerti tapi sumpah bagus banget....

Aditya Budhi Dharma (2596)

11 tahun yang lalu

hebat bener nih.... fto astro mmang mnarik, salam

Muhammad Kahfi (1803)

11 tahun yang lalu

bisa gini yah? ck ck ck ck... takjub sayah...

 Putra Permata Tegar Idaman (14710)

11 tahun yang lalu

Luar Biasa.. Saya Kira tadi olahan ternyata ASLI!! PATEN BGT Om.. Selamat Tahun Baru Hijriah 1930..

 Achmad Prasetyadi (33127)

11 tahun yang lalu

Sangat informatif nihh ... bagus juga gambar nya

Ivan Nathanael Hutahaean (4623)

11 tahun yang lalu

wah aliran astrofotografi ya?keren2..komposisinya menarik..bravo

 Sorja Koesuma (8180)

11 tahun yang lalu

mantap, bagus sekali. kecepatan 2119 artinya apa mas? maaf ra dong blas alat ginian. salam.

 Ridwan Alamsyah (5691)

11 tahun yang lalu

cantik, ,cantik, cantik, cantik banget suka ama senuanya, cantik cantik cantik