Betina kecil 


Hak cipta karya foto ada pada fotografer dan dilindungi oleh undang-undang.

Info

Sekarang tanggal 1 Januari 2004. Selamat Tahun Baru, semuanya. Semoga di tahun ini, Kita dapat tetap menjalin persahabatan melalui fotografi dan saling berbagi.rnBox ini saya tulis. guna menyampaikan penjelasan atas komentar2 yang ada. Pertama-tama, terima kasih atas komentar Anda semua, apapun sudut pandang Anda.rnAda beberapa komentar yang mengindikasikan, bahwa judul yang saya pilih kurang berkenan dan terkesan menghina.rnPerkenankan dengan segala kerendahan hati, saya minta maaf, kalau judul tersebut telah mengganggu Anda.rnTidak ada tujuan untuk menghina ataupun melecehkan anak nelayan yang menjadi subyek foto saya.rnKetika akan memotret anak tersebut, saya merasakan adanya suatu "fighting spirit" padanya (karen itu juga, foto ini diabadikan), untuk berjuang dalam kehidupan selanjutnya, jauh dari kesan feminin. Di dalam hati, saya sudah "menggumam": "betina banget" gadis ini.rnKata hati itulah yang muncul pada waktu memberikan judul.rnSemoga penjelasan ini dapat dipahami dan kalau persepsi kita berbeda tentang istilah "betina", sekali lagi saya mohon maaf.

Kategori
Manusia
Shooting Data
  • Aperture: f/8.0
  • Speed: A
  • ISO: 0
  • Kamera: Nikon D100 *
  • Lensa: Nikon 24-120mm f/3.5-5.6G IF ED AFS VR *
  • Filter: 1 A
  • * Masih menggunakan daftar alat lama yang mungkin tidak akurat.
Kritik dan Komentar
 Feri Latief (10508)

20 tahun yang lalu

Gambar yang bersahaja...sederhana tapi cukup baik komposisinya. Judulnya mengundang kita semua untuk mencari makna tersembunyi dari foto ini...apa yang dilihat dan dirasakan ingin dibagi kepada yang melihat foto ini...dan hemat saya memang yang ada sedikit kesan tersirat yang tertangkap dalam foto ini.

Agus Herdian (2945)

20 tahun yang lalu

natural. keterangan membuat foto lebih bermakna.

 Phillip Christian (5811)

20 tahun yang lalu

komposisi ok

 Judhi Prasetyo. (38908)

20 tahun yang lalu

Sebodo amat dengan masalah judul, toh sudah dijelaskan di box keterangan. Setelah diamati memang ekspresi gadis kecil itu mencerminkan ketegaran, mungkin karena tempaan alam bahari yang menjadi playgroundnya. Dari segi teknis, DOF nya sangat menunjang ketajaman obyek utama. Saya pikir kalau bisa mengikutkan perahu di BG akan lebih terasa suasananya. Terimakasih.

 Yosi Matsu (9304)

20 tahun yang lalu

judulnya sudah 'tradisional' tapi fotonya masih belum, kostum si anak masih terlalu modern untuk ukuran anak desa...Jadi untuk memperkuat kesan anak desa nya rasanya lebih pas bila si anak pakai kain sarung, sehingga judul 'betina' bisa diterapkan. Bahasa Palembang 'BETINO' artinya perempuan. Dan ehm IMHO anak perempuan difoto ini kurang 'betina' keliatannya ini anak tomboy deh hehehe kayak si D.SETIADI tomboy....

Hedi Priamajar (49168)

20 tahun yang lalu

Cakep, Pak. Kesan yang saya tangkap dari foto ini memang anak ini kelihatan sangat tough, kelihatan dari raut muka dan cara jalannya. Saya gak ada masalah dengan judul.

 Fadil Aziz (7946)

20 tahun yang lalu

Menurut saya yg agak mengganggu dari penyandingan yg disebut Ferry adalah karena buih putih ombak itu terlalu terang, sehingga agak mengganggu subyeknya. Mungkin bila diambil pd waktu matahari sudah agak lebih "bersahabat" cahayanya akan lebih OK.

 Ferry Wardiman (2905)

20 tahun yang lalu

Menurut saya tidak ada masalah sama sekali dengan judul. Kesalahan satu satunya adalah anda meminta maaf untuk sesuatu yang bukan merupakan kesalahan. Kritik saya cuma: Dengan sang anak sebagai unsur pembentuk komposisi disandingkan dengan garis tepi laut, terasa ada yang kurang klop. Pandangan sang anak yang menatap kamera mengganggu komposisi.

Danny Rusli Iskandar (337)

20 tahun yang lalu

Bagus komposisinya dan warnanya.

 Bernardo Halim, jeber (19660)

20 tahun yang lalu

masih ada yang kurang fokus ya?? angle coba turun lagi sedikit...nice..

 Lasky Aldrin (3201)

20 tahun yang lalu

Komposisinya bagus. Ekspresinya terekam baik.

 Sandjaja Kosasih, SanKo (29705)

20 tahun yang lalu

Komposisi dan sudut ambil sudah bagus, cuma memang masih kurang ada gregetnya foto ini. Mengenai judul, apakah penyebutan betina itu menghina? Apakah ada bedanya dengan penyebutan jantan untuk pria?

 Widarto Rachbini (24647)

20 tahun yang lalu

judul mengundang tanda tanya. foto kurang tajam. komposisi kurang. lighting terlalu datar. karena miskin warna, mungkin lebih baik bila di-bw-kan.

Riza Febyanti (1021)

20 tahun yang lalu

kurang tajam

 Luhut Napitupulu (40664)

20 tahun yang lalu

Momen nya bagus, dan obyek nya dikomposisikan secara baik. Cuma agak kurang tajam sedikit, salam.

 Yusi Ananda (35432)

20 tahun yang lalu

komposisi dan angle yg natural sangat indah.

 Saelan Wangsa (141012)

20 tahun yang lalu

waw....gayanya itulho sang betina Bali... menarik dengan komposisi yg cantik

 Sonny F. Walukow (9601)

20 tahun yang lalu

hmmm... 'betina'? Bukannya itu istilah untuk binatang??

Niken Riyani (24)

20 tahun yang lalu

komposisinya udah bagus.