Pameran Foto: Nekamese oleh A Helmy Faishal Zaini, Jakarta 18-21 Agustus 2015

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    8 tahun yang lalu

  0 

Berkaitan dengan HUT ke-70 Republik Indonesia, anggota DPR RI dan ketua Fraksi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) A Helmy Faishal Zaini menggelar pameran karya-karya fotonya. Berlangsung 18-21 Agustus 2015, sebanyak 70 foto digelar di koridor Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen DPR/MPR/DPD RI di Jakarta.

 

"Nekamese artinya satu hati," ungkap Helmy Faishal, yang terinspirasi ketika kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT) semasa menjabat Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal di Kabinet Indonesia Bersatu II. Anggota Fotografer.net (FN) ini sudah hobi fotografi sejak sebelum menjabat menteri. Satu buku fotografi sudah pernah diterbitkan Helmy Faishal berisi foto-foto keindahan alam dan budaya Tanah Air.

 

Pembukaan pameran foto dimeriahkan dengan sarasehan foto bersama Arbain Rambey dan Kristupa Saragih, dipandu moderator Arzeti Bilbina, anggota DPR RI Fraksi PKB yang juga adalah peragawati dan bintang film.

 

Terlihat menghadiri pembukaan pameran foto Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya dari Fraksi Partai Demokrat, serta para anggota Komisi X DPR RI, para anggota Fraksi PKB DPR RI dan para sejawat parlemen.

 

Usai sarasehan foto, Helmu Faishal memperdengarkan rekaman asli suara Bung Karno membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dan lagu Indonesia Raya dari gramafon yang memutar piringan hitam antik produksi Lokananta. Lantas, Helmy Faishal mengantar para hadirin meninjau karya-karya fotonya sembari menjelaskan kisah di balik pembuatan setiap foto. 

 

Ada foto illegal logging di Kalimantan yang difoto dari udara, namun ditutupi kain hitam bertuliskan "Save Our Planet". "Saya prihatin dan malu dengan isi foto ini, namun ini adalah fakta," ungkap Helmy Faishal. Selain itu ada foto pilot Papua, putra daerah, yang mengantarnya terbang dari Jayapura ke bandara perintis Mamberamo Tengah. Juga ada foto Masjid Baiturrahman di Banda Aceh dengan framing yang apik. Helmy Faishal juga memamerkan foto udara kota Jakarta yang menampilkan suasana Jakarta di pagi hari dengan gunung-gunung di latar belakang saat cuaca cerah.

 

Banyak juga foto-foto budaya seperti upacara Pasola di Sumba, NTT, lompat batu di Nias, Sumut, pawai ogoh-ogoh di Bali. Helmy Faishal juga memamerkan foto-foto landscape indah dari Bromo di Jatim, kampung suku Bajau di Kalsel, dan pantai di Alor, NTT.

 

Galeri foto A Helmy Faishal Zaini di Fotografer.net

 

 

Sarasehan fotografi membuka pameran foto "Nekamese" oleh A Helmy Faishal Zaini. Tampak dari kiri-ke-kanan: Kristupa Saragih, A Helmy Faishal Zaini, Arbain Rambey dan moderator Arzeti Bilbina.

Belum ada komentar