[Liputan] Canon-Fotografer.net Workshop Series 2013 Yogyakarta

Oleh:  Nico Wijaya (8899)    11 tahun yang lalu

  0 

 

Apa itu foto jurnalistik dan bagaimana kita berkreasi memvisualisasikannya?
Pertanyaan pertama yang mendasar dan menjadi bahasan utama dalam Canon-Fotografer.net Workshop Series 2013 di Jogjakarta, 19 Mei 2013.

 

Sebagai kota pelajar dan dikenal dengan kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai edukasi, Yogyakarta
dipilih sebagai kota pembuka dalam rangkaian Canon-Fotografer.net Series 2013. Bertempat di Hotel
Santika Premier, Canon-Fotografer.net Workshop diadakan. Mengambil tema Visualisasi Kreatif Foto Jurnalistik, Yuyung Abdi, fotojurnalis senior Jawa Pos didapuk sebagai pembicara.

 

Dengan dipandu MC Aline Laksmi, workshop dimulai pukul 09.30 wib. Kata sambutan pembuka disampaikan oleh co-founder Fotografer.net, Kristupa Saragih.

 

Sesi pertama berupa pemaparan materi dari pembicara. Di 45 menit pertama ini, peserta yang datang dari dan luar kota Yogyakarta sudah mulai hanyut dengan materi yang disajikan. Foto-foto, cerita dari di balik layar pengambilan foto hingga gesture-gesture dan ekspresi yang mendukung dalam foto jurnalistik, disampaikan dengan baik oleh pembicara.

 

Ada 2 sesi penyampaian materi yang masing-masing diselingi oleh coffee break dan games untuk pembagian doorprize. Tak lupa ketinggalan dengan sesi praktik langsung sehabis makan siang, mencoba menggali sebuah foto yang mengandung elemen-elemen jurnalistik dari lingkungan Kali Code dan Tugu Jogja. Juga product knowledge yang disampaikan oleh Bapak Januardo, perwakilan Canon Datascrip Indonesia.

 

Dan tepat pada pukul 16.00 wib, Canon-Fotografer.net Workshop Series Jogja diakhiri. Paradigma dan wawasan baru mengenai fotojurnalistik telah tersampaikan dan mampu diserap oleh peserta.

 

Terimakasih kami haturkan kepada:
Kristupa Saragih, Co-founder Fotografer.net
Yuyung Abdi, Pembicara Workshop, Fotojurnalis senior Jawa Pos
Januardo Henry Salvetti, perwakilan Canon Indonesia/ PT. Datascrip
Remigius Budhi Isworo, Executive Manager Fotografer.net
Farid Wahdiono, chief editor Exposure Magazine.
FN HQ Squad
Dan seluruh peserta workshop yang hadir.

 

Biar Foto Yang Bicara!

 

Belum ada komentar