(SHARE) Lightmeter App bagi pengguna Android dan IPhone

Oleh:  rafi_45 (17619)    11 tahun yang lalu

  0 

Halo rekan-rekan FN

 

Mungkin thread ini sifatnya hanya sekedar info saja.. dan kiranya dihapus jika dirasa kurang bermanfaat atau sebelumnya sudah pernah ada yg posting thread yg sama..

Saya hanya ingin memberikan info khususnya kepada rekan-rekan yg menggunakan ponsel Android maupun Iphone bahwa ponsel Anda bisa digunakan sebagai lightmeter dengan adanya aplikasi yg bisa didownload gratis di playstore (Android).

Sebelumnya tidak habis pikir bahwa ponsel yg selama ini ada di tangan saya bisa digunakan sebagai lightmeter.. meskipun tidak secanggih lightmeter yg sesungguhnya.. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi kita untuk mendapatkan exopsure yg pas..

 

Saya sendiri menggunakan ponsel Android Sony Experia Ray.

Cara install :: mesti online dulu tentunya.. lalu masuk ke menu Playstore yg ada di ponsel Android anda.. kemudian di kolom pencarian ketik saja light meter tools, atau lightmeter app.. akan muncul banyak sekali aplikasi yg berbeda sesuai developernya.. install lalu jalankan aplikasinya...

Cara menggunakan :: buka aplikasi lightmeter yg telah anda install.. tentukan apa yg ingin dijadikan sebagai prioritas (ISO, Speed, atau Aperture).. dekatkan ponsel anda ke objek yg ingin diukur exposure nya.. lalu tekan start untuk mengetahui hasil exposure yg tepat.. stelah dapat, sesuaikan dengan kamera DSLR Anda lalu coba untuk memotretnya.. (maaf jika penjelasan sy gak jelas bgini.. baca manual nya saja.. heheh..)

 

catatan ::

>> coba install beberapa aplikasi yg berbeda developernya.. sebagai pembanding bahwa ponsel anda benar-benar mendukung untuk dijadikan sebagai lighmeter..

>> tidak semua ponsel Android mendukung untuk dijadikan sebagai lightmeter karena ponsel Android harus memiliki light sensor yg tertanam di dalamnya..

>> untuk referensi silahkan juga buka youtube dan search tentang lightmeter app for android ini dan cara menggunakan lightmeter..

 

Terimakasih..

Semoga bermanfaat buat kita semua.. dan sy ucapkan terimakasih kepada para pembuat aplikasi ini atas ide nya yg brilliant..

 

Belum ada komentar