[LIPUTAN] Fotografer.net Hunting Series 2012 : Songkran Splash, 13-16 April 2012

Oleh:  Ag. Farano Gunawan, ROMO (51636)    12 tahun yang lalu

  0 

 

Sawa dee krap..!!!

Sawa dee pii mai…!!!

 

Setidaknya sapaan Apa Khabar dan Selamat Songkran terdengar seperti itu di telinga kami. Sepanjang Khao San road dengan #modus mengucapkan selamat, kesempatan untuk menyemprotkan air ke orang-orang yang ditemui :D

 

Team #FN9Bangkok bertolak dari Dynasty Hotel langsung menuju Grand Palace, kompleks istana King Rama yang mulai dibangun pada 1782 ini tidak hanya sebagai istana dan balairung kerajaan juga termasuk di dalamnya perkantoran pemerintah kerajaan dan kuil-kuil pribadi keluarga kerajaan. Bertempat di Thonburi pada sisi timur sungai Chao Praya; kompleks ini berisi tidak hanya bangunan sedari jaman King Rama I, juga terdapat beberapa bangunan yang ditambahkan oleh King Rama penerusnya.

Kuil utama yang ada di dalam kompleks ini adalah Emerald Buddha, sebentuk patung yang berbahan utama batu Giok/Jade utuh! Kalau rekan FNers pernah dengar cerita legenda ditemukannya patung Buddha didalam sebentuk patung Buddha yang cuil, inilah dia! Tanpa dapat diketahui siapa pembuatnya, patung ini ditemukan pada tahun 1434 hanya karena tidak disengaja “plester”-nya terkelupas dan tampaklah batu Giok/Jade disebaliknya.

 

Sambil menyusuri Thanon Na Phra Lan, team bergerak menuju sasaran berikutnya. Sambil naik perahu di Chao Praya dari Tha Chang ke Wat Arun, kuil Hindu yang berasimiliasi dengan keyakinan Buddhist. Di sepanjang Chao Praya, kehidupan masyarakat pinggir kali tampak cukup hidup dengan tentram dan sejahtera.

Sedari Wat Arun, team bergerak ke Wat Po, kuil tempat Buddha tidur bersemayam. Bertepatan dengan perayaan Songkran ini, masyarakat umum berjubel memenuhi area, sembari memohon berkat dan nasehat dari para Banthe.

 

Setelah cukup meliput di Wat Po, sudah tentu makan siang adalah tujuan yang dinanti-nanti, sementara di jalanan sudah mulai “ritual” semprot dan siram air. Makan siang secara buffet cukup mengenyangkan dengan variasi menu yang lumayan lengkap di Twin Tower Hotel. Waiter yang bertugas tak luput mengingatkan kalau-kalau ada beberapa menu yang tidak boleh dikosumsi oleh peserta muslim.

Selesai lunch, Team #FN9Bangkok; LetJend Kristupa Saragih, Yulianus Ladung, Zulkifli "Kibor", Romo Farano, Armand P. Megawe; segera melaju ke Khaosan Road, kata LetJend Kristupa: “It’s a hot LZ!!!”

 

Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Hartono K. Halim (Focus Nusantara) yang telah menyiapkan oleh-oleh bagi peserta "Fotografer.net Hunting Series 2012: Songkran Splash"

Biar foto yang bicara....

 

Belum ada komentar