[ Liputan ] Hunting dan Lomba Foto id-p Pendopo

Oleh: Erwin Mulyadi (1368)    12 tahun yang lalu

  0 

Id-photographer kali ini menggelar acara lomba foto bekerja sama dengan Pendopo, Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia selaku tuan rumah. Bertempat di lantai 2 Living World Alam Sutera, Tangerang, even yang bertema 'Indonesian Heritage' ini dilakukan dalam dua periode yaitu 26 Februari 2012 sebagai sesi pemotretan dan 4 Maret 2012 sebagai sesi pengumuman pemenang dan workshop.

Pada hari Minggu, 26 Februari acara dimulai jam 14.00 dan dibuka dengan sambutan dari tuan rumah dan admin id-p. Model yang berbusana batik sudah siap di berbagai spot dan peserta dibagi dalam kelompok kecil supaya lebih mudah dalam berinteraksi dengan model. Pihak panitia sudah menyiapkan lighting untuk setiap model, namun peserta lomba yang memakai flash juga diperbolehkan. Acara break sekitar sejam kemudian untuk menikmati kue-kue dan pembagian doorprize, sambil memberi kesempatan para model untuk rehat sejenak. Sesi kedua lomba dilanjutkan sampai usai sekitar jam 5 sore.

Peserta lomba selanjutnya melakukan upload foto yang ingin diikutkan dalam pemilihan untuk memperebutkan total hadiah 10 juta rupiah melalui web id-photographer.com dengan kategori lomba tematik foto batik. Seluruh foto yang diikutkan dalam lomba akan dilakukan penjurian dengan terlebih dahulu memilih 30 foto yang mendapat skor tertinggi dari penilaian member (melalui komentar dan skoring). Total ada 139 foto yang di-upload selama periode satu minggu, lalu penjurian dilakukan oleh mas Bangga, mas Ditto dan mbak Paula (Pendopo).

Acara sesi kedua dilaksanakan hari Minggu, 4 Maret di tempat dan waktu yang sama. Kali ini peserta disuguhi materi workshop mengenai Fashion Photography dengan pembicara mas David Dewantoro. Selama sekitar 40 menit beliau menerangkan tentang seluk beluk dunia fotografi fashion, dilanjut dengan sesi tanya jawab. Acara semakin menarik saat memasuki sesi praktek dengan seorang model dan pemakaian studio lighting dan wireless trigger yang bisa dipakai peserta, persembahan dari Golden Eagle. Peserta pun menikmati sesi pemotretan yang dibimbing langsung oleh ahlinya, apalagi hasilnya bisa langsung dikonsultasikan untuk dievaluasi.

Acara puncak adalah pengumuman pemenang lomba dan mas Ditto menjelaskan beberapa foto-foto yang dianggap layak untuk menang, dan alasannya. Lalu diumumkan pemenang lomba untuk juara III, juara II dan juara I yaitu :

Juara favorit : Yulius Rianto Gozali, judul 'Tea Time'

Juara III : Safran, judul 'Her Smile'

Juara II : Brantasena, judul 'Look at Me'

Juara I : Yudhistira Hartono, judul 'Beautiful Batik'

Acara diakhiri dengan foto bersama dan berakhir pada jam 5 sore. Sebagai sambutan penutup, mbak Paula menyampaikan kesan pesannya dan pihak admin id-p juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pendopo atas semua kesempatan dan dukungannya terhadap kegiatan ini.

Belum ada komentar