Commad Dial tidak berfungsi setelah main-main di pantai

Oleh:  rafi_45 (17619)    12 tahun yang lalu

  0 

selamat siang rekan2 FN...

mohon bantuannya.. kamera Nikon D5100 saya tidak berfungsi lagi Commad Dial nya (commad dial :: bagian kamera yg kita gerakkan untuk mengatur speed menggunakan jempol atau jari telunjuk). saat itu sore2 hunting di daerah pantai dan tidak sengaja terkena cipratan air laut. kamera basah dan langsung sy matikan..
tidak lama kemudian setelah saya lap, sy coba menyalakan kamera dan ternyata commad dial nya tidak berfungsi.. akhirnya sy putuskan untuk pulang ke rumah untuk memberishkannya. dan keesokan harinya kamera saya jemur (amatiran.. hahaa...). perkiraan saya setelah saya jemur, air yg mungkin ada di dalam kamera bisa kering, dan ternyata berhasil. commad dial nya berfungsi normal kembali..
tetapi sy heran kembali, saat sore harinya sy mencoba menyalakan kamera sy lagi dan ternyata command dialnya tidak berfungsi lagi. akhirnya pagi hari sy coba jemur lagi, dan bisa... tapi, itu cuma berlangsung sebentar saja..

akhirnya sy cuma bisa menggunakan mode A, S dan P saja dan mode auto lainnya bisa berfungsi normal.. sedang mode M tidak karena speed yg tersimpan di kamera yaitu 1/100 dan F2.8. dan kamera masih berfungsi dengan normal kecuali untuk mengubah speed dan bukaan menggunakan command dial.

jadi kesimpulan yg bisa sy tarik yaitu saat kamera sy jemur kan panas tuh.. nah command dial nya berfungsi, tapi setelah kamera dingin commad dialnya tidak berfungsi lagi..

dan tindakan yg saya lakukan itu adalah tindakan seorang amatir. karena kurangnya pengetahuan dan karena panik..

mohon bantuan nya teman2... maaf kalo ada kata2 yg tak berkenan di hati.

Belum ada komentar