Hands on Review Pentax-Q. the smallest interchangeable lens camera on the market

Oleh:  Michael Gomulya (29309)    12 tahun yang lalu

  0 

Hands on Review Pentax-Q. the smallest interchangeable lens camera on the market


Pada Bulan lalu saya mendapat kunjungan dari Mr. Jiro Suzaki - Asia / Oceania Sales HeadQuarters PENTAX. Dan bp. Henry Untung dari PT. Aneka Warna (Agen Pentax di Indonesia) dalam kesempatan itu kita manfaatkan untuk makan malam bersama di OUT BACK – Ratu plaza.

Sambil berbincang- bincang menunggu makanan siap, Mr. Jiro Suzaki menunjukan sesuatu dari tasnya. Saya pikir salah satu kamera compact Pentax lain-nya. Ternyata bukan, itu adalah Pentax –Q. Yang merupakan salah satu produk terbaru dari Pentax.

Saya sudah pernah mendengar mengenai Pentax –Q sebelumnya, tapi tidak mengira bahwa, kamera dengan system interchangeable lens, bisa di buat demikian kecil dan ringkas, kira-kira seukuran dengan Canon Powershot S95, tapi dengan lensa – lensa yang bisa diganti. impressive!
Pertama kali pegang sih agak canggung, takut terlepas dari tangan. Tapi grip karetnya tidak licin, jadi cukup ok. Tapi sebagai pengaman, ada bagusnya di tambahkan straps yang dililit di pergelangan tangan.



Dalam rangka menciptakan Interchangeable lens system yang demikian kecil, tentu ada beberapa hal yang harus di buat lebih ringkas termasuk juga ukuran sensornya yang telah di perkecil.
Dengan ukuran sensor 12,4MP ½.3 Cmos Sensor yang di produksi oleh SONY. Juga Mounting lensa yang baru (Q-mount). Meskipun kecil, pentax-Q ini tetap memakai Body / casing magnesium yang kokoh dan terasa solid.

Pada bagian depan kamera, yang menarik perhatian saya adalah, tombol sebelah kanan yang ada tulisan . 1 2 3 4. Saya tanyakan pada Mr. Jiro Suzaki. “ Mister Suzaki, what’s that button for ?” dia bilang “ it’s the customizeable quick dial button, to save your camera settings. It’s like a quick access, so you don’t have to search in the camera menu.“ me : “ Oooowww... “ sambil mangut-mangut.

Naik keatas body kamera saya lihat pada sebeleh kiri ada tombol untuk menaikkan tinggi built-in flashnya (pada posisi tertutup juga bisa berfungsi normal). Ada tombol untuk review, hot shoe mount untuk pemasangan flashlite external, tombol shutter di sebelah kanan, dan tombol menu di kanan, dan tombol untuk zoom di belakangnya. Penempatannya rapih, komposisi ukuran ukurannya cukup okay. Tidak terlalu kecil. Sehingga masih mudah untuk di operasikan.

Kebelakang body, layar 3” LCD Display sangat mendominasi luas permukaannya. Ada mungkin 80% dari total alokasi penempatan ruang disana. Tombol – tombol lainnya di posisi belakang juga terlihat sederhana, mirip-mirip kamera compact lainnya. Yang sedikit unik adalah penempatan battery dan memorycard, biasanya pabrikan akan meletakkan posisi battery dan memorycard pada bagian bawah kamera. Tapi pada pentax-Q posisi memory card di letakkan pada sebelah sisi kanan kamera dan penempatan battery pada posisi kiri kamera. Terlihat jelas ini untuk efisiensi ruangan.

Produk yang di coba dan di review adalah Pentax-Q dengan Lens kit 8.5 mm, (eq. 47mm) yang artinya Pentax – Q, memiliki Crop Factor 5.5X. hehehe... iya 5.5X. Meskipun memiliki sensor lebih kecil, menurut Pentax kemampuan sensornya sangat efisien menangkap cahaya, dan hanya terdapat sedikit noise pada kondisi “low light”. Pentax Q memiliki resolusi sensor 12,4MP. Dan memiliki kemampuan buffer yang mantaps, 5Fps pada resolusi paling tinggi.
Sewaktu test shot, suara shutternya hampir gak kedengeran.. halus banget, dan cukup responsive. Juga Terdapat berbagai fasilitas filter di dalam menu kameranya yang belum di coba satu persatu. Al : Bokeh Control Filter, Smart Effects Mode yang bisa buat macam-macam efek filter, mulai dari warm, black & White dll.
Selain itu yang menarik adalah lensa – lensa “ TOY Lens “ Yang tersedia harganya cukup murah :
- Fish Eye (eq. 17,5mm)
- Wide Angle Lens (Eq. 35mm)
- Tele Lens (Eq. 100mm)


Ringkasan Spec:
12.4MP back-illuminated CMOS sensor (1/2.3" size - 6.17 x 4.55 mm)
Q-mount interchangeable lens mount
12-bit DNG raw file option
3" 460,000 dot LCD
Sensor-shift image stabilization and dust-removal
1080p30 HD movie recording in H.264 format
5 frame-per-second continuous shooting capability
Quick-dial control giving access to four image settings
In-camera HDR option blends three images
Built-in flash
Flash hot shoe (also used for mounting optional viewfinder)
Front and rear IR remote sensors

What’s In The Box:
USB Cable I-USB7
Li-Ion Battery D-LI68
Battery Charger Kit K-BC68
Strap O-ST115
Hotshoe Cover FK
Body Mount Cover Q
Software CD-ROM S-SW115

B’rgds

Michael Gomulya

Belum ada komentar