[Sharing] hunting Raja Ampat (waigeo, kabui, mansuar, wayag) 9-12 Mei 2011

Oleh:  Untung Sim (8792)    13 tahun yang lalu

  0 

Terima kasih kepada FN untuk spacenya.

Semoga sharing ini bermanfaat bagi teman2 yang ingin berkunjung ke RajaAmpat.

Untuk Ijin berkunjung ke RajaAmpat, bisa langsung checkin dulu ke Meridian hotel di seberang bandara Sorong untuk beli PIN/Ijin sebesar Rp.250rb bagi WNI dan Rp.500rb bagi WNA.

Untuk detail peta bisa lihat dibawah.

Untuk berkunjung ke pulau Waigeo bisa dengan menggunakan Ferry umum menuju kota Waisai. Dan dari sana keliling ke pulau2 sekitarnya (Pulau Mansuar, pulau Gam dan teluk Kabui).

Untuk berkunjung ke kepulauan Wayag atau dikenal dengan nama pulau Kawe kecil, sebaiknya dari dermaga Sorong saja sebab harga sewa speedboat hampir sama (karena biaya BBM di Waisai mahal, lebih murah di Sorong).

hari 1 Saya perjalanan dari Sorong ke Waiwo memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit.
hari 2 dan dari Waiwo saya keliling ke Teluk Kabui, pulau Gam dan pulau Mansuar memakan waktu sekitar 1 hari sambil snorkling di pulau Mansuar.
hari 3 dan dari Waiwo ke Wayag (pulau Kawe Kecil) memakan waktu 3 jam dan 20 menit karena kebetulan cuaca sangat baik, ombak hampir tidak ada.

Dan sebelumnya mohon maap apabila ada kesalahan nama. Soalnya GPS saya tidak berfungsi sebab menggunakan Blackberry yang No Signal.

Bagi teman2 yang tanya biaya ke Wayag atau raja ampat, saya sharing sedikit. Disana ada 2 macam speedboat.

Pertama yang menggunakan 2bj mesin @200pk jadi total 400pk dan yang ekuivalen tenaganya. Untuk Speedboat ini mereka membuka tarif di 7.5-8jt perhari dengan biaya nginap 500rb untuk tujuan dari sorong ke waiwo/mansuar/kabui/Gam. Untuk tujuan ke wayag sekitar 25jt PP dalam sehari. Dan harus diingat speedboat ini makan bensin sekitar 15-16gallon/jam x 2 mesin kalau sedang full power (4600rpm-5000rpm) dengan kecepatan 25-28km/jam. dan sekitar 6-7.5 gallon/jam x 2 mesin kalau sedang kondisi pelan (3500rpm) di kecepatan 10km/jam. Jadi untuk keliling, perlu dibicarakan extra BBM nya. Di sorong, 1 drum @200ltr=1.2jt. Kalau di Waisai sekitar 1.5jt/drum. Saya kebetulan memakai speedboat jenis pertama ini.

(dari hasil interview dengan pemilik kapalnya) Kedua ada juga speedboat jenis Longboat. kapal ini lebih panjang dari speedboat yang saya pakai tetapi lebarnya lebih sempit. Mesin yang digunakan rata2 2bj @40pk. Jadi total tenaga 80pk. Untuk speed maksimal di 12-13km/jam. Jadi waktu tempuh lebih lama 2x daripada jenis speed boat yang pertama. Rata2 perlu menginap extra untuk PP ke pulau Wayag. Dan harga sewa juga sekitar 4.5jt untuk ke kabui/mansuar dan sekitarnya dengan extra biaya nginap 500rb juga. Sedangkan untuk ke Wayag, rata2 diperlukan waktu 2 hari dan semalam nginap atau disarankan 3 hari dan 2 malam. dengan biaya sewa sekitar 20jt utk 3 hari dan 2 malam.

Untuk hotel di Sorong, saya sarankan ke Mamberamo Hotel (minusnya tidak ada jendela untuk sebagian kamar). Atau di Meridian Hotel. Kedua hotel tersebut sekitar 400rb/malam.

Untuk sinyal HP di kota sorong, XL, Indosat dan Telkomsel masih dapat GPRS, sinyal BB masih on/off untuk data. Sedangkan di pulau Waigeo/Waiwo/Waisai hanya Telkomsel yang ada sinyal. Tetapi perlu diingat begitu kita melaut, sinyal juga akan off.

Salam FN.

Catatan:
-untuk peta, saya download dari internet.
-untuk foto panorama saya upload ke gallery saya soalnya di liputan terlalu kecil di 500pxl.

Belum ada komentar