Oleh: Andre Kuncoro (302) 13 tahun yang lalu
tertanggal 11 agustus 2010, saya men-service EF 24-70 ke datascript (spk SVA-10-29484), dan lensa tersebut dinyatakan motor af-nya rusak. Untuk perbaikan, fee jasa dan service sudah ok, dan spare part harus inden karena menunggu dari singapore. Setelah 1 bulan, saya menghubungi ke datascript, mereka bilang barang sudah di tanjung priok tapi belum bisa masuk karena urusan bea cukai. dijanjikan untuk cek lagi 2 minggu kemudian. tepat 2 minggu, saya telp lagi dan dijanjikan 3 hari kemudian untuk beres. Dan betul 3 hari kemudian beres, segala urusan selesai, lensa dan part dibawa pulang. sampe di rumah, baru liat part, ternyata beda dari yg di body EF 24-70. (dari tulisan macro-nya) Memang kelalaian saya, karena tidak cek part bekas nya di tempat. tapi jadi timbul pertanyaan, apakah benar diganti, mengingat harga partnya mahal sekali. apakah datascript melakukan kesalahan, dalam arti part tertukar, atau memang tidak ada part yg diganti dan hanya part lama diservice saja? kalau hanya service saja, mengapa dicharge seharga part baru? segera saya melayangkan surel ke ds, mereka menjawab bahwa terjadi kesalahan dari pihak teknisi yang lalai dalam mengembalikan part bekas. Sejak saat itu, lensa masih mengalami kegagalan fungsi. yaitu selalu backfocus maupun frontfocus tgl 27 oktober 2010 saya harus kembali dikarenakan harus cleaning dan kalibrasi ulang karena front focus. sekaligus mengirim email ke bapak a***** berisi foto missfocusnya. ( spk SVA-10-29484) lensa selesai diperbaiki 28 oktober 2010. tertanggal 9 desember 2010 lensa kembali mengalami kegagalan focus. segera saya mengirim email ke bapak a**** kembali. bapak a**** membalas email saya dan menanyakan no telp saya per tanggal 10 desember 2010. segera saya mereply dan memberikan no telp saat itu juga. tetapi sampai 1 minggu tidak ada tanggapan sama sekali. sekali lagi saya mereply dan memberikan no telp saya per 17 desember 2010. masih tidak ada tanggapan yang diberikan sehingga saya harus mendatangi datascrip tanggal 28 december 2010. dikarenakan bapak a**** sedang cuti, maka saya diterima oleh bapak h***. saya menyampaikan keluhan dan bapak h*** juga menemukan error di lensa tsb walau tidak sama. (saya backfocus, bpk h*** frontfocus). beliau memberikan solusi untuk mengganti USM yang sudah diganti pada 11 agustus 2010. karena saya tidak pernah mengalami kejadian missfocus (front ataupun back) sejak lensa beli sampai USM diganti (dimana kemarin juga terjadi kesalahan pengembalian part). sekaligus akan dikalibrasi ulang dan dijanjikan akan ditangani langsung oleh bapak H*** dan selesai pada 31 desember 2010, setelah confirm dengan cs bahwa part USM tersedia (mengingat service 11 agustus 2010 baru kelar pada 18 oktober 2010, dikarenakan tidak adanya part USM) senang juga ds memberikan pelayanan cepat, tapi disini kesalahan saya, karena saya takut buru2 dan hasil tidak maksimal, saya menyarankan untuk ambil 8 januari 2011 (tgl 9 januari 2011 saya harus menggunakan lensa tsb) , dan tidak perlu cepat2 kelar, yang penting saya tidak perlu kembali lagi ke ds dengan masalah yg sama, dan pak H*** menyanggupinya. segera saya masukkan lagi lens saya per tanggal 28 december 2010 (spk SVA-10-38498) tgl 10 januari 2011 saya datang ke datascrip dan saya mendapati bahwa lensa belum kelar dan dijanjikan akan kelar 14 januari 2011. dan saya dipertemukan dengan seorang teknisi yg mengaku bahwa baru hari itu dia memegang lensa saya. dan baru akan kalibrasi ulang. saat saya ceritakan ulang bahwa masalah bermula dari pergantiaan USM, dia tidak tahu sama sekali. dan saya konfirmasi juga apakah USM sudah diganti lagi dengan yang baru, dia akan mengkonfirmasi hal tsb dengan bapak h***. pertanyaan saya: 1. diapakan lensa saya dari tanggal 28 desember 2010? 2. apakah part USM baru tidak tersedia dan harus tunggu 2 bulan lagi? 3. semua kewajiban ke pihak ds saya jalankan, tapi in return, kenapa saya dikecewakan? teknisi tsb menjanjikan lensa kelar 14 januari 2011. tetapi saya meminta pada teknisi tsb untuk kelar pada 13 januari 2011, saya menulis surel lagi ke pihak ds sebab saya butuh kepastian, dikarenakan 14 januari 2011 saya HARUS menggunakan lensa tsb. ternyata esok harinya saya dihubungi oleh pihak ds, bahwa lensa dusah kelar kalibrasi. saya segera melangkahkan kaki menuju ds, per tanggal 12 januari 2011. tetapi apa yg terjadi, saat coba2 di ds, saya merasakan bahwa lensa masih backfocus di 24mm, tapi pihak ds bilang bahwa itu biasa di 24mm jika backfocus karena wide. saya coba bawa pulang dan test. ternyata benar, masih backfocus. karena saya orang awam, saya pikir, apakah body saya yg bermasalah, karena sudah berulang kali saya service lensa, tapi tetep saja hasilnya begitu. dan saya menghubungi pihak ds, untuk menanyakan apakah body 50d saya (pembelian di singapore - jadi untuk ds = non waranty) bisa di kalibrasi? mereka menjawab dengan pasti bahwa body non waranty BISA dikalibrasi, biaya idr 220ribu, tapi harus tunggu 2minggu, karena non waranty ternyata saya mendapat panggilan dinas ke singapura, dan saya coba bawa ef24-70 saya dan body 50d kesana. segera saya menuju canon service center (css) di keppel tower. sesampainya disana, saya jelaskan keluhan saya, dan 3 KALI saya bertanya: apakah body bisa dikalibrasi, mengigat lensa sudah berulang kali dikalibrasi oleh ds. dan 3 KALI juga jawaban yg diberikan css sama, yaitu: BODY tidak pernah dikalibrasi kecuali terjatuh dan sensor bergeser. akhirnya body saya yang under canon waranty, tapi sudah habis, dan lens 24-70 under DS waranty, beserta cf berisi sample image backfous, segera saya serahkan ke css. biaya adalah sgd 65 setara IDR 442000 (kurs idr 6800) dan lama pengerjaan adalah 5 hari kerja. besok pagi, jam 9 waktu setempat, saya dapat sms bahwa service body n lens saya sudah kelar. dan sudah bisa diambil! gilak cepat amat pelayanannya dan pengerjaannya! saya bertanya, mana yg dikalibrasi, body atau lensa dan 2x jawaban yg sama: yang dikalibrasi adalah lensa-nya. saya jadi bertanya2, jadi lensa saya, kalo masuk datascript, selama lamanya, diapakan ya? benarkan di kalibrasi? dan hasilnya sungguh teramat memuaskan! (segera diupload hasilnya) terima kasih sudah membaca sharing saya, semoga thread ini bisa jadi masukan untuk datascrip Lens canon EF24-70mm f2.8USM serial 2101255156 under Datascrip waranty