Pengalaman Mengurus Garansi Alta - Memuaskan !

Oleh: Tonny Winata (604)    13 tahun yang lalu

  0 

Minggu lalu saya mengirim D90 saya untuk service masalah indikator di viewfinder (VF) bagian bawah yg menyala semua sehingga pas metering tidak bisa terbaca.

Akhir tahun lalu saya sudah pernah telpon langsung ke Alta, namun karena kesibukan dan kamera masih dipakai untuk foto baby, akhirnya minggu lalu baru kamera saya kirim dari Banjarmasin ke Jakarta. Kemudian konfirmasi kembali dengan Ibu Yanti yg juga menanyakan kapan kameranya mau dipakai, saya jawab minggu depannya, dan dijanjikan bisa. Kemarin paket kamera tiba dari Jakarta di kantor saya, dibungkus cukup rapi dengan tambahan karung plastik yg dijahit di bagian luar kardus. Saya hanya sempat periksa dan coba sebentar dan metering sudah bisa terbaca serta berfungsi normal.

Saat saya baca Nota terlampir, ternyata ada penggantian komponen VF seharga Rp 770.000, dan kena diskon 100% alias gratis :D Untunglah karena pembeliannya tahun lalu dan garansi habis bulan Maret ini juga (tinggal seminggu). Yang mengejutkan saya, ternyata ongkos kirim juga gratis. Tadinya saya mengira akan dikonfirmasi sebelum pengiriman dan diminta membayar di muka. Ternyata kamera langsung dikirim dan free of charge. Bravo Alta !

Saya merekomendasikan bagi yg mempertimbangkan membeli DSLR Nikon untuk membeli yg garansi resmi Alta karena ternyata benar2 berguna di saat kamera kita bermasalah dan masa garansi belum habis. O iya, saya tidak ada hubungan apa2 dengan pihak Alta dan saya juga bukan penjual kamera, hanya pemakai biasa.

Prosedur yg saya lakukan adalah :
- Konfirmasi per telpon terlebih dahulu dengan pihak Alta (up.Ibu Yanti), di sana bisa ditanyakan apa saja yg perlu dikirimkan dan dilengkapi.
- Saya hanya mengirim body camera, tutup body, batere, sedangkan memory card dan strap saya lepas. Komponen2 yg dikirim saya tuliskan pada list di surat pengantar berikut masalah kameranya.
- Setelah kamera diperkirakan diterima Alta, saya konfirmasi lagi per telpon apa dan bgm, dsb yg perlu diketahui jika ada.

Demikian pengalaman saya mengirim kamera ke Alta untuk diservis. Semoga ada manfaatnya terutama bagi pengguna Nikon di luar Pulau Jawa yg ingin menservice langsung kameranya ke Alta tanpa melalui toko tempat beli.

Belum ada komentar