[SHARE] -ON THE STAGE PHOTOGRAPHY- (yuk mari......) [^_^]

Oleh:  Arie Fatwaturrahman (16120)    13 tahun yang lalu

  0 

Sebelumnnya thx buat om moderator yang udah menyediakan space ini :)

Hmm... mau mulai dari mana ya...!!!

Salam hangat FN'ers smua......

To the point aja ah sayanya... hehe....!!!

Temen2 smua..... disini saya mencoba share tentang -on the stage- atau lebih sering dengan sebutan motret panggung :)

disini saya bukan untuk nampang, pamer, atau unjuk gigi... tapi lebih untuk berbagi.... agar kita bisa sama2 belajar... dan saya tentunya juga harus banyak belajar pula dari anda2 disini :) (hehe.... ntah knp belakangan saya kok malah seneng on the stage ^_^)

Mungkin disini saya memaparkan sedikit tips untuk bisa access ke stage dan dapet foto yang seperti kita inginkan..... :)

1. Ketahui apa jadwal tepat kapan, siapa saja dan dimana acara itu akan berlangsung. (biasanya beberapa hari udh dapet info tuh)
2. Persiapkan peralatan yang akan dibawa
3. Usahakan maksimal 3lens aja.. karna berat ^_^
4. Saya rasa untuk mendapatkan tone2 atau rol2 yang asik, tidak memerlukan flash (pengalaman pribadi saya sih.... dan saya g seneng pake flash.... kl on the stage ^_^)
5. Alangkah baiknya beberapa jam, yah maksimal 1-2jam sebelum acara dimulai, konfirmasi ke pihak panitia untuk meminta ijin... atau ke security yang bertugas (ini agar kita "semoga saja" bisa mendapat acces yang lebih luas... bukan hanya di depan stage, tapi bisa ke "behind the stage, bahakan 1panggung sama yang konser" dan menghindari kesalah pahaman antara kita dan panitia, daripada ntar kita di usir atau malah sekitar area panggung harus clean.. "ini lebih ke antisipasi dan sekalian silaturahmi ke panitia" :)
6. Jangan pernah memaksa panitia agar kita dapat access itu secara ngebet banget... tapi bersabarlah.... perlahan2.... layaknya mendekati seorang target yang akan di "katakan cinta"
7. Apabila kita telah mendapatkan access tersebut, jgnlah semena2 dengan access tersebut... hargailah selayaknya kru atau panita...
8. Jgn pernah memikirkan ego untuk dapet sesuatu foto dengan memaksakan kehendak, meski kita dapat cukup leluasa disitu.. "hormati juga penonton dibawah, agar tak terlalu merusak pemandangan dari arah penonton
9. Buanglah beberapa jepretan untuk menyesuaikan settingan kamera yang pas dengan lighting disana
10. Tergantung selera..... kalau saya hampir selalu ingin menghindari lighting pas berwarna merah dan putih.....
11. Usahakan selalu konstan dibukaan diafrghma terbesar di lensa anda... misalnya 1.2 1.4 1.8 2 2.8 4.
12. Usahakan pula bermain di iso rendah... namun jangan mengorbankan speed rendah pula... yah menyesuaikan (biasanaya saya iso 320-800 kl udah bener2 mepet, baru deh diatas 800.
13. Pelajari tata letak panggungnya berikut lightingnya... agar kita bisa membayangkan foto seperti apa jika kita mengambil dari seini, situ dengan lighting seperti ini dan itu....
14. Selamat jeprettttttttttttttttt......... ^_^


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---QUOTE---

Anif Putramijaya
Nambahin beberapa yang perlu spt: # Kalau dapat space yang lumayan, bisa pakai monopod agar tidak letih tangan memegang lensa tele yang cukup berat # Usahakan jaga speed antara 1/250 s/d 1/500 cukup untuk membekukan gerakan di panggung (ISO menyesuaikan)kalau kamera punya setingan ISO bisa Automatis lebih baik # Sangat tidak disarankan pakai flash, selain umumnya tidak diperbolehkan, kemungkinan juga bisa menggagu kosentrasi yang diatas panggung /membuat silau mata mereka. # Pakai burst mode(continous shoot)dan AFnya pun yang continously pada kamera lebih baik, karena dari beberapa frame akan didapat moment terbaiknya # Tempat menentukan object/moment, maka pintar2 lah memilih posisi di bangku yang mana, atau kalau perlu ke Festival areanya agar bisa dapat lebih close up # Sesuaikan kebutuhan lensa dengan jarak ke panggung, saya lebih prefer bawa 2body + 2 lensa (1 wide to medium 17 to 50mm, dan satu lagi tele 70 to 200mm)

Idham Chalid
Nambah satu tips lagi, tetap waspada dan jaga diri, terhadap kemungkinan tiba-tiba terjadi kerusuhan dan lempar-lemparan botol, biasanya untuk konser-konser outdoor.

Fr. Edy Santoso, Singomoto
Tips dari saya ...
1. lebih baik menggunakan lensa tele dan memposisikan diri di belakang, supaya tidak mengganggu penonton lain.
2. Jangan memotret dengan suka memburst/memberondong obyek dengan jepretan beruntun karena suara shutter akan mengganggu penonton.
3. Jepretlah dengan format RAW dan dibuat under 1stop-2stop untuk mengejar speed dan bisa membekukan gerak, baik nanti kita normalkan dengan software yg ada (saya menggunakan DPP).
4. salam dahsyat,


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Update -22-06-2011
***Yang banyak ditanyakan:
----> Bagaimana kalau kita nggak bisa dapet akses motret di dalem area stage/panggung, dan hanya bisa dari luar bergabung bareng penonton?
JAWAB: Yah dinikmati saja...... Saya juga nggak selalu dalem area stage, lebih sering di luar malahan ^_^. maksimalkan semua kondisi yang dihadapi... nggak selamanya motret di dalem area stage juga pasti bagus... Kadang malah dari luar "bergabung/membaur bersama penonton yang rame banget bisa menambah mood untuk lebih berupaya keras tuk mendapatkan hasil yang lebih baik...
-Yang jelas, kita hasur jeli melihat komposisi panggung, posisi-posisi objeck yang ingin di jepret, dan yang mendukung lainnya....
Kalau untuk BAND, yang harus diperhatikan apabila kita tidak bisa masuk ke area persegi/lingkar stage, alias kita diluar pagar stage, kita harus mengetahui dimana posisi yang paling enak dari berbagai alternative. "dalam hal ini, kita harus punya komitmen, mau motret dari TENGAH, KIRI, atau KANAN, nah, sebelum memilih, kiata harus bisa membayangkan, kalau dari KIRI - kira2 gimana ya aksi panggungnya, enak di jepret atau nggak, Kalau dari Tengah - Enak nggak yah? Begitu pula dari Kanan. Karena Tiap BAND itu berbeda.

Contoh (berdasarkan survey dan searching2), Pada Group Band Gigi : Posisi Drumer Hendy selalu ditengah, Sedangkan Sang Gitaris selalu Bujana di sebelah Kanan dengan lebih sering menghadap ke kiri atau depan, sedangkan Thomas sebagai Basis, selalu dikiri, dan saat beraksi lebih menghadap kedepan ataupun agak ke kanan, Sedangkan Sang Vokalis Kang Armand aksinya sangat fleksible, kiri kanan muter2 duet, jingkrak2, Balance dah intinya..... :) Nah, dari posisi ini, kita bisa mengira2, kira2 enaknya dari sebelah mana. Kalau saya, akan mengincar pada posisi "sebelah kanan agak ketengah maju bagian depan". Beberapa hasil foto bisa dilihat di PAGE 16-17-18, pada page 18 foto pertama dengan lensa wide, saya memberi tahukan dimana posisi saya memotret saat itu :)


Disini tidak ada BRAND WAR..... bebas band atau single apa aja... (dominan ke musik yah, tp yg laen jg boleh kok, yang penting on the stage...biar ruang lingkupnya lebih luas ^_^) apapun yg dibawa yang penting jadi foto :)
Silahkan saja jika ada yang berkenan mau menambahkan tips, trik, atau berbagi foto sekalian ajah disini (asik tuh..... sangat dianjurkan, hehheheheh) karena saya yakin banyak disini yang bisa berbagi ilmu2nya ^_^

Mungkin segini dulu deh dari saya.... semoga bisa membantu ^_^

Buat yang BOSEN UPLOAD foto panggung di galery, Mending Share disini aja, sambil berbagi ilmu :)

Berikut beberapa hasil hunting saya :) semoga tidak buruk..... :-SS

.....:::::SALAM HANGAT:::::.....

Belum ada komentar