LIPUTAN Premium Mentor Series : Jelajah Ujung Genteng, 18-20 Juni 2010 | Hunting, Mentoring & Workshop Fotografi

Oleh:  Dian Rosita (2450)    14 tahun yang lalu

  0 

Pada tanggal 18 – 20 Mei 2010, Premium Mentor Series kembali melaksanakan kegiatan untuk ketiga kalinya yaitu “Jelajah Ujung Genteng”. Bagi rekan-rekan yang ingin lebih banyak mengetahui tentang PMS dan bagaimana program ini dilaksanakan, dapat melihat website kami di website PMS dan liputan kegiatan-kegiatan kami sebelumnya dapat dilihat disini.

Dalam kegiatan PMS, peserta tidak hanya akan menikmati hunting foto, namun juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat melalui kegiatan mentoring dan workshop intensif. Pada PMS kali ini rasio peserta mentor dalam hunting adalah 1: 5 dimana 5 orang peserta akan dipandu oleh 1 orang mentor.

Mentor mengajak peserta untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dalam workshop antara lain tips teknis pengukuran cahaya, komposisi dan cara melihat obyek-obyek yang unik, yang disesuaikan dengan keperluan hunting pada saat itu. Selain mentor inti, peserta juga dibantu oleh para Mentor Keliling dan Spot Guide yang mendampingi dalam semua sesi hunting.

Sebagaimana komitmen kami sedari awal, para Mentor yang sedang bertugas tidak akan memotret agar dapat fokus pada kegiatan mentoring, kecuali untuk kepentingan dokumentasi atau saat tidak bertugas.

Pada malam hari pertama, peserta diajak berbagi dalam workshop bertajuk “Fundamental Landscape Photography” yang dibawakan oleh Dian Rosita. Workshop ini mengajak peserta untuk kembali menyegarkan ingatan mengenai teknis dasar fotografi dan tips-tips memotret landscape.

Sedangkan pada workshop kedua bertajuk “Thinking in Black & White”, R Haryanto berbagi kepada peserta tentang visualisasi dalam BW, dasar-dasar Zone System dan pemakaian filter BW film dalam kamera digital serta harmonisasi tone dalam foto BW.

Pada hari terakhir, foto para peserta dibedah dalam sebuah workshop berjudul “The Art of Seeing” bersama J Januar. Dalam workshop terakhir ini para peserta diajak untuk dapat menilai hasil karya sendiri dan menerima masukan tentang hasil karyanya.

Sebagai informasi tambahan, pada saat ini kami telah membuka pendaftaran untuk program PMS selanjutnya dengan tema Hidden Beauty of Sawarna Malingping pada tanggal 5-8Agustus 2010. Meskipun Sawarna – Malingping telah dua kali menjadi tempat kegiatan kami dalam PMS-1 dan PMS-2, namun tingginya antusiasme para calon peserta membuat kami memutuskan untuk kembali mengeksplorasi kekayaan keindahan pantai Sawarna-Malingping yang menantang kreativitas dan kemampuan fotografer untuk menghasilkan karya-karya landscape yang indah.

Untuk mengetahui kegiatan PMS-3 di dalam Jelajah Ujung Genteng berikut kami tampilkan foto-foto liputan kegiatan kami. Kami ucapkan terima kasih khusus kepada Fotografer.Net untuk Forum, Galeri serta persahabatannya.

Sampai Jumpa di Sawarna-Malingping!
Premium Mentor Series

Kredit Foto: Medituah Sinaga, Petrus Suryadi, Rony Ginting

Belum ada komentar