(LIPUTAN) Photo Hunting dan Workshop para EGALERS, Hamburg 5-6 Juni 2010

Oleh:  Prio Adhi Setiawan (13844)    14 tahun yang lalu

  0 

Liputan dari PHOTOGRAPHERS MEET HAMBURG, a photohunting dan workshop, Hamburg 5-6 Juni 2010

Setelah tahun 2008 lalu kami berkumpul bersama dan membuat liputan pertemuan kami di Frankfurt di Forum FN ini, lalu 2009 kita adakan di Stuttgart seperti liputan di sini, maka perkenankan kami tahun ini memberikan liputan pertemuan di tahun 2010.

Jika di tahun2 sebelumnya kami banyak ber photo hunting, tahun ini kami mengadakan workshop dan hunting yg -tanpa disangka sangka- di hadiri lebih dari 40-50 lebih para photography enthusiast yg ada di Hamburg dan sekitarnya (Bremen, Kiel), teman2 fotografer di Amsterdam dan Belanda, Essen, Nuernberg, Stuttgart, Wismar, Hannover, Munich bahkan sampai dari Swedia dan Swiss ikut serta dalam acara Photographers Meet Hamburg yg diselenggarakan oleh EGALERS yg tahun ini diadakan di Hamburg, yg EO acara ini diwakili oleh para egalers di Hamburg.

=== Cerita sedikit ttg kami, EGALERS ===
Para penggemar fotografi di Jerman dan Belanda. yang menamakan diri EGAL (bahasa jerman, artinya "whatever") ini sebagian besar merupakan anggota dari FN. Bisa dibilang dari FN inilah kami dipertemukan, kami berdiskusi, kami bertukar pengalaman dan melalui Forum FN ini jugalah kami merancang pertemuan pertama kami tahun 2008 lalu.

Kami berdiam jauh dari tanah air, setiap kami membuka FN sering terpampang ajakan untuk sharing bersama ataupun hunting bersama. Hal ini membangkitkan juga keinginan kami bertemu dengan sesama penggemar foto disini.

Di awal pertemuan sempat tercetus melabeli diri dengan sebutan "FN Jerman" atau "FN 049", namun ditengah kebingungan kita justru menemukan "egal, (whatever)-lah" sebagai nama identitas kita.. sesuatu yg sederhana dan tidak rumit menjadi awal mula semangat para Egalers untuk mendalami dunia yg menjadi kesukaan bersama ini, fotografi.

Akhirnya setelah beberapa kali bertukar info keinginan, berkumpullah kami tahun 2008 lalu di Frankfurt. lalu 2009 di Stuttgart dan tgl 5-6 Juni berkumpulah kami di Hamburg.

=== Photo Hunting & Workshop ===
Pada pertemuan tahun ini, kami berkumpul utk selain photohunting di sekeliling kota hamburg, yg dikomandani oleh Pak Siswono Purwanto di 5 spot terkenal di sudut2 kota Hamburg, juga mengambil Tema Umum "Hamburg, dari sudut mata Anda"

Karena jumlah peserta dan para photography enthusiast yg datang begitu banyak, maka kami bagi 5 kelompok yg masing2 grup diberikan tugas khusus, dan tema khusus yaitu : Simetris, Perspective, Pattern (Pola), Framing dan Lines&Curve

Tidak hanya photo hunting yg mencakup street, landscape, model dan cityscape, di hari kedua kami pun menyempatkan diri berbagi ilmu dan sharing di Workshop yg diadakan di sebuah cafe kopi Cafe ToRaja di sudut kota Hamburg.
Workshop dibagi 2 kelas yg paralel... satu kelas berisi materi mengenai Basic Composition oleh Prio Adhi Setiawan dan Oezank Setia Nugraha, dan kelas ke dua secara bersamaan berisi materi "Lighting" yg dibawakan oleh Ferry Kana, Ricky Siegers, Moses, Mas Tutuko, dan Om Rolan yg selanjutnya dilanjutkan dengan praktek photo still life dan strobist model.

Tanpa kami sadari, kita dari seluruh penjuru di Eropa berkumpul dan sharing bersama atas nama fotografi. Kami disatukan dan dipertemukan oleh hobby yg tak pernah kami bayangkan hingga bisa mempertemukan sahabat2 baru, dan berbagi2 ilmu dengan sesama fotografer di Eropah..
Suatu kebahagiaan tersendiri... dan saat kami melepas kata "bye" dan "sampai berjumpa", senyum dan kenangan itu terus membekas di hati dan mata kami...

Sampai berjumpa dipertemuan EGALERS tahun depan.. !!!

Belum ada komentar