Efek Miniatur Pada Foto Jurnalistik

Oleh:  Yogi Ardhi (2160)    13 tahun yang lalu

  0 

"Sedianya pertanyaan ini ingin saya tanyakan sama Mas Arbain saat acara Klinik Fotografi Kompas tempo hari di Palmerah... semoga via forum ini bisa sharing dengan lebih banyak orang"


Begini ceritanya....

Beberapa waktu lalu saya pernah melihat foto di situs Boston Big Picture, foto-foto jurnalistik yang menggunakan lensa tilt dan shift.

Efeknya gambar menjadi seolah objek foto miniatur yang difoto dengan menggunakan lensa makro. Efek ini bisa juga diperoleh dengan menggunakan efek blur sana-sini dengan software photoshop.

Foto-foto peristiwa pelantikan Obama dan pidato Obama di gedung kongres AS pernah terlihat tayang menggunakan teknik ini.

Ada suara-suara sumbang atas penggunaan efek ini...

Saya sendiri menganggap selama efek miniatur ini dihasilkan oleh Lensa Tilt-Shift pada saat pemotretan, adalah sah-sah saja sebagai sebuah karya foto jurnalistik... bukan hasil olah digital di photoshop dsb.

***

Masalahnya...

Ada kamera poket yang tidak menggunakan lensa TS tapi bisa menghasilkan foto dengan efek yang sama. "Efek Miniatur". Efek ini menjadi "fitur tambahan" kamera poket tersebut.
Kita sebut merknya aja langsung Canon Ixus 130.

Nah, gimana "hukum"-nya dalam konteks jurnalistik tentunya tentang hal ini. Foto-foto dengan efek miniatur dari kamera seperti ini sebagai foto jurnalistik??

Tabik,-

Abah Kean

Belum ada komentar