[TANYA] Apakan Lensa Nikon 50 mm f/1.8 D saya FRONT FOCUS??

Oleh: Rekso B.Y. (690)    14 tahun yang lalu

  0 

Siang ini saya baru saja beli lensa Nikon 50 mm f/1.8 D dalam keadaan baru. Sewaktu saya masih coba2 lensa di toko, udah ada kekhawatiran kalo lensa tsb fokusnya kurang tepat. Saya mencobanya dgn memotret deretan huruf dari arah samping atas (+/- sudut kurang dari 45 derajat). Saya fokuskan titik tengah fokus ke salah satu huruf. Dan kemudian saya preview hasilnya di LCD dengan diperbesar sampai hampir mentok (perbesaran brp kali itu ya?). Saya perhatikan fokusnya cenderung agak ke depan. Tapi menurut perasaan saya, hal itu tidak terjadi di setiap jepretan. Kadang2 fokus jatuh di depan, kadang2 juga fokus bisa tepat. Setelah beberapa kali mencoba, saya minta lensa 50 mm 1.8D yg lain. Ternyata SAMA. Kurang lebih fokusnya jg seperti itu. cenderung agak ke depan.

Tapi saya mengira bahwa ada kemungkinan titik fokus bergeser saat saya menekan tombol shutter. Jadi pengamatan saya di toko itu saya anggap tidak bisa dijadikan patokan. Karena sdh mencoba dua lensa dan hasilnya kurang lebih sama, akhirnya saya memberanikan diri utk membeli lensa yg saya coba pertama dgn niat utk mencobanya lebih jauh di rumah.

Setelah di rumah, saya mengetest fokus lensa ini dgn keterangan sbb:

- body pakai Nikon D90
- Mode aperture priority
- ISO 400
- Menggunakan flash internal
- Menggunakan tripod dgn harapan titik fokus tdk bergeser saat tombol shutter ditekan
- Mencoba kombinasi bukaan f/1.8, f/2.8, f/4.0, dan f/5.0

Kesimpulannya? menurut saya, BETUL lensa saya ini mengalami FRONT FOCUS di bukaan besar (f/1.8 dan f/2.8). Saya juga menyadari bahwa ruang tajam pada bukaan besar memang sangat sempit (lebih sempit dari bukaan kecil).. Maka itulah saya mencobanya dengan tripod dgn harapan titik fokus tdk begeser saat jepret (pd bukaan besar, titik fokus bergeser sedikit saja tentu efeknya akan sangat besar).

Kalau sdh punya kesimpulan seperti itu, kenapa saya membuat thread ini? Hehe2 ya itu krn saya ingin mengajukan bbrp pertanyaan pd rekan2 FN sekalian:

1. Menurut rekan FN yg lain, apakah betul lensa saya itu FRONT FOCUS? (foto2 hasil testnya insya Alloh akan segera saya upload)

2. Apakah memang itu sdh merupakan karakteristik lensa 50 mm 1.8 D mengingat saya mencoba dua lensa di toko & ternyata dua2nya hasilnya kurang lebih sama?

3. Apakah kekhawatiran saya terlalu berlebihan? maksudnya, apakah gejala fokus meleset beberapa milimeter di bukaan besar merupakan hal yg wajar dan tidak termasuk gejala FRONT FOCUS atau BACK FOCUS?

Demikian pertanyaan dari saya... Bilamana ada yg sudi memberi pencerahan, penjelasan, saran, atau komentar, saya akan sangat berterima kasih sekali.. :)

Belum ada komentar