biaya servis lensa, benarkah selalu gak masuk akal?

Oleh:  Singgih Arfianto (5351)    14 tahun yang lalu

  0 

sebelumnya mohon maaf kepada pak mod kalo penempatan kategori thread saya ini kurang tepat, silakan dipindahkan saja.

ceritanya begini:
pada 5/sept/09 saya mengirimkan lensa nikkor AFS 55-200 non vr ke alta untuk di servis. melalui perantara toko bursa kamera semarang. kondisi kerusakan AF tidak jalan dan garansi nikon international itupun dah expired. saya mengisikan formulir dan saya berikan keterangan agar mengabari saya mengenai biaya servis dan sparepartnya setelah di cek dan sebelum dikerjakan.

karna lama tidak ada kabar,saya cek dgn menanyakan ke toko pada awal nopember kmaren, dan ternyata barang udah selesai dikerjakan dgn biaya keseluruhan 1,3juta.
tentu saja saya merasa keberatan, apalagi pesan saya untuk mengkonfirmasi sebelum dikerjakan tidak diindahkan.
saya tanya kalo option pembatalan ada gak? pihak toko menjawab dikenakan biaya pembatalan kira2 sebesar 500ribuan. kok jadi gini ya...
option yg dihadapkan kesaya :
1. saya bayar servis 1,3jt padahal saya beli barunya 1,8jt meskipun sekarang adanya versi vr kisaran 2,4jt.
2. saya bayar 500rb buat nyuruh orang bikin lensa saya tambah ancur?

akhirnya saya telepon langsung ke alta, mereka menjelaskan bahwa :
1. biaya servis tanpa garansi alta memang mahal. okelah, masuk akal.
2. CSO pertama (bukan yg menghandle lensa saya) bilang secara prosedural mereka sudah mengirimkan konfirmasi dan menerima persetujuan pengerjaan.
3. CSO kedua (ibu wati, yg menghandle lensa saya) mengakui memang teknisinya langsung mengerjakan dan barang sudah selesai dan dikirim ke toko pada 5/okt/09.
4. memberikan option pembatalan/jadi namun untuk harga mempersilakan saya tanya ke toko, karna katanya secara etika tidak boleh menyebutkan biaya yg muncul disana.

demikian ceritanya.
apakah menurut bapak2 sekalian saya layak membayar lensa saya sendiri 1,3jt? atau membatalkan dengan membayar 500rb, atau meninggalkannya saja?

terimakasih.

Belum ada komentar