Depth of Field (B/W)

Oleh: Anggarda Diajeng Prameswari (14)    14 tahun yang lalu

  0 

--Topik ini telah dimoderasi oleh Wiwin Yulius pada 08-11-2009 07:09:33--

Salam sejahtera untuk semuanya,

Saya sekarang sedang mendalami fotografi dengan mengambil kelas di sekolah saya di NY, dan untuk semester pertama saya mempelajari Black and White Photography. Di proyek saya yang ke 3 ini saya diharuskan untuk mengambil foto dengan tema Depth of Field menggunakan film camera saya yaitu Canon Rebel 2000 EOS. Nah yang saya bingungkan sekarang itu, bagaimana caranya untuk mengambil gambar dengan tepat dengan menonjolkan Depth of Fieldnya? Saya sudah coba untuk mengambil gambar 3 gelas wine yang saya letakkan berderet dan pertamanya saya fokuskan ke gelas kedua yang letaknya di tengah dengan menggunakan F/4 dan shutter speed 1/60 (saya menggunakan film kodak 400x). Untuk yang pertama ini saya sudah bisa merasakan Depth of Fieldnya karena gelas pertama, ketiga serta background menjadi blur. Kemudian saya ubah apperture saya menjadi F/22 dan shutter speed menjadi 1/2. Nah saya stuck disini. Saya bingung. Lantaran waktu saya lihat dari lensa, tanpa mengubah fokus, gelas kedua tetaplah jelas dan yang pertama, ketiga dan background juga masih tetap blur. Sedangkan pada petunjuknya saya harus membuat 2 gambar yang dimana gambar pertama seperti yang sudah saya lakukan pertama tama dan yang kedua, seluruh gambar nampak jelas dan fokus, tidak blur.

1. Apa yang harus saya lakukan supaya ketiga gelas wine dan background menjadi jelas pada F/22 dan shutter 1/2? Apakah saya perlu mengubah fokusnya? (Saya menggunakan Manual Focus)
2. Atau apakah saya perlu menggunakan Auto Focus?
3. Sudah saya coba tampaknya gambar masih sama dari lensa saya.
4. Atau mungkin nanti baru keliatan setelah film selesai dicuci dan dicetak?

Sebelumnya terimakasih banyak sudah mau menyempatkan diri untuk membaca pertanyaan saya ini dan apabila berkenan saya ucapkan terimakasih banyak untuk mennjawab pertanyaan saya.

Salam,
<u>Ajeng</u>

Belum ada komentar