[Apresiasi/Kritik] Digital Matte Painting - 2012 : Ampera when DOOMSDAY (Adi Wijaya)

Oleh:  Alva F.P. Sondakh (9358)    14 tahun yang lalu

  0 

Halo semua...

Saya mungkin akan terasa ga ada kerjaan menanggapi FPE. Tapi saya benar - benar harus menanggapi ini, Foto Pilihan Editor 8 Oktober 2009, 2012 : Ampera when DOOMSDAY oleh: Adi Wijaya.
Ada kutipan, "Kalau ingin melakukan sesuatu, pastikan anda melakukannya dengan benar/baik". Nah, ini yang menggerakkan saya untuk menanggapi foto tersebut.

Dari judul tentu kita sudah bisa mengerti maksud dari pembuat karya ini, dia ingin menggambarkan situasi Kiamat/Apocalypse..Tapi ini benar - benar tidak menggambarkan Kiamat/Apocalypse itu. Jembatan patah tidak mengikuti logika keruntuhan/kegagalan struktur jembatan.
Dan lebih dari itu, post-processingnya benar - benar "kacau'. Saya belum pernah mengalami Apocalypse/Doomsday, tapi saya yakin situasinya tidak akan secerah, seindah yang digambarkan di karya itu.

Kalau saya tidak salah, jenis karya ini masuk dalam "Matte Painting"(?). Saya mengenal jenis ini lewat Majalah 2DArtist. Lewat Google, kita juga bisa melihat contoh - contoh fantastis dari "Matte Painting" ini.
Matte Painting sebenarnya jauh lebih kompleks, dengan menggabungkan fotografi, (digital) painting, 3D Model, dll. Tapi karena itu dia bisa menghasilkan karya yang jauh lebih mengesankan/fantastis.

Saya tidak bermaksud menjelekkan atau meruntuhkan semangat pembuat karya, tapi yah, kalo mo bikin sesuatu, pastikan anda bikin sesuatu dengan benar/baik dong...
Maaf juga buat para komentator di karya ini..plis deh guys!!

Cheers,
Alva

Belum ada komentar