Masalah lensa NIKON VR - gambar di viewfinder seolah bergeser

Oleh: Andi Novianto (1075)    14 tahun yang lalu

  0 

--Topik ini telah dimoderasi oleh Wiwin Yulius pada 02-10-2009 09:38:11--

halo , saya baru menghobikan diri di dunia fotografi. Pengetahuan mengenai peralatan sangat minim. Beberapa hari lalu saya menekadkan diri membeli lensa macro/micro nikon 105 VR new - karena saya sedang tertarik bermain-main di dunia kecil. Berhubung saya blm pernah menggunakan lensa berjenis VR sebelumnya, saya menemukan 'fenomena' yg aneh :D, entah ini karena lensa yg bermasalah atau hanya karena saya terlalu paranoid.

Saya menggunakan d200/sb800, test pengambilan gambar dengan handheld, flash ON dan VR ON. Hasilnya tajam tapi yg menjadi masalah adalah setiap kali selesai menjepret kok pandangan yg saya liat di view finder agak melompat/bergeser. Jadi seolah2 lensa di dalam bergeser. Ini hanya terjadi jika saya MENGAKTIFKAN VR.

test lain: saya meletakan camera di tripod lalu saya menekan tombol setengah (untuk auto focus) , setelah mendapatkan autofocus, gambar yg tampak di viewfinder bergeser ke atas sedikit perlahan, lalu saya tekan tombol full untuk capture dan seketika setelah men-jepret, gambar di view finder akan turun ke posisi semula.

Apakah ini hal yg wajar di VR ?? Apakah ini efek dimana VR berusaha menkompensasi gerakan yg kita buat (karena handheld). Atau kah ada masalah dengan lensa ? Hasil yg saya dapat tajam dan tidak bermasalah, saya hanya merasa ada yg mengganjal dengan kejadian ini.

Mohon bantuan dan penjelasan bagi yg pernah menggunakan lensa VR. Apakah ada teman-teman sekalian yg pernah mengalami serupa ini ?

thanx
Andi

Belum ada komentar