Foto IR pada malam hari, arsitektur, dan hewan. Bisakah?

Oleh: Ghifari Daulagiri (969)    14 tahun yang lalu

  0 

Rekans FN, salam kenal.

Akhir-akhir ini saya pengen modif D70 saya jadi kamera IR. Cuma ada sedikit bimbang yang muncul; alasannya ada beberapa hal:
1. ini satu-satunya kamera yang dipunyai dan kayaknya untuk beli bodi yang lain sepertinya tidak dalam waktu dekat.
2. walau sebagian sangat besar waktu foto saya dilakukan siang hari (pokoknya jam-jam dimana ada matahari), beberapa event yang organisasi saya adakan waktunya jatuh di malam hari. Otomatis saya juga ingin mendokumentasikannya.
3. saya jarang travelling, jadi sebagian besar foto saya adalah human interest, arsitektur, hewan peliharaan, dan kadang makro. sedangkan kebanyakan komentar yang saya baca di forum ini menyatakan bahwa kamera IR memang paling mantap bila dipakai untuk foto landsekap.
4. saya adalah salah satu tukang foto dokumentasi di kampus. rasanya segan bila panitia diserahi foto dokumentasi yang lebih nge'art' daripada 'natural'.

Nah, dari tiga kondisi diatas bisa dirangkum pertanyaan:
1. seberapa efektifkah kamera IR oprekan dalam mengcapture cahaya pada malam hari? apakah perlu selalu bawa tripod bila ingin hunting malam hari dengan kamera IR?
2. (masih berkaitan dengan 1) memotret konser dengan kamera IR apakah memungkinkan? mengingat shutter speed harus cepat (1/20 keatas) dan cahaya hanya dari lampu panggung.
3. dari kondisi kebutuhan dan keinginan saya di poin ke 3 dan 4 diatas, versi IR mana yang kira2 pas buat saya? sampai saat ini saya memilih ke arah goldie IR milik pak Dibyo. Benarkah pilihan saya?

Pertanyaan dan pernyataan saya diatas saya rangkum dari hasil pengetahuan baca2 topik di subforum IR ini. jadi mohon maaf bila ternyata topiknya sudah pernah dibahas. mungkin saya kurang pintar cari topiknya :)..

Regards
~ghif

Belum ada komentar