[LIPUTAN] SOLO BATIK CARNIVAL 2

Oleh:  Yudha Nugraha, aka Menyut (51895)    15 tahun yang lalu

  0 

Salam, berhubung belum ada juga yang bikin liputan acara SBC kemaren... padahal temen2 fn banyak sekali yang turun kelapangan, saya coba bikin liputannya ya..

Setelah pada 2008 sukses menggelar Solo Batik Carnival I, pagelaran karnaval batik ala Brazil, tahun ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Solo menggelar kembali Solo Batik Carnival II pada 26-28 Juni 2009.
dan puncaknya adalah pada tanggal 28juni (kemaran minggu).
Solo Batik Carnival merupakan event tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta bekerjasama dengan Solo Center Point serta masyarakat, dengan peserta 300 orang yang diikuti oleh anak-anak, remaja, karyawan, ibu-ibu rumah tangga dari lintas etnik dan usia di Solo.

Solo Batik Carnival untuk mengangkat Solo sebagai Kota Batik. Peserta Solo Batik Carnival telah melakukan workshop (dance, rancangan kostum, runway, rias, musik dan seluk beluk carnival) selama tiga bulan.

Untuk Solo Batik Carnival kedua ini akan mengangkat topeng tradisi sebagai tema utama, selain batik sebagai bahan baku utama pembuatan kostum karnaval.
Imajinasi dan kreatifitas peserta sangat diperlukan untuk membentuk kostum karnaval yang indah dipadukan dengan properti topeng yang sesuai dengan temanya.
Ada tiga jenis topeng yang digunakan untuk karnaval ini yaitu Panji yang menggambarkan topeng halus seorang raja dengan kehalusan dan kecantikannya, Kelana yaitu topeng yang menggambarkan kesatria atau raksasa yang menggambarkan amarah dan kemarahan dalam pertempuran, serta Gecul yaitu topeng yang menggambarkan punakawan (abdi dalem) yang dengan tingkah lucunya dan wajah komedi.

walah, malah kebanyakan ngomong, langsung aja ya ke foto fotonya.. sekalian sambil cerita dikit dikit..
yang kemaren hunting juga tolong di Share ya.. saya datangnya telat, jadi cuma dapat foto dikit...
semoga bisa di nikmati, Salam dan terima kasih.

Belum ada komentar