[Ask] 2 Lensa Nikon manual (nikkor auto), tidak bisa metering dan mount di FE

Oleh: Nyoman Ardika (140)    15 tahun yang lalu

  0 

Rekan FN,
Saya memiliki dua koleksi Nikkor Auto 35mm dan 50mm yang ternyata "bermasalah" saat hendak dipakai di kamera Nikon FE. Adapun masalahnya adalah sbb :

  • Nikkor 35mm F 2.8. Bisa dipasang seperti biasa namun tidak bisa metering sama sekali. Saya sempat curiga kalau metering kameranya yang bermasalah sehingga saya ganti dengan 4 lensa manual lainya yang ternyata tidak ada masalah sama sekali. Lensa juga telah saya coba pasang di kamera Canon via adapter dan matering berfungsi normal.
  • Nikkor 50mm F 1.4. Tidak bisa mount sama sekali alias tidak bisa nancap. Saya masih tidak yakin dan berasumsi mungkin saya salah pasang sehingga saya coba pasang di kamera Nikon lainya D50 dan bisa mount dan berfungsi seperti lensa Nikon manual lainya.

Saya coba cari informasi lewat google, menyebutkan kalau lensa ini dibuat untuk Nikon F. Di sitenya KenRockwell menyebutkan "To use it on modern Nikons it has to be modified to AI, automatic indexing, which involves replacing or machining a notch in the aperture ring. Attempt to mount it on almost any modern Nikon and little prongs on the camera will interfere with the aperture ring and it won't mount". Artinya apa ya ? Maklum bahasa Inggris cekak.

Sebagai seorang pemula, tentu sedikit membingungkan bagi saya, karena selama ini saya beranggapan kalau semua lensa Nikon F mount adalah sama. Apakah lensa ini termasuk preAI ? Adakah rekan lain yang berbaik hati mau membantu dan menjelaskan tentang lensa ini ? Sedikit tambahan, lensa ini saya beli sudah cukup lama, lebih dari setahun sehingga susah untuk mengembalikanya.

Terima kasih
Belum ada komentar