[Liputan] Red Bull Air Race, Abu Dhabi April 2009

Oleh:  Seto G. Wibowo (21074)    15 tahun yang lalu

  0 

Maksud hati ingin membuat liputan yang up to date, tapi berhubung kesibukan dan lain hal (baca: gak bakat jadi reporter), jadi baru bisa upload sekarang.

Red Bull Air Race
Even dalam liputan ini diselengarakan di Abu Dhabi, pada tanggal 17-18 April 2009 yang lalu.

Sekilas cerita
Kejuaraan dunia ini diawali dari pemikiran Red Bull Sports think tank pada tahun 2001, yang menginginkan olahraga udara yang tidak hanya melibatkan keceptan, tapi juga ketepatan dan keberanian. Barulah pada tahun 2003, secara resmi Red Bull Air Race pertama kali di gelar, dengan mengambil tempat di Zeltweg - Austria, dimana 6 orang pilot beradu keterampilan.

Untuk memenangkan kejuaraan ini, para pilot harus dapat ber-navigasi malalui lintasan dan kerucut-kerucut setinggi 20m yang sudah diatur sedemikan rupa. Dengan kecepatan mencapai 370km/jam mereka beradu keterampilan di udara.
Peserta akan mendapakan angka hukuman bila terbang terlalu tinggi, miring atau bahkan memotong kerucut udara tersebut, bahkan dapat di diskualifikasi jika terbang terlalu rendah saat melalui kerucut-kerucut tersebut.

Tahun 2005, "The Red Bull Air Race World Championship" digelar di tujuh tempat dengan 10 peserta.
Tahun 2006 diadakan di delapan tempat, dengan diikuti sebelas orang pilot.
Tahun 2007 diadakan di sepuluh tempat, dan diikuti 13 orang pilot.
Tahun 2008 hanya diadakan di delapan tempat dengan diikuti oleh 12 orang pilot. Kejuaraan tahun 2008 ini dimenangkan oleh Hannes Arch dari Austria.
Tahun 2009 ini, diikuti oleh 15 orang pilot termasuk seorang pilot termuda (25 tahun) dari Canada, dengan seri pertama digelar di Abu Dhabi, dan seri-seri berikutnya akan diadakan di San Diego, Ontario, Budapest, Proto dan Barcelona.

www.redbullairrace.com

Belum ada komentar