[SHARE] Nikon CLS vs Alpha CLS >>> lighting wireless system

Oleh:  Iwan Laksmana (45019)    15 tahun yang lalu

  0 

hello friends...perkenankan sy mao sharing sedikit kelebihan, keunggulan dan kekurangan dari perbandingan 2 brand beken ini dalam hal lighting wireless system :).

Seperti kita ketahui bersama belakangan ini D3 dan D3x punya saingan berat :D yaitu SONY ALPHA A900.Sebelum D3x beredar A900 memiliki level DR yg sangat tinggi bahkan tertinggi melebihi D3 >>> berdasarkan ranking DXO.Selain itu juga punya sensor dashyat luar biasa besar :D.

Sy mao coba perbandingin hebatnya CLS Nikon yg udah kita ketahui sama2 kemampuannya...gimana sih punya A900 ini kemampuannya.Penasaran sih sampe kemaren kita tes lapangan sederhana mudah2an ada gambarannya :)

Dalam tes ini kami gunakan gear sbb :

Nikon D3 + carlzeiss 85mm 1.4 Plannar T dengan lighting 3 titik 1bh sb 800 dan 2 bh sb 600.
Sony A900 + 135mm STF lens dengan lighting 2 titik flash 58 dan 56.

Kesimpulan sederhana yg didapat :
CLS Nikon dengan sistem ttl nya di atur berdasarkan 1 master yaitu sb 800 utk mengontrol power masing2 slave dalam channel yg telah ditentukan. SIMPEL.
Sedangkan CLS Alpha sangat menyulitkan usernya :(..ini dialami rekan sy yg punya 2 agama Sonik katanya (sony Nikon ) ;))
wireless Sony settingnya pakai Ratio 1:1 sampai 1:16 atau sebaliknya (semua dalam settingan TTL ya)...

Akhir kata....moga2 sharing ini bermanfaat utk rekan2 yg mungkin sempet bertanya2 ada gak sih CLS lain diluar NIKON :D.Atau ada rekan2 yg sudah mencobanya boleh di sharing lg disini yah....

Foto dibawah ini ilustrasi aja no brand war :D :D :D yg mao memicu brand war silahkan ke forum tetangga jgn di FN ok :D :D

Thx atas kesempatannya dan enjoy......

Belum ada komentar