[Liputan] TPAS II BROMO- Another day in Paradise (11-14 April 2008)

Oleh: Ruby Cahyadi (1934)    16 tahun yang lalu

  0 

Pesona Bromo, mengajak para peserta TPAS (The Photographers Adventure Series) menjejaki kaki di ketinggian 1700 meter dpl.

Keindahan dan keajaiban alam Tengger membuat takjub seluruh peserta. 22 orang peserta kali dibuat bisu akan kehebatan alam semesta.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut.

Di laut pasir ditemukan tujuh buah pusat letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yaitu dari timur-barat dan timur laut-barat daya. Dari timur laut-barat daya inilah muncul Gunung Bromo yang termasuk gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat mengeluarkan asap letusan dan mengancam kehidupan manusia di sekitarnya (± 3.500 jiwa).

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Suku Tengger yang berada di sekitar taman nasional merupakan suku asli yang beragama Hindu. Menurut legenda, asal-usul suku tersebut dari Kerajaan Majapahit yang mengasingkan diri. Uniknya, melihat penduduk di sekitar (Su-ku Tengger) tampak tidak ada rasa ketakutan walaupun menge-tahui Gunung Bromo itu berbaha-ya, termasuk juga wisatawan yang banyak mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada saat Upacara Kasodo.

Kami sangat berterima kasih kepada Bpk. Budi Darmawan, Bpk Hartono Halim dan Bpk Yadi Yasin yang telah banyak membagi ilmu dan pengalaman nya dalam presentasi setiap sore selepas makan malam.
Really appreciate guys... without you all the program is nothing.

Bermalam di Lava View Hotel dengan gunung Bromo di terasnya sangatlah melunaskan kepenatan dan keletihan seharian berjalan kaki, berkuda, berJeep dan berjalan lagi dan lagi, Makan Siang di Warung Semeru dengan Home Cook nya

Dengan acara minum teh di Cemara Indah, melihat galery foto dikediaman Pak Sigit Pramono suatu pengalaman yang tak terlupakan.

Peserta kali ini adalah:
1. Yuyun
2. Upi
3. Unian Husien
4. Ruby Cahyadi
5. Anneu
6. Toetoek
7. Budi Darmawan
8. Bedie
9. Ochtan
10. Hartono K. Halim
11. Adam Rozelly
12. Ika Cahyawati
13. Nugroho Dewanto
14. Yadi Yasin
15. Abiprayadi
16. Didiet - Did it
17. AriMatea
18. Dennis Reshijaya
19. Jeremia
20. Santoso
21. Hartono Mega
22. Zulfa Hendri

See you on the next TPAS III - CAMBODIA !!

ps: thanks for FN atas space nya...

Belum ada komentar