Liputan : Cap Go Meh di Klenteng Boen Tek Bio - Tangerang

Oleh:  Bambang Irwanto, Beng2 (5883)    16 tahun yang lalu

  0 

Berawal dari ngobrol-2 di milis KPT (Komunitas Photographer Tangerang) kemarin siang, tiba-2 muncul e-mail dari Nini, bendahara KPT, yg berisi ajakan untuk hunting perayaan malam Cap Go Meh di Klenteng Boen Tek Bio yg berlokasi di daerah Pasar Lama, Kotamadya Tangerang. Kontan saja ajakan ini bikin hati bimbang dan ragu... apakah nanti sore dan malam cuaca akan cerah atau turun hujan. Apakah badan yg sudah lelah ini masih cukup kuat untuk diajak 'berdugem ria' kembali setelah 2 hari berturut-turut telat pulang. Namun... setelah menimbang, mengingat dan memperhatikan segala hal maka ditetapkanlah bahwa saya akan ikut teman-2 KPT hunting di klenteng tsb yg kemudian diputuskan pulang ngantor saya akan segera meluncur menuju lokasi.

Pulang kerja, berbekal Nikon D70S dan lensa 50mm f1.4D yg kebetulan sedang standby di dalam ransel, saya segera meluncur dari wilayah bandara Soekarno-Hatta ke lokasi hunting melalui pintu belakang (dikenal dengan nama pintu M-1). Turun dari bis karyawan di depan sebuah restoran piza, saya lanjutkan perjalanan dengan menggunakan becak. Sayang saya nggak bisa mengambil beberapa foto selama perjalanan singkat ini karena becak yg saya tumpangi berjalan terlalu ke tengah, bersaing dengan angkutan kota. Dari pada saya dan/atau kamera saya celaka... lebih baik saya tahan dulu untuk motret saat itu.

Tiba di lokasi ternyata suasana sudah mulai ramai. Namun tidak terlihat satu pun teman-2 yg saya kenal. Saat menunggu saya gunakan untuk ngobrol dengan pedagang dan masyarakat sekitar mengenai Cap Go Meh, atraksi barongsai dan liong, sekedar untuk mengukur apakah mereka bisa menerima pendatang seperti saya atau tidak. Rupanya masyarakat setempat cukup ramah sehingga saya tidak terlalu khawatir dengan aktifitas saya nantinya.

Tidak lama kemudian muncul satu per satu teman-2 KPT saya. Yg pertama muncul adalah Aan. Selanjutnya yg tiba di lokasi adalah Dedi, Albert, Oom Harry HSN dan tidak lupa Ketua KPT, Oom Iwan Samuel. (Teman-2 yg hadir menyusul adalah Nini, Yossi, Henry Nata, willy dan Adith - buat yg belum tercatat mohon info yaa...)

Belum ada komentar