Mungkin mau ganti agama...Need advise...

Oleh: Tjandra Adinata (2222)    16 tahun yang lalu

  0 

Hello FNers, Hello Nikonian,...

Saya pemakai setia Nikon sejak tahun 98-an, mulai dari N50 sampai sekarang D200... Akhir2 ini, saya agak serius mau mendalami bidang fotografi, yah kalau bisa mau foto-foto pre-wed maupun wedding/ b-day/ etc...
Selama memakai Nikon DSLR, salah satu kekecewaan saya adalah noise yang sudah mulai mengganggu di ISO 400, terutama kalau exposure tidak tepat (masalahnya sering saya mendapatkan exposure yang kurang tepat, kalau backlight, dll).
Seiring dengan keluarnya D300, saya sangat enthutias sekali... apalagi dengar2 noisenya bagus, belum lagi fitur2 yang sangat luar biasa, metering yang lbh bagus, 51-af point, 3" LCD, dust=remover, etc etc... Akn tetapi, setelah saya pelajari di internet, terutama di dpreview.com, saya menenumkan fakta yang menggangu. Kelihatannya Nikon mengaplikasikan Noise Reduction secara hardware. Hal tsb sudah mulai saya perkirakan semenjak banyak sample2 foto dari d300 dimana di iso tinggi foto kelihatan bersih tapi ketajaman "aneh"/ soft.
Juga dengan harga yang cukup tinggi, saya mempunyai alternative untuk membeli Canon 5D, terutama yang bekas. 5D secara teoritis, merupakan camera yang sanagt bagus untuk fotografer wedding, low noise di hi iso, IQ yang cukup bagus (cocok sekali untuk studio shooting), dll (buat saya FF sih boleh2, tp dampak dari FF yang menggiurkan - low noise, great IQ), tapi juga dengan kekurangan2 fps rendah (buat foto anak2, candid, mungkin hi fps menguntungkan), problem debu gampang masuk sensor, metering dan af yang mungkin kalah dengan D300, juga mungkin flash systemnya...
Mungkin di antara FNers, ada yang mempunyai pemikiran sbb dan pernah test? Bagaimana pendapat anda?
Kepuasan di Nikon ada sih... saya suka ergonomics nya, lensa2 juga sudah invest (tapi kan bisa TT atau dijual), mungkin ada yang claim lensa2 Nikon sedikit lebih superior (terutama yang baru 24-70 afs dan 70-200 afs nya).
Tolong deh bantuan/ masukannya.
Thanks

Tjandra

Belum ada komentar