[LIPUTAN] Peringatan Hari Raya Saraswati di SOROWAKO, 10 November 2007

Oleh:  Indra Manik (36043)    16 tahun yang lalu

  0 

Perayaan Hari Raya Saraswati ini sangatlah penting maknanya bagi para pelajar umat Hindu Bali, karena mereka yakin dan percaya bahwa dihari Raya Saraswati ini adalah Hari Turunnya Ilmu Pengetahuan.

Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni, dirayakan oleh umat Hindu Bali, yang perayaan ini dilaksanakan setiap 210 hari, sebagai penghormatan kepada Ibu Ilmu Pengetahuan dan Seni.

Dewi Saraswati digambarkan sebagai sosok wanita cantik, perlambang dari ilmu pengetahuan suci akan memberikan keindahan dalam diri. Duduk atau berdiri diatas bunga teratai, dan juga terdapat angsa yang merupakan wahana atau kendaraan suci dari Dewi Saraswati, yang mana semua itu merupakan simbol dari Kebenaran Sejati, dalam pengarcaan sering juga terdapat merak. Dewi Saraswati tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi merupakan lambang dari Kebijaksanaan Tertinggi. Dewi Saraswati digambarkan dengan dominasi warna putih yang melambangkan Kemurnian dari Pengetahuan Suci. (Dikutip dari berbagai sumber).

Di Sorowako perayaan ini dilakukan tadi pagi, Sabtu, 10 November 2007, di Pura Giri Kusuma, dan SPS (Sorowako Photographers Society) mendapat kehormatan untuk meliput kegiatan tersebut, antara lain, Agus Superiadi, Didik Fotunadi, Hari Ananto, Sutrisno, Alvin Pranata, Aris Ambodo, Nading, juga tamu dari Performa Makassar dan beberapa lagi yang belum disebut namanya.

Berikut liputan yang dapat disampaikan, semoga berkenan.

Salam Dari Sorowako, tepian Danau Matano, Sulawesi Selatan

Belum ada komentar