Sharing: Tiga Curug di Purwokerto

Oleh:  Tri Haryanto (12909)    16 tahun yang lalu

  0 

Pada libur Lebaran 2007 yang baru lalu, saya berkesempatan untuk mudik ke tanah kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah. Dengan menyegaja, saja mengunjungi 3 curug (air terjun) yang berada di 3 lokasi yang berbeda di kota ini. Ketiganya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan darat, baik kendaraan sendiri (mobil, sepeda motor) maupun kendaraan umum (angkutan pedesaan).

Curug Cipendok
Curug ini salah satu yang tertinggi di pulau Jawa. Dengan ketinggian sekitar 100 meter, curug ini tampil sangat mengagumkan. Pada saat musim kemarau, air curug tetap mengalir cukup deras dan sangat jernih. Letaknya hanya sekitar 25 km di sebelah barat kota Purwokerto, dengan waktu tempuh sekitar setengah jam (santai).

Curug Ceheng
Ini curug kecil-kecilan saja. Tingginya tidak lebih dari 10 meter. Namun, tempatnya yang sejuk dan "tersembunyi" menjadikan kawasan curug ini kerap disambangi pasangan muda Purwokerto yang ingin mojok. Lokasinya berjarak sekitar 15 kilometer timur laut kota Purwokerto, tepatnya di Kecamatan Sumbang.

Curug Baturraden
Nama sebenarnya curug ini saya tidak begitu tahu. Namun, karena lokasinya berada di dalam kawasan wisata Baturraden, saya sebut saja Curug Baturraden. Tingginya sekitar 20-an meter. Airnya selalu mengalir jernih. Di curug ini selalu ada anak-anak yang menawarkan atraksi terjun bebas dari puncak curug. Agar mereka mau terjun, penonton diminta melempar uang ke lubuk di bawah curug. Di musim lebaran kemarin, tarifnya Rp 5000 sekali atraksi.

Berikut foto-fotonya.

Belum ada komentar