[Share] Liputan Karnaval Tradisi dan Religi dari Hat Yai Thailand

Oleh:  Kristianto Gunawan T (145148)    16 tahun yang lalu

  0 

Tanggal 16 Oktober 2007 di sebuah kota yang berdekatan dengan perbatasan Malaysia lebih kurang 2 jam dari Border diadakan suatu acara Karnaval Tradisi dan Religi, karnaval ini diadakan setiap periode waktu tertentu dan juga berdekatan dengan Perayaan kebesaran Raja Thailand.

Sejak pagi hari saya banyak melihat orang memasang meja sembahyang di muka rumah, toko, kantor mereka dan umumnya selama beberapa hari itu mereka mengenakan Kostum baju yang berwarna Kuning dengan simbol Kerajaan di dadanya.

Karnaval itu sendiri diadakan sore hari sekitar jam 16.00 waktu setempat (sama dengan w.i.b), mulanya saya melihat dari Lantai 10 Hotel tempat saya bermalam dan saya mengira hanya sekedar atraksi Barongsay dan Naga seperti yang sering saya jumpai di kota saya semarang, tetapi seteleh barisan Panji-panji dan Naga Lewat ternyata kemudian dilanjutkan dengan pawai ritual di belakangnya.

Karnaval ini saya lihat diikuti oleh berbagai etnis yang ada di Thailand seperti keturunan India, China dan Siam yang sekilas mirip dengan orang Melayu, juga melibatkan berbagai Agama seperti Budha, Hindu maupun Tao.

Ritual ini mirip acara Dipavali di Singapore seperti yang pernah saya lihat liputannya di FN, tetapi yang unik pada karnaval kali ini ternyata merupakan Gabungan ketiga etnis dan agama tadi dan diadakan dan mendapat sambutan dari Warga setempat maupun Turis yang hadir di Hatyai seperti dari Malaysia, Singapore bahkan Kulit putih.

Saya mencoba untuk meliput dan share di FN pada teman-teman, memang banyak komentar terutama yang ikut dalam rombongan saya yang merasa ngeri dengan ritual yang dijalankan tersebut, mudah-mudahan apa yang saya share disini tidak terlalu mengerikan buat teman-teman sekalian ... :)

Belum ada komentar