Nikon SU800 atau Radio Trigger?

Oleh: Ronggo Bawono (1077)    16 tahun yang lalu

  0 

Dear FNers.....

saya berencana untuk lebih mendalami fotografi menggunakan flash (terutama off camera, dan di sync dgn beberapa speedlight yg ada).

saya sudah melakukan browsing, terutama di strobist.blogspot.com, yang sangat mengagungkan2 penggunaan flash di segala kondisi, dan menurut saya hasilnya luar biasa.

dari website tersebut pula, saya mendapat informasi bahwa mereka (strobist-ers) menggunakan radio trigger, dibandingkan memanfaatkan sistem CLS nikon.

beberapa pokok bahasan yang saya ingin ajukan adalah:

1. saya menggunakan d200 dan saat ini selalu menggunakan built in flash sebagai commander (lumayan bisa set sampai 2 group), tapi kelemahannya, flash dari built ikut kerekam dan kadang2 remote speedlight tidak ke-trigger!

2. Berniat beli SU 800 (infra red commander trigger) tapi harganya kok bikin merinding (bisa beli sb 600) di rekomendasi sih oleh dave black, tapi akankah alat ini efektif, mengingat menggunakan sistem inra merah (harus ter-align dengan baik, jadinya positioning slave jadi terbatas)?

3. Beli radio trigger (tp jgn pocket wizard deh, ga kuat harganya), pernah liat yang buatan jinbei (pakai battery AA), tapi ga tau bagaimana nyambungnya dengan sb 800.

so masukan dari rekan2, apakah beli SU 800 (menggunakan CLS nikon) atau pakai radio trigger (tp kasih tau cara nyambungnya dengan SB 800 yaa)

thanks a lot, ditunggu masukannya

Belum ada komentar