Step-Down (Step-Up) Ring Rp 0,- Bener!!!

Oleh:  Tri Haryanto (12909)    16 tahun yang lalu

  0 

Bagi yang suka berkreasi dengan filter tapi budget cekak, ada tips dikit nih.

Misalnya aja kita (tepatnya saya sendiri) punya lensa dengan ring 77mm, trus pingin pakai filter ND8 yang sayangnya ring-nya cuman 62 mm. Mau beli filter ND8 baru seukuran 77mm kok harganya 350-an ribu. Mau nyari step-down ring 77-62 kok susahnya minta ampun (kalok pesen dulu bisa berminggu-minggu).

Jalan keluarnya, kita akalin aja dengan menggunakan karton. Cari karton dengan ketebalan sekitar 3mm atau lebih. Nggak usah besar-besar, cari aja ukuran yg kira-kira bisa buat bikin lubang 77mm dan 62mm. (Nggak usah beli, sobek aja kardus bekas apa ‘kek). Trus cari pulpen, kater, atau gunting.

Dengan sedikit waktu dan sedikit tenaga, (namun banyak permenungan di atas keprihatinan) kres-kres-kres….jadi deh step-down ring idaman kita. Dan sekarang filter 62mm udah bisa nongkrong di lensa dengan ring 77mm. Agar lebih erat, karton penyangga filter dan karton yg menempel di lensa sebaiknya dilem, diselotip, atau dijepit.

Cuman, saya sungguh-sungguh berwanti-wanti, lakukan tips ini hanya dalam kondisi darurat (ya darurat tempat, darurat waktu, dan terlebih darurat duit…he-he-he). Sebab, selain mengandung risiko filter bisa jatuh dan pecah, penggunaan step-down (step-up) ring versi Quay Ray (baca: ke-re) ini di ruang publik hanya akan menunjukkan kalau anda adalah seorang fotografer yang sedang kesrakat (bhs Jawa: sengsara secara finansial). Bayangin aja anda pakai step-down ring ini buat hunting motret model (cantik, zekzoy, dan sedikit mata duitan), dijamin deh anda nggak bakalan kebagian lirikannya (apalagi senyum-sapanya yang menggoda…)

Sow, misih tertarik? Simak step-stepnya di bawah ini.

Belum ada komentar