Penjelasan foto Unggulan "HUMOR" judul "Riding Fly" (edited)

Oleh:  Abdullah Sajad (18102)    16 tahun yang lalu

  0 

Berdasarkan Pengumuman Lomba Foto Bulanan "HUMOR" linknya...
yang telah memilih salah satu foto saya menjadi nominasi, tapi kok, ndilalah, akhirnya fotoku deh, yang jadi unggulan.
Terima kasih buat dewan juri yg telah memilih foto Riding Fly, linknya...
Berikut penjelasan saya:


Pencarian kendaraan yang ramah lingkungan masih menjadi obsesi beberapa praktisi teknologi otomotif. Mungkin humor atau parodi dalam foto ini, saya juga ngak tahu, tiba-tiba kebayang aja, waktu motret laler ini menggunakan kamera poket, mbayangin ada yang naik di atasnya. Ya, semacam, binatang tunggangan yang murah meriah bisa dijadikan alternatif kendaraan tunggangan. Seperti lalat. Yang sederhana, gampang di buang, dan ramah lingkungan. Kalau melihara kuda, pasti mahal sekali. Biasanya kalau kuda kan disebut, “Riding Horse”, maka lalat ini disebut “Riding Fly”, hehe.

(1) Teknisnya, foto makro lalat yang dibuat miring, tapi pemotretannya memang miring simetris dengan ujung kanan atas dan kiri bawah. Sebenarnya blur background tidak seblur ini, menggunakan gausin blur dan isolasi, agar warna ijonya enak dilihat. Foto asli lalatnya berikut ini.

(2) Ditambahin pula dengan orang yang lagi naik gajah. Tiga orang, yang satu pawang, yang dua orang adalah pengunjung. Sambil rekreasi ke Ragunan. Jepret-jepret binatang. Lah kok ya, kepikiran tak gabungin sama lalat tadi. Berikut ini foto orang naik gajah.

(3) Lalat dan orang naik gajah digabung. Cara memisahkan orang dengan gajahnya menggunakan lasso aja. Soalnya biar detilnya kena, dan nanti dibersihin lagi. kemudian di burn dan dodging biar kelihatan dimensi cahayanya.

(4) Langkah ketiga, mewarnai lalat dengan warna ungu, biar agak futuristik, beberapa kendaraan sekarang sangat suka diwarnai ungu seperti warna lalat di fotoku, hehe.. Caranya pake layer color, diwarnai ungu. Mungkin yang mengerti PS, pasti tahu caranya. Hehehe.

(5) Kemudian diatur lagi warnanya menggunakan level, curva, ditambahin layer warna hitem, dan dibuat soflight dan overlay, biar tajem itemnya.

Mungkin sekian aja penjelasan dari saya, fotonya ketinggalan di rumah, (lagi di kantor), jadi nanti aja saya sempurnakan penjelasan ini. Maaf nih baru mengikuti perkembangan, soalnya tanggal 11 sampai 13 Agustus 2007 ada acara di Puncak, sambil mampir ke Taman Safari, jadi baru hari ini lihat-lihat di depan, kok, fotoku jadi unggulan, hehe. Sukur.
>>> udah diedit<<<<<

Untuk Hadiahnya, saya sumbangkan untuk membantu pengembangan dan pemeliharaan data base hosting FN.

Terim kasih.
Salam.
sajad

Belum ada komentar