[LIPUTAN] Workshop "Nekat", Basic & Landscape Photography di Aula Kodim 1504 Kodam XVI Pattimura - Ambon

Oleh:  Zairin Salampessy (25541)    17 tahun yang lalu

  0 

Alhamdullillah...puji syukur atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Mungkin itulah kalimat yang paling tepat diucapkan, ketika acara workshop perdana yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Fotografer Maluku (PerformA) di Ambon dari tanggal 27 sampai 29 Juli 2007 selesai digelar.

Kenapa kami sebut workshop "nekat". Karena kegiatan ini dibikin benar-benar dengan modal nekat. PerformA yang belum genap berusia dua bulan dan sebagian besar pasukannya adalah para pekerja media, terus terang minim dana. Hanya karena tekad memajukan dunia fotografi di Provinsi "Seribu Pulau", yang baru sembuh dari konflik berkepanjangan inilah, yang memacu semangat rekan-rekan PerformA menggelar workshop tersebut.

Semangat PerformA semakin terpacu, setelah dua rekan dari Jakarta yang akan menjadi narasumber, Bang Ucok P. Harahap dan Bung M. Hartono, bersedia meluangkan waktu ke Ambon, untuk sama-sama menggairahkan dunia fotografi di daerah ini.

Karena benar-benar miskin dana, untuk kedua rekan itupun kami hanya menanggung akomodasi selama di Ambon serta tiket mereka Jakarta - Ambon - Jakarta.

Aula Kodim 1504 di Ambon pun akhirnya menjadi pilihan tempat penyelenggaraan workshop, karena hanya komandan instalasi militer inilah yang mau menyediakan aulanya untuk digunakan secara cuma-cuma. Konsekwensinya, setiap sesi berakhir, PerformA harus membuat laporan tertulis mengenai materi yang diberikan serta jumlah dan asal peserta.

Sayangnya, karena daya tampung aula yang kecil, jumlah peserta dibatasi hanya 40 orang. Padahal jumlah orang yang menghubungi PerformA untuk diikutkan pada workshop ini, tercatat lebih dari 100-an orang.

Pilihannya, yang mendaftar lebih dulu lah, yang berhak ikut workshop tersebut. Alhasil, 10 pelajar SMP, 2 Pelajar SMA, 6 staf Humas instansi pemerintah, 4 dosen, 5 mahasiswa dan selebihnya jurnalis media lokal, yang berkesempatan mengikuti workshop tersebut. Jumlah 40 peserta itu, tentunya di luar beberapa intel Kodim yang sesekali ikut masuk ke aula untuk mendengarkan materi Basic Photography yang disampaikan Bang Hartono pada hari pertama, dan Landscape Photography yang dibawakan Bung Ucok pada hari kedua.

Hari ketiga, semua peserta workshop di bawa ke Desa Tulehu (salah satu kampung nelayan yang mensuplay ikan ke Kota Ambon) dan ke Pantai Hunimua Desa Liang. Tempat wisata di Desa Liang ini, yang pernah dijadikan liputan majalah Tamasya dengan model Glen Fredly dan istrinya Dewi Sandra.

Demikian informasi liputan dari Ambon. Terima kasih sebesar-besarnya kepada Bang Ucok dan Bung Hartono, atas kesediaanya meluangkan waktu ke Ambon. Kepada rekan-rekan FN lainnya, kami mohon doa, semoga kegiatan-kegitan PerformA berikutnya, sudah bisa mendapat support sehingga tidak nekat-nekatan lagi.

Amin....

Belum ada komentar