Problem Spot Flare padaLensa Nikon 50 mm 1:1.4

Oleh:  Yus Prinandy (6041)    17 tahun yang lalu

  0 

Rekan-rekan FN yang terhormat, saya mau minta tolong pada rekan-rekan untuk menganalisa masalah Spot Flare yang terjadi pada lensa Nikon 50 mm, 1:1.4 D yang baru saya beli 6 bulan lalu.

Problem spot flare tersebut hanya terjadi dengan skema Lighting tertentu eg. Hi-Key (gambar terlampir) dan ukuranya lumayan besar (+/- 5% dari ukuran foto).
(pada lampiran, foto saya crop untuk kemudahan perbandingan tanpa adjusment apapun)

Guna bahan analisa, saya mencoba membandingkan hasil foto dengan menggunakan lensa lain, tentunya dengan Object,Focal Length,Shuter Speed & Apperture yang sama.

Apakah Lensa Nikon 50mm f/1.4 D memang mempunyai karakteristik demikian? Tetapi Kenapa Di lensa Lain Tidak? Atau problem tersebut cacat produksi sehingga saya bisa minta penggantian dari Nikon mengingat garansi masih berlaku.

Saya Mencoba Membandingkan Dengan Lensa Carl Zeiss 50mm f/1.4 manual untuk mewakili kualitas premium dan Lensa Nikon 18-70mm f/3.5 DX (lensa D70 kit) untuk mewakili kulaitas Generik. tetapi Justru pada kedua lensa pembanding tersebut tidak mengalami problem spot flare tersebut.

Terus terang Problem tersebut sangat mengganggu mengingat ukuran spot yang lumayan besar sehingga untuk memotret ModelSkin tone tentu menjadi seperti Belang, atau pada baju warna gelap menjadi sperti luntur.

Demikian bahan diskusi dari saya kali ini, sebelumnya terimakasih atas bantuannya.

Salam

Belum ada komentar