Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh: Edi Budiono, ed (318)    17 tahun yang lalu

  0 

Saya mau tanya pada rekan rekan FN, bagaimana cara membedakan lensa nikon yang dijual, adalah barang baru atau bekas? Toko yang menjual mengatakan barang tsb baru, namun ada beberapa kejanggalan yang saya alami. Yaitu:
1. Lensa Nikon 18-200mm f/3.5-5.6 G ED-IF AF-S VR DX (sampai saat ini di kota saya) merupakan barang yang lumayan sulit dicari, barangnya selalu kosong. Namun di toko yang satu ini ready stock, sisa 1 unit saja.
2. Harga yang ditawarkan relatif murah, bila toko-toko lain menawarkan harga 7,7jt-8,2jt (itupun masih pesan dari jakarta) namun toko ini "hanya" menjual seharga 7.6jt
3. Setelah saya telpon untuk memastikan harga, saya menuju kesana untuk melihat barang. Betapa kecewanya saya ketika sampai disana, mereka bilang barang tsb masih di outlet yang lain, masih dalam perjalanan dibawa oleh kurirnya. Padahal 1 jam sebelumnya ketika saya telepon mereka bilang "silahkan ke sini barangnya sebentar lagi sampai". Lalu mereka memberi solusi nanti barangnya diantar ke rumah saya. Ok saya tunggu di rumah.
4. Setelah saya tunggu +/- 2 jam baru lensa itu nongol di rumah, lalu saya lihat box-nya, kok sudah lecet-lecet di pinggir2 nya? Lalu barangnya sih saya lihat masih mulus, persis seperti baru. Tapi kartu garansi nya hanya 1 copy, yang satunya untuk pihak dealer sudah dirobek sebelumnya. Padahal setahu saya bila sudah pasti membeli, pihak toko/dealer mengeluarkan 2 copy kartu garansi dan merobeknya di depan pembeli lalu memberi catatan nama toko dan tanggal pembeliannya. Sebenarnya ada yg bilang yang penting kan ada kartu garansi Alta nya! memang sih, cuman saya pingin tau aja.
5. Saya jadi curiga barang tsb bukan barang baru, lalu saya telpon ke tokonya, saya bilang tidak jadi. Anehnya tanpa tanya alasan ga jadi, kenapa, dan lain-lain dia langsung bilang "Oh ya, tidak jadi ya. Tidak apa-apa pak."
6. Jawaban orang tersebut semakin membuat saya bingung, apakah memang dia tidak "ngotot" jualan barangnya karena barang tsb memang bukan baru? (Seorang sales kan harusnya ngotot jualan)mungkin saja barang tsb sdh dipakai orang lain beberapa minggu/bulan namun dijual lagi sebagai barang baru, padahal bekas???
7. Saya lihat dibawah lensa tulisannya Made in thailand, apa ada perbedaan kualitas dgn yang Made in Japan? krn lensa nikon yang saya tahu semua Made in Japan.
8. Satu lagi, toko ini merupakan salah satu dealer resmi Nikon, jadi seharusnya dugaan saya pasti salah. Namun siapa tahu mungkin ada juga yang pernah mengalami hal seperti ini atau mungkin ada pihak yang lebih mengerti mengenai perbedaanya. Terima kasih atas komentar2nya!

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh:  Bernard T. Wahyu Wiryanta (4252)    17 tahun yang lalu

 0 

Kalau second berarti garansi udah dikirim ke Nikindo dong. Lihat aja tanggal pembelian di kartu Garansinya.
kalau dus udah rusak segelnya, tidak akan saya terima.

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh: Vincent Kosasih (1408)    17 tahun yang lalu

 0 

setau aku, kalau yang namanya barang baru (khususnya barang elektronik dalam hal ini kamera digital).dalam kondisi baru, semuanya tersegel rapi dan terbungkus plastik yang sekali sobek langsung buang..dan disegel...kl spt yang diceritakan oleh pak edi,
ada 2 kemungkinan :
1.itu memang barang baru, tp waktu itu ada yang mau coba dulu dan kebetulan tidak cocok...
2. barang itu memang barang 2nd..

-VC-

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh:  Ari Suryanta (12024)    17 tahun yang lalu

 0 

Lensanya (optik) nya memang masih buatan Jepang namun assembly-nya ada yg di Thailand, Taiwan dan bahkan China. Kalo gak salah produksi awal saja yg biasanya Made in Japan. Untuk lensa lainnya seperti Tamron, Tokina atau Sigma kalau diperhatikan di kardusnya ditulis "Lens made in Japan"...nah...jangan salah...itu cuma lens-nya saja buatan Japan...assembly-nya bisa di China. Biasanya kalo fully manufacturing di Japan, hanya ditulis "Made in Japan" dan barang2 yg masuk ke JPN quality control-nya ketat banget...jadi walaupun bukan fully Made In Japan, umumnya dijamin barangnya bagus...

18-200VR punya saya Made In Thailand dan 90% selalu nempel di kamera saya krn praktis banget dan so far tidak ada masalah. Kalo niat beli baru, mending ke daeler resmi saja Pak...tp mungkin harus indent dan agak mahal tapi kita gak was-was...

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh: Irwan Darmawan (2956)    17 tahun yang lalu

 0 

Barang baru atau bekas dicoba2 memang sulit ngebedain nya, kalau memang bekas dipakai lama pasti ketahuan terutama jenis lensa ini yg seperti Vacumm Cleaner alias nyedot debu. Sebetulnya dicoba saja dipasang ke body, dilihat hasilnya kalau OK dan memang butuh cepat, nggak ada pilihan lain deh.

BTW, lensa saya made in Japan pembelian sekitar bln Nov-Des 2005, garansi Alta.

Salam

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh:  Willy Setiadi (43835)    17 tahun yang lalu

 0 

18-200 VR kalau di Jepang ada 2 versi,made Thailand yg lebih murah,made in Japan lebih mahal dikit.Cuma kalau sudah menyandang nama Nikon,nggak masalah buatasn mana.Cuma kalau ada dana saya juga pilih yg buatan Jepang.Kalau masih baru memang biasanya kartu garansi masih utuh,belum ada sobekannya.

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh:  Yadi Yasin (116383)    17 tahun yang lalu

 0 

Bisa jadi penjuanya terlalu polos, atau terlalu culas :)

Kalau kita berpikaran positif, sih bisa jadi lens tersebut pernah dicoba pakai (test dulu) oleh pembeli yg batal sebelumnya, dan si penjual pasrah saja kalau dikembalikan. Jadi sebetulnya lens nya masih termasuk kategori baru.


Yang parah kalau lens tersebut ternyata sudah di pakai dalam waktu cukup lama sebelumnya, dan jual lagi "as new". Ini yang culas.

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh: Rudolf wahyudi (2622)    17 tahun yang lalu

 0 

Klo liat dari ceritanya sih...itu lensa baru,tapi karna lensa nya cuma ada 1 stok di toko,jadi lensa itu sudah pernah dilihat2 orang yg mau ngetest/beli.

Dan masalah kartu garansi nya..kayaknya sudah disobek ama toko lain,jd toko itu ngambil barang dari toko lain yg ngambil lensa itu resmi dari Alta.Dgn kata lain toko tempat anda beli adalah perantara/bantu menjual (memang sering terjadi sperti itu).

Nah klo saat anda gak jadi beli..orang toko nya santai aja gak sewot,karna dia pikir lensa ini langka bgt dan banyak yg mau (pasti laku karna udh ada yg pesan).

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh: William (502)    17 tahun yang lalu

 0 

Kalo memang masih baru, kartu garansinya harusnya masih ada 2 lembar utama yaitu lembar putih dan lembar kuning, baru yg di belakangnya lembar spt kertas karton jadi total sebenarnya 3 lembar. Kalo begitu diterima langsung dapet lembar kuning, kemungkinan terbesar garansinya uda jalan alias yg lembar putih uda dikirim ke alta. Kalo lembar putih sudah dikirim ke alta, kemungkinan terbesar lensa tsb memang pernah mengalami proses transaksi sehingga sang penjual mengirim lembar putih tsb ke alta utk proses garansi. Kalo memang masih 100% baru lembar putih (lembar paling depan dari kartu garansi) harus disobek di depan kita. Soalnya itu yg saya alami setiap beli item nikon yg 100% new dari toko.

Kalo soal dus sebenernya kalo gak parah saya gak begitu persoalkan. Namanya dalam pengiriman terjadi dus rusak kemungkinan gak kecil kok, bisa terjadi kapan aja.

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh: Edi Budiono, ed (318)    17 tahun yang lalu

 0 

@ Bernard : Kardus tidak ada segelnya, berarti sudah dibuka ya?
Lalu kartu garansi nya tidak tertulis tanggal pembeliannya, cuma tertulis garansi alta dan jenis lensanya.

@ Irwan: Toko itu salah satu dealer resmi Nikon lho! Seharusnya kan ada semacam peraturan atau disiplin dari Nikon pusat bagi semua dealernya untuk menjamin barang yang dijual adalah baru 100% iya ga?

@ Rudolf: Mungkin memang langka dan banyak yg mo beli, tapi mungkin juga kan si penjual sudah pernah mengalami hal seperti itu. Ada yang mau beli namun ga jadi setelah lihat beberapa kejanggalan seperti yang saya alami. Wong dia nya santai bener....., mungkin ga titipan dari pemilik lensa yang salah beli ato nyesel beli, lalu dititipin ke toko tsb lagi untuk dijual sebagai barang baru ya?

Re: Cara bedain Nikkor AF-S 18-200 VR baru /bekas?

Oleh:  Bayu Swandhani S, Papz (15215)    17 tahun yang lalu

 0 

wah.. aneh juga ya.. ditefon ada kok disamperin gak ada.. ada lecet2 di mounting lensa gak mas ? kalo kardus lecet2 dikit seh. ya munkgkin pas nyusun2 aja.. tapi ya harusnya seh lecetnya wajar (karena gesekan bukan benturan)...