Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Dody Nugraha (19595)    17 tahun yang lalu

  0 

Pak Harlim Yth dan dkk penggemar IR. Saya kemarin sudah coba ke Manual Focus kamera Nikon D70s dengan bukaan 3,5 pada lensa 17-200 mm Nikon, speed sekitar 5 detik dan EV+3, koq belum muncul juga kaa GOOD di LCD kamera. Hasil foto tetap berwarna merah, padahal harusnya hasil foto di LCD akan menjadi BW. Please help me Bung Harlim dkk how to set IR 72 in my camera. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih aats bantuan dan perhatiannya. Saya sangat memahami ternyata motret IR tidak mudah. Saya setting kamera aja selama 1 minggu ini belum bisa sukses. Saya sudah coba langkah2 sesuai petunjuk M. Zamzani dalam step to Step IR sampai sekarang belum berhasil.

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Januar S Handoko,JANU (33232)    17 tahun yang lalu

 0 

Setting WB ke Preset blom pak ?
Cara Preset udah tau kan ?.....:)

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Ricky (4097)    17 tahun yang lalu

 0 

Sudah coba shoot dengan Raw Format pak? nanti di Nikon Capture tinggal mainkan saja nilai2 WB setting hingga mendapatkan tone yang sesuai :) Semoga dapat membantu :)

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Yudha ardias sandy (13686)    17 tahun yang lalu

 0 

seting bw, ampe good, :D

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  M. Zamkhani (60278)    17 tahun yang lalu

 0 

Dari keterangan pak Dody, saya berkesimpulan bahwa masih belum berhasil dalam membuat custom atau preset WB.
Dalam hal mem-preset WB, menurut saya blm perlu EV +3. Ini justru akan memperlambat speed dan rentan thdp camera shake yg mungkin juga penyebab "good" gak muncul-muncul.
Kalau boleh kasih masukan, siapkan tripod, kertas putih atau grey card beserta filternya. Selanjutnya ikuti step-by step artikel. Untuk settingan kamera, coba pakai Apperture priority (A) dengan settingan f/3,5 atau 4 dan ISO 400 dengan maksud agar speed tdk terlalu lambat. Dan satu lagi, EV=0 gak usah diubah-ubah.
Semoga bisa membantu dan selamat "berjuang" nyetting Preset WB

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Dibyo Gahari (68766)    17 tahun yang lalu

 0 

Mas Dody, preset cukup dng exposure +0, jangan +3. Atau bahkan bisa dng -2. Kalau ada masalah silakan sms saya di 0812 2000 330.

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Priyo Hartono (11536)    17 tahun yang lalu

 0 

Pernah dibahas di banyak forum sebelumya.. termasuk dari kakak D. Setiadi..

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Dody Nugraha (19595)    17 tahun yang lalu

 0 

Saya mengucapkan terima kasih kepada teman2 yang telah men-support habis2an kepada saya, terutama kepada Pak Dibo Gahari, Sang Master Lansekap yang selalu sukses dengan foto2nya termasuk IR di Bromo. Sampai saat ini memang saya belum bisa WB preset hingga muncul kata GOOD. Termasuk Pak M. Zamkhani, saya betul2 penasaran bagaimana cara setting IR, belum cara motret IR yang benar. Sekali lagi matur nuwun perhatiannya. Salam dari Kota Semarang.

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh: Dani Okianto (2339)    17 tahun yang lalu

 0 

Cara sederhana yg sering saya pakai (kamera dan filter sama) begini pak Dody untuk setting WB:
1. Pasang filter R72 di kamera.
2. Tekan tombol WB dibelakang kamera untuk beberapa detik, sampai ada tulisan PRE berkedip2 di LCD atas.
3. Jepret rumput didekat kaki atau serumpun daun. Jika Autofokus mengganggu, matikan saja juga gpp. Yg penting pastikan kira2 pak Dody mengambil gambar satu frame diisi rumput/daun semua (pokoknya yg ijo2).
4. Kalau berhasil ada tulisan GOOD di LCD atas, kalau gagal kembali ke step 2, tapi pindah ke tempat yg lebih banyak cahaya atau bisa seperti pak dibyo sarankan ambil step 3 dengan EV -2. Kalau berhasil langsung siap digunakan, jgn lupa AF-nya dihidupkan lagi kalau tadi dimatikan.

Moga2 berhasil pak...selamat moto IR, salam dari BDG.

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Dody Nugraha (19595)    17 tahun yang lalu

 0 

Semalam saya sdh coba lagi paki tripop baik MF maupun A, bukaan 3,5, filter sdh dipasang maupun baru dipasang setelah fokus, ketika kita atur wb preset, measure, set, tekan tombol shuter, koq masih belum muncul tulisan GOOD di LCD atas ? Padahal tombol wb preset sdu berulang2 di tekan koq tidak muncul tulisan PRE yang berkedip2. Saya sampai agak patah semangat, jangan2 ada masalah di kamera saya untuk setting IR atau memang ada yang terlupa langkah2 yang harus dilalui utk pasang filter IR ? Saya mengucapkan terima kasih atas respon kawan2 yang bergitu perhatian memberikan sharing pengetahuan bagaimana cara setting IR yang benar. Terima kasih kawan.

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Mula W. Wangsaputra (17049)    17 tahun yang lalu

 0 

Mungkin gini lebih step by stepnya:
- cari lokasi yang cukup cerah, misal siang hari di luar ruangan
- set Mode ke A, lalu set aperture ke f/4
- set switch AF/M didepan camera ke M (manual Focus)
- pasang filter IR
- cari object yang ingin di set, misalnya kertas putih atau rumput atau daun, pada jarak sekitar 0.5 - 1 meter
- focus manual lensa sekitar 0.5-1 meter
- kalau perlu set metering ke center weighted atau spot
- kompensasi set ke 0 aja
- ISO bisa set ke 400
- pencet dan tahan WB di belkang kamera, terus putar main wheel (apa ya istilahnya) sambil tengok LCD yang di atas, sampai berhenti di "PRE", terus lepaskan pencetan WB di belakang kamera
- Sekali lagi pencet tombol WB dibelakang kamera agak lama sampai tulisan "PRE" kedip-kedip di LCD bagian atas
- lalu tekan shutter release botton selama PRE masih berkedip-kedip
- jika belu berhasil, ya ulangi dengan object yang lain


Semoga berhasil :)

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  James Duta Ari Bawana (17477)    17 tahun yang lalu

 0 

bagaimana dengan setting di eos 350D Mas Mula. saya nggak bisa lihat previewnya.view finder juga jadi gelap sekali. motret pakai IR filter harus dicuaca sangat cerah ya? please help.

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Iman (11234)    17 tahun yang lalu

 0 

untuk mas dody.....mungkin ada kesalahan sedikit mengenai setting ke WB pre nya.....mas dody bilang tadi ndak muncul2 tulisan Pre yang berkedip2..???? Nah WB kan bermacem2 tuh kalo ditekan akan muncul WB dengan huruf A terus coba tekan terus sambil menggerakan Command Dialnya ke kanan maka akan muncul WB gambar lampu bohlam (tombol WB ditekan terus) kalo dialnya di ke kananin lagi akan muncul gambar lampu neon, nah terus aja ke kananin ampe ketemu huruf Pre yang bapak inginkan....stelah itu lepas tombol WB....dan untuk mendapat PRE yang kelap kelip coba tekan terus tombol WB tersebut....kalo udah kelap kalip tinggal cari bidang putih/rumput/langit dan tekan shutter ampe tulisan GOOD muncul.....semoga membantu

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  James Duta Ari Bawana (17477)    17 tahun yang lalu

 0 

Mas Mohammad Sulaiaman, saya mau tanya lagi/bisa ajarin settingan di EOS 350D? Matur suwun

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Iman (11234)    17 tahun yang lalu

 0 

maap mas James saya ndak tau cara pake 350D karna yang saya pake D70s...mungkin yang laen bisa menolongnya....:)

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Dody Nugraha (19595)    17 tahun yang lalu

 0 

Dengan dukungan kawan2 terutama Bung Iman yang ada di Hongkong telah mengirimkan gambar/foto Nikon D 70s, akhirnya saya sudah bisa setting IR. Hasil previe di LCD besar menjadi hitam putih atau tidak merah lagi. Oh ya, berapa bukaan/diafragma sebaiknya digunakan 8-11 atau lebih besar misalnya 22-36 ? Terus supaya bisa tajam/tidak terlalu blur, apakah setiap motret IR selalu harus bawa tripod ya ? Koq jadi agak repot ya. Kemudian bagaimana cara mengolah di PCS2 supaya bisa menimbulkan warna biru tajam, merah tajam dan kuning keemasan. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada teman2 di FN yang telah tulus iklhas bersedia membagi ilmu dan pengalamanya. Salam hormat dari Kota Semarang.

Re: Setting IR 72 di D70s

Oleh:  Iman (11234)    17 tahun yang lalu

 0 

wahh selamat bung dody atas keberhasilannya=D>...hehehehehh
emang kalo moto IR tanpa oprekan musti bawa tripod karna speed yang lambat itu dan bukaan bisa dibuka dari f/8 keatas biar dapet gambar yang tajem, dan untuk pengolahannya bisa diliat di thread sebelonnya ato di artikel......