Setting IR saat ini

Oleh:  Dody Nugraha (19595)    17 tahun yang lalu

  0 

Sekarang ini cuac lagi mendung terus dimana-mana. Gimana nih cara setting IR yang plaing mudah di kamera Nikon D70s dengan filter IR Hoya ? Saya sdh coba pasang dan diarahkan ke kertas HVS warna putih atau lampu pijar serta WB preset, namun koq tombol shutertidak bisa dipencet ya ? Apa betul harus nunggu panas terik dlm situasi begini. Kemudian apakah fokus harus kita set secara Auto, baru lensa dipasang serta pakai tripod walaupun siang hari ? Tks informasinya teman2 FNrs.

Re: Setting IR saat ini

Oleh: Budi Supriyanto (2705)    17 tahun yang lalu

 0 

saay dulu juag sering nagalamin kayaa gt selama pake filter r72..saya biasnay pake tangan aja saya goyang2in depan lensa sekitar 20cm dari lensa biasnya langsung respon tuhh langsung dahh pencet shuternyaa
goyangin tangannya sekalian tekan2 shuternya...nahh pas kedengeran bunyi siap di potret langgsung tarik tangan kitaa.....semoga bisa di mengertii..kalo masih bingung yaa maaf dehhh...itu sihh pengalaman pribadi saya...

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Harlim (146795)    17 tahun yang lalu

 0 

p'Dody wrote : " Gimana nih cara setting IR yang plaing mudah di kamera Nikon D70s dengan filter IR Hoya ? Saya sdh coba pasang dan diarahkan ke kertas HVS warna putih atau lampu pijar serta WB preset, namun koq tombol shutertidak bisa dipencet ya ? "

saat preset wb , lensa di set manual focus saja. andai masih belum muncul tulisan GD/GOOD bisa naik/turunkan exposure kompensasi.


"Apa betul harus nunggu panas terik dlm situasi begini. "

Bisa iya dan bisa juga tidak
sangat panjang jika dijelaskan namun banyak jalan menuju roma , utk kamera non oprekan dan hot mirror tanpa Dichroic (d100/d50/d70/d70s/g1/hi7 polos)
bisa cari/gunakan sejenis filter yg bisa menurunkan intensitas cahaya visible tetapi tidak menurunkan intensitas IR. Filter jenis ini bisa dibuat dari kaca film yg perlu kita atur adalah porsi/persentasenya


Kemudian apakah fokus harus kita set secara Auto, baru lensa dipasang serta pakai tripod walaupun siang hari ? "

jika yg bapak maksud adalah filter. bisa gunakan auto focus sebelum dan sesudah filter dipasang agar tidak perlu boros diafragma , focus 1/3 hingga 2/3 dari jarak object (jika object berada di 3 meter didepan maka kita focus 1 s/d 2 meter dari depan object)

atau gunakan ir focus shifting mark , umumnya pada lensa2 yg mendukung IR selalu ada Tanda/Mark di window ada yg tanda titik putih ada yg titiknya merah.

Jika lensa yg tidak menpunyai mark tersebut bisa kita cari walaupun nilai shiftingnya linear.

Re: Setting IR saat ini

Oleh: Fatwa Furqana, DoF (1600)    17 tahun yang lalu

 0 

The master has spoken... :D

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Denny Ramon Ratulangi (68913)    17 tahun yang lalu

 0 

idem dengan Fatwa :)

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Happy Murakami (75768)    17 tahun yang lalu

 0 

masalah kak Harlim tuh masalah pengguna Hoya IR deh.....masternya aja masih mau nanya lagi.... berarti IR susah yah...

Ganbatteeeeeeeeeee....B-)B-)B-)B-)

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Meru Bramantya (8765)    17 tahun yang lalu

 0 

hmm...:-w
kalo dulu pak dudy udah pernah moto ir sebelum cuaca mendung gini...foto IRnya bisa buat acuan wb preset tuh.
kalo ga salah set wb preset > measure by photo. CMIIW
semoga bisa membantu:D

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Dody Nugraha (19595)    17 tahun yang lalu

 0 

Kembali ke laptop nih. Sudah seharian kemarin saya coba pasrang IR R72 di lensa 18-200 mm, pasang di lensa, pilih Aperture priority, WB preset, measure, set (OK), bukaan paling besar sekitar 3,5, coba arahkan ke benda putih atau rimbunan pohon, namun sampai sekarang koq belum pernah muncul pesan GOOD di LCD kameranya ya ? Saya ulang lagi dengan cara dilepas filternya, WB preset, pasang filter tetap belum muncul juga, namun bisa digunakan untuk motret dan tampilan di LCD warna merah ? Apa ini sudah berhasil settingnya atau belum, karena ada kawan yang bilang kalau setting berhasil mestinya warna foto di LCD menjadi hitam putih. Gimana nih teman2 pendapatnya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas penjelasan dari teman2 pakar IR, maklumlah penasaran ingin coba foto IR yang baik tanpa mengoprek mirror hotnya. Sayang sih DSLR satu2nya nih.

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Harlim (146795)    17 tahun yang lalu

 0 

P'Dody , lakukan exposure compesation +3 stop keatas atau gunakan manual exposure diafragma di biarkan di f/3.5 speednya saja diperlambat terus

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Yudha ardias sandy (13686)    17 tahun yang lalu

 0 

coba manual focus, :)

Re: Setting IR saat ini

Oleh:  Dody Nugraha (19595)    17 tahun yang lalu

 0 

Tks Pak Harlim dan kawan2 atas responnya, Saya akan coba lakukan MF dengan bukaan 3,5 dengan bukan lambat, berapa ya 5 detik atau berapa ? Ekposur akan saya coba naikkan ke +3. Semoga aja bisa, masak sih fotonya merah semua ? Berarti belum GOOD ya ? Jangan2 ada yang salah dengan kamera atau R 72 ya ? Anyway terima kasih telah memberikan petunjuk kepada saya yang masih penasaran ingin kena RACUN IR tuh.