W T A -- Nikon Reverse Ring BR2 / BR2A

Oleh:  Abubakar Shahab (3392)    17 tahun yang lalu

Rekans Nikon FN,
Mau nanya dong,
Ada yang bisa kasi tau juga bedanya BR2 dan BR2A? Sekalian juga nanya tempat jual dan harganya dong kalau ada yang tau

Makasih.. Salam

Re: W T A -- Nikon Reverse Ring BR2 / BR2A

Oleh:  Purwanto Nugroho (41202)    17 tahun yang lalu

Saya menggunakan BR2A (plus BR3).
BR2 itu tipe lama, yang dapat mengganggu koneksi elektris pada kamera2 tipe baru yang support Autofokus.
BR2A adalah tipe baru yang mengatasi hal ini.. bisa digunakan pada kamera lama maupun baru..termasuk DSLR.
reverse mount sizenya 52mm.. cocok untuk nikkor 50mm f/1.8D.

Saya sarankan untuk juga memiliki BR3, yang berfungsi sebagai penutup rear-sidenya lensa, karena reversed, bagian belakang lensa yang bakal dekat dengan obyek, dan sudah sharusnya dilindungi dengan BR3+UV filter.
posisinya:
BODY+BR2A+reversed lens 52mm+BR3

kombinasi BR2A dan BR3 juga bisa difungsikan sebagai ekstention tube.
dengan posisi:
BODY+BR2A+BR3+lensa apapun.

dulu saya nyoba nyari di JKT susah buanget...
ada yang kasih info di toko kamera di Lucky Plaza singapore ada...saya lupa nama tokonya.
Akhirnya saya beli di adorama US. total kurang lebih 500rb untuk BR2A+BR3.
Solusi yang sangat murah untuk shot macro, walaupun totally manual setting eksposenya.. but that's the challenge! :D

Selamat mencoba. :)

Oleh:  Salim S Marzuki (41351)    17 tahun yang lalu

ini ada bacaan lucu di salah satu forum:

"I own a BR-2 lens reversing ring. While getting my F4s serviced at NIKON in Torrance, CA I asked what the difference was between a BR-2 and a BR-2A ring. I person returned five minutes later and said none of the technicians knew of a difference between the two(!) I figured they must not have looked at them side by side so I bought a BR-2A ring from B&H and when it arrived I compared the two. Nearly identical. I found two minor differences of no real consequence, and I mean minor! I emailed NIKON through their website and received a reply that said "the BR-2A is for auto focus bodies and the BR-2 is for manual focus bodies. Do not use the older ring on an AF body as damage to the contacts may result." The owner's manuals for my F4s and F100 say to use the newer ring. However, I have been using the BR-2 on my F4s for a while now. It clears the electrical contacts just fine. When I emailed them back and notified them of this here's what they said:

"We have found that you already visited Nikon in Torrance and the technicians could not provide information of the differences of the two rings. Therefore, I do not have the information either. However, we still advise to use only the BR-2A ring for autofocus cameras as the instruction manual indicates. The BR-2 is not recommended. The factory would not have replaced the BR-2 with the BR-2A if there was no compatibility issue. If we obtain more information on this issue we will let you know."

I know this isn't an earthshaking issue but if someone can answer this question then maybe NIKON should be notified too."

:D

eniwei jawabannya seperti mas PN bilang diatas, katanya BR2 agak nyentuh AF contacts di F601 (sy belum pernah nyoba).

Oleh:  Bayu Swandhani S, Papz (15215)    17 tahun yang lalu

ngemeng - ngemeng.. harga untuk masing2 mereka brapa ya ?? BR-2A dan BR-3...

Oleh:  Purwanto Nugroho (41202)    17 tahun yang lalu

mas Papz...
hampir sama harganya untuk masing2 unit tsb.

Oleh: Bambang Widjanarko (162)    17 tahun yang lalu

@mas Purwanto: cuma satu toko kamera yang 'bener' di lucky plaza, Lord's :)