Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Indra P, humblefisherman (71080)    17 tahun yang lalu

  0 

Dunia Indonesia begitu indah.. (bukan si "indah" FN lho :-D ) tapi mengapa kita malah lebih sering meng'eksplore luar negri atau malah tidak mengeksplore sama sekali.. di kalangan pemancing, mungkin karena alam memancing di jakarta yang sudah tidak memenuhi syarat, kami di tuntuk untuk membuat trip mancing sampai ke ujung2 indonesia. kesulitan yang kita temui adalah sarana di lokasi (e.g kapal yang layak, kondisi laut, musim ikan, dsb).. tokh dengan kesulitan seperti itu, sering ada trip mancing ke komodo, sumba, menado, sangihe, maluku, bitung, bangka, makasar (selayar), bahkan papua..

saya berpikir, kenapa jarang ada eksplorasi hunting trip di indonesia? minimal kalau ada yang eksplore, maka akan ada trip ke 2 ke 3 dsb. malah rasa saya kalau trip foto mustinya biaya jauh lebih murah karena semua bisa disesuaikan dan tidak perlu sewa "gear" yang membebani biaya seperti halnya "perahu yang memadai" dalam kasus mancing atau diving.. cita2 saya ingin trip khusus hunting foto ke pelosok2.. mungkin saat ini masih impian saya. tapi melalui forum ini saya ingin masukan rekan2.. kalau kita buat hunting trip ke pelosok, berdasarkan pengalaman rekan2 semua, di mana sih daerah di indonesia yang patut kita kunjungi. object apa yang menarik di sana. dan musim yang baik untuk kita datangi.

untuk lebih memudahkan mari kita bagi :

1. Indonesia Bagian Barat
2. Indonesia Bagian Tengah
3. Indonesia Bagian Timur

salam humblefisherman..

PS: Mas Uyo, majalah Tamasya nggak buat trip ke daerah?? :-D
Lae Tigor Panggabean, kasih masukan dari trip anda ya.. anda sudah memulai trip eksplorasi itu. di tunggu hasil2nya... Om Yadi sebagai komandan dari forum ini juga sudah men-share pengalaman "luar biasa" dari Timor2.. saya usahakan menshare trip saya nanti ke sumba.. (tahun2 lalu saya belum hobby foto sih, jadi trip2 ke daerah2 saya tidak terdokumentasi dengan baik :-D)

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Gede A. Setiawan, GAS (33721)    17 tahun yang lalu

 0 

Wah menarik om Indra, saya juga pengen dapet anak SD yg masih pake sendal jepit (atau malah telajang kaki) masuk sekolah....

Di kaki bukit menoreh, dekat borobudur, Magelang (menurut cerita seorang teman), ada suatu dusun yang masih terisolasi (mengisolasi diri) tidak mau berbaur ke luar, tidak ada listrik yang masuk, kawinnya juga masih seputar kampung itu saja, masih jarang penduduk yang bisa bahasa Indonesia. Mungkin kampung ini bisa jadi "bahan". Tapi saya gak tau namanya, om-om Magelang dan sekitarnya barangkali lebih tau.

Kalau explore daerah2 lain yg jauh2 bisa gak yah cari sponsor? heheh.. maklum mahasiswa :| :|

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Surja Dharma (3557)    17 tahun yang lalu

 0 

Ide menarik banget nih!! Hayo...siapa yang bisa kasih masukan, dan siapa yang mau jadi komandan. Yakin pesertanya akan cukup banyak.

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Indriayu Afriana (1475)    17 tahun yang lalu

 0 

setujuuuu,..
ummm..ntar ta' mulai dech laporan jalan2 ku keliling ke beberapa tempat di sulawesi tengah beberapa bulan lalu,..
tapi bukan buat hunting looh,..laporan kegiatan kunjungan gt,..ga papa gitu?? :-?
tapi kalo gitu musti jelas yah ke sana naek apa,..ongkos atau spot2 yang bagus jadi ada semacam tuntunan atau tips kalo mau ke sana,..gimana??

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Peter Chandra (32561)    17 tahun yang lalu

 0 

Wah sungguh menarik ide ini. Kami FN 061 baru mulai mau wacana semacam Crossing Bridges indonesia nya tapi kali ini bukan buat antar negara tapi antar daerah (propinsi) seindonesia.
Nah Propinsi mana yang mau duluan buat pelopornya?

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Nyoman Bayu Yudianala (306179)    17 tahun yang lalu

 0 

Saya sangat setuju .. Indonesia itu sangat indah.... hanya sayang jumlah pemotretnya yang hebat belum begitu banyak dibanding 'luar negeri'.... :)

Saya dukung nih ide Om si Tukang Pancing.... secara moral aja dulu.... ;))

Salam hangat...!!

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Suryo Priyantoro, UYO (149423)    17 tahun yang lalu

 0 

majalah Tamasya emang rencana bikin ...... masih digodok ....

kalok ga salah FN pun punya program2 photo trip kok ...... pernah didiskusikan di sebuah thread terdahulu .

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Asmin Safari (92454)    17 tahun yang lalu

 0 

ada yang mau trip ke kampung saya? pedalaman Mandailing;)).......... saya juga pengen masuk pedalaman kayak kalbar ato kalteng pasti asyik kali.. sy liat trip nya metro mengeksplorasi sulteng/sultra juga sangat eksotis yg notabene jarang tergarap....
ide pak peter ok tuh

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Budi Darmawan BD (7764)    17 tahun yang lalu

 0 

kami dalam beberapa tahun terakhir ini sudah sering mengajak teman teman foto dari Luar. negeri Inggris, Canada, Hongkong Singapore ke lokasi yang bagus di Indonesia ke Toraja, Wamena, Bali, Jateng, Jatim. dan mereka tidak pernah puas karena mereka kepingin kembali lagi. Mungkin ini bisa diaktiv kan lagi lewat photo club masing masing .

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Zulkifli Yusuf, KiBoR (49424)    17 tahun yang lalu

 0 

Wah asik bener nih :D
Teluk Tomini dan sekitarnya menyimpan banyak spot eksotis baik di laut maupun di darat. Dua lokasi yang paling banyak diekplorasi yaitu Togean dengan UWnya dan Torosiaje (desa yg dibangun diatas air ditengah laut).
report huntingnya baca disini http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.php?id=457231

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Indra Manik (36043)    17 tahun yang lalu

 0 

Sangat setuju dengan ide ini. Keindahan alam Indonesia memang perlu di "explore" dan di"share". Tempat kami, Sorowako (Sulawesi Selatan)terletak di tepi Danau Matano, dulu dikenal sebagai Ujung Dunia, 600km ke utara Ujung Pandang/ Makassar, saat ini sudah semakin dikenal, paling tidak untuk FN'ers.
Minggu depan kami akan kedatangan tamu FN'ers dari Jakarta dan Bali untuk hunting bersama di Sorowako. (nama masih di"simpan" dulu ya). FN'ers lain welcome aja.

Silahkan klik link berikut untuk melihat foto2 Sorowako dan sekitarnya.
http://www.fotografer.net/isi/galeri/index.php?katakunci=SOROWAKO&searchid=6&bSubmit=Cari

Salam klik dari Sorowako (berikut lokasi dan koordinat berdasarkan Google Earth)

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Sisca J E (36529)    17 tahun yang lalu

 0 

ikuuuuuuuuuutttttttttt............. :x :x

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Herman W. (9836)    17 tahun yang lalu

 0 

Ide yang sangat bagus. Ide ini dapat dimasukkan ke dalam kalender hunting fn tahunan yang kadang jarang di-update karena kesibukan masing-masing.
Rencana hunting domestik tersebut dapat dipersiapkan mulai sekarang. Misalnya ditentukan dulu daerah mana yang akan akan dijadikan tujuan dan koordinatornya siapa. Tahun depan mungkin sudah dapat dimulai.

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Prayudha Washisto (13977)    17 tahun yang lalu

 0 

Wah menarik banget nih...., ikutan dong....
ada lagi satu daerah di Sulawesi Selatan tepatnya di daerah Kajang Tana Towa Kabupaten Bulukumba, -/+ 300 km arah selatan Kota Makassar..... mungkin FN'ers pernah lihat liputannya di televisi2 swasta.....
Menarik sj buat saya krn daerah tersebut cukup jauh dari peradaban modern dan para penduduknya masih memegang teguh kepercayaan animisme....

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Indra P, humblefisherman (71080)    17 tahun yang lalu

 0 

Melihat sambutan yang cukup meriah, mungkin sebaiknya kita mulai pendataan tempat2 dulu, seperti ide saya awal.

sekitar jawa barat aja dulu ya, mungkin kalau mau landscape sebenarnya area carita sampai ujung kulon lumayan menarik. pelabuhan ratu untuk lokasi yang tidak umum, bisa sewa kapal dan mendarat di pantai2 yang tidak bisa di jamah oleh mobil. (ada banyak desa2 antara pelabuhan ratu - ujung genteng yang tidak bisa via mobil). Malingping - Binuangeun adalah tempat yang pantainya juga masih baik untuk di eksplore. pulau Tinjil di seberang binuangeun juga indah sekali. bisa sewa kapal nelayan murah kalau mau menyebrang ke sana. sewa kamar di malingping juga murah sekali.

next...

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Heru Muara Sidik (10392)    17 tahun yang lalu

 0 

Boleh juga tuh.. usulnya.. kemarin waktu mudik saya juga sempat mampir ke cilacap ... mancing .. tapi gak dapat.. trus mampir ke nusa kambangan ternyata cukup menawan.. mungkin bisa di jadikan tujuan wisata karena disana baru saja dibuka kompleks benteng belanda yang tersisa ... lengkap dengan cerita seramnya...

ini ada foto salah satu karang tempat pemujaan bagi mereka yang ingin kekayaan dengan jalan singkat... . he..he..he.. ini bukan promosi dan jangan di ikutin.. tapi memang pemandangannya indah...

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Heru Muara Sidik (10392)    17 tahun yang lalu

 0 

Ini kondisi benteng peninggalan belanda (ada yang bilang juga portugis)....

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Heru Muara Sidik (10392)    17 tahun yang lalu

 0 

saat yang tepat untuk mancing di nusa kambangan sekitar waktu pagi hari jam 5-9pagi atau sore jam 15-18sore... naik kapal kecil, sementara ombak cukup besar.. jadi buat yang gak hobi melaut.. mendingan gak ikut.. bisa mabok...

Di nusa kambangan juga banyak banget fosil kerang... mungkin dulunya memang tempat kerajaan kerang kali ya...

Yah.. ini foto yang terakhir... ntar kebanyakan cerita gambar malah membosankan...

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Indra Gunawan (7446)    17 tahun yang lalu

 0 

buat yg ke Medan, ada Danau Toba, air terjun sipiso-piso, gunung sibayak, desa2 lingga, dll.......
langsung aja hubungi saya :D
setuju nih, ide yg bagus sekali ..........
saling berbagi,

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh: A.A. Agung (3238)    17 tahun yang lalu

 0 

Ide yg bagus...
@NBY :hanya sayang jumlah pemotretnya yang hebat belum begitu banyak dibanding 'luar negeri'....
banyak yg hebat juga kok mas, lihat aja di beberapa event, fotografer Indo dapat award...cuman ga ada modal banyak seperti saya ini kali :)...

usul nih ke tempat2 yg jarang di eksplore...gimana kalo Indonesia Timur...misal: Sumba... jarang yg eksplore ini tempat....tapi hutan Kalimantan sini juga bagus lho...tapi ga tau musim yg bagus musim apa...musim kering banyak asap n kalau musim hujan, ya hujan terus...

lebih bagus lagi kalo sambil camping....:D

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Peric Ferryanto (102054)    17 tahun yang lalu

 0 

kalau ke aceh saya dan temen2 di sini akan menyambutnya............indonesia memang indah...

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Kristianto Budi Wibowo (25605)    17 tahun yang lalu

 0 

Ada nggak ya yg sempet ngambil Lembah Harau di Sumbar???
Kemarin ke sana nggak sempet ngambil foto....nyesel..tebing2nya memukau...

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Kristianto Budi Wibowo (25605)    17 tahun yang lalu

 0 

Buat Bung Gede A Setiawan (GAS):
Kalau mau lihat anak2 sekolah nggak pake sepatu..Nggak jauh2..di Grobogan (Kec Kradenan) JATENG tiap hari liat anak sekolah nggak pake sepatu, jalan kaki naik turun bukit ....

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Yudistira Ardhana (25277)    17 tahun yang lalu

 0 

BALI.......... tiap hari bisa hunting ke tempat yang berbeda dengan nuansa eksotis.................
sayang saya lagi kuliah di JKT............

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Tommy N. Armansyah (14898)    17 tahun yang lalu

 0 

Suoh, Lampung...kalau di peta adanya diatas Kotaagung dan dibawahnya Liwa...jalan ke sana butut pisan dan hanya bisa dilalui oleh mobil offroad atau motor trail. Obyek yang menarik sepanjang perjalanan kesana adalah ladang kopi, rumah khas lampung, kebun durian, kawah purbakala atau kata orang sana Peletusan yang ada 4 danau dan kawah belerang yg masih aktif. Human interest mah jangan ditanya...banyak banget!

Photo2 menyusul ya...

Re: Trip foto di Indonesia...

Oleh:  Bayu Swandhani S, Papz (15215)    17 tahun yang lalu

 0 

Trenggalek Kalo mau ambil foto2 Human Interest di sana sangat banyak.. pemandangannya gak terlalu istimewa, but mayan lah.. apalagi langit di Trenggalek hampir selalu indah dan dramatis.. gak kayak di BGR sini.. hampir selalu FLAT :|

Pelabuhan ikannya juga layak dikunjungi, bisa dapet banyak objek di sana dengan subjek yg beranekaragam juga.. melihat nelayan berlabuh pagi hari sepulang mencari ikan..

Sawah juga jadi objek yg bagus.. kalo lagi ada yg panen seru.. sambil ngobrol dengan petani2 dan suka2 disuguhin kopi yg mereka bawa dari rumah, sambil ngobrol2 sambil poto2..

Pantai Prigi