Bahayakah miss contact SB800 yg saya lakukan ?

Oleh: Boni Hersanto (1391)    17 tahun yang lalu

  0 

Untuk mengakali SB800 yang gak bisa Auto FP hiSpeed sync di D70,biasanya saya sedikit meng "off"contact atau sedikit memundurkan beberapa milimeter dari dudukan hot shoe agar tanda [ Compatible CLS ] hilang di control panel SB800. kemudian mode saya rubah ke A atau Non TTL Auto.
Yang saya tanyakan : apakah berbahaya tidakan saya tersebut untuk aliran listriknya? soalnya kalo dibikin begitu, D70 saya bisa syncron sampe 1/8000 sec flash menyala buat fill in di siang bolong pake bukaan besar.
sekian,mungkin rekan FN dapat membantu , trims....

Re: Bahayakah miss contact SB800 yg saya lakukan ?

Oleh:  Salahudin Damar Jaya, Jaya (45223)    17 tahun yang lalu

 0 

Tutup aja sama isolasi kontak yang kecil-kecil terkecuali yang utama., tapi dengan cara seperti mas Boni nggak masalah kok, karena kalo nggak pas paling flash nggak mau nyala. saya terkadang pake cara itu, cuma hati-hati karena dudukan jadi kurang stabil.

Cara yang mas Boni lakukan sebenarnya bukan FP hiSpeed sync, karena D70 memakai system hybrid shutter (gabungan rana mekanik dan elektronik di sensor) sehingga pada kecepatan diatas 1/200 rana elektronik yang memegang peranan, jadi seperti kamera poket atau prosumer yang kalo kita gunakan kecepatan tinggi tidak ada masalah. hanya paling kekuatan flash jadi mengecil karena sebelum peak power menyala rana keburu off.

Sementara cara kerja FP hiSpeed sync adalah flash akan menyala beberapa kali, banyaknya nyala sebanding dengan berapa cepat rana kita stel, contohnya kalo sinkro tercepat rana untuk flash 1/250 maka pada kecepatan 1/500 flash akan menyala 2 kali, kalo 1/1000 akan nyala4 kali dst.

Re: Bahayakah miss contact SB800 yg saya lakukan ?

Oleh: Boni Hersanto (1391)    17 tahun yang lalu

 0 

ooo bgitu ya, thank u mas atas infonya...jadi ngerti sekarang apa itu hi speed sync...