Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh:  Heru Muara Sidik (10392)    18 tahun yang lalu

  0 

Hari ini baru tahu kalo lensa mikro 60mm nikon gak bisa f/2.8 pada jarak dekat. Masalahnya waktu beli lensa gak pernah kepikiran untuk ngetest semua f stop di berbagai jarak. Maklum sebagai lensa mikro saya cuma kepikiran untuk motret makro dengan setting manual, dan menggunakan f stop di antara f/5 -- f/16 karena memang itu kelebihan lensa ini.

Nah sewaktu menjualnya ternyata pembeli lensa ini begitu telitinya, sampai saya gak bisa menjawab pertanyaannya. Asumsinya memang lensa ada masalah tapi belum punya jawaban yang tepat.

Akhirnya setelah mencari jawaban kesana kemari ditemukan jawaban berikut: "As Philip Greenspun explains in his review of the 60mm Micro-Nikkor, the Nikon system computes and displays the effective aperture. If you set the aperture ring to the maximum aperture of f/2.8 and turn the focussing ring to the minimum distance, the camera will display f/5 and use that number when determining exposure. Note that this is intended and correct behaviour and certainly not a malfunction."

Kalo rangkumannya diterjemahkan kira2 artinya sistem kamera SLR nikon telah menghitung dan menampilkan bukaan paling efektif pada lensa 60mm. Hal ini memang sudah dirancang demikian dan bukan suatu kesalahan fungsi.

Namun penjelasan ini apa sudah cukup ya? barangkali ada rekan2 yang bisa memberikan jawaban lebih mantap, karena saya sedang jualan disini , dan salah seorang pembelinya membatalkannya karena masalah tersebut.

Bagusnya saya jadi lebih tahu..... sih. Mohon pencerahan dari para pendekar, sekalian memberikan pencerahan pada Nikonian pemula lainnya macam saya.

Re: Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh:  Yunardho F (24843)    18 tahun yang lalu

 0 

saya juga punya lensa itu..tp kalo saya bilang justru kalo motret dg minimum distance di f/2.8 malah kita gak dapet fokus yg bagus..soalnya DOF nya super sempit, saya motret makro gak pernah pake f/2.8 biasanya sih di f/16 atau lebih kecil..hasilnya..woww.. this is one of the sharpest nikon lenses :)

Re: Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh: Sebastian Ary Sasongko (964)    18 tahun yang lalu

 0 

itu memang karakter lensa macro di focusing minimum (1:1),untuk kompensasi eksposurenya.di focusing non 1:1 sampai infinity pasti tetap jalan kok aperture 2.8.
anda coba di micro nikkor 105mm apa tamron 90mm juga sama deh.
jadi lensanya ga masalah kok.

Re: Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh: Derry Santoso (1633)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya jg punya lensa ini, tdnya saya pikir kok gini, ngga bisa di lock di f/2.8 di minimal focus. Tapi setelah saya eksperimen2 lebih lanjut, nyatanya f/5 hasilnya udah seolah2 spt f/2.8 yg DOF nya super duper sempit.
Dan nyatanya memang sangat jarang dipake utk macro photography di f/5 kebawah, umumnya f/8 keatas. Supaya tetap tertangkap semua detil objectnya.

Re: Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh:  Setyo Bagyo, SB (6862)    18 tahun yang lalu

 0 

Setahu saya ini salah satu medium lens macro andalan untuk Nikon, sebenarnya minat nih cuman nunggu abis gajian dulu he he he
B-)

Re: Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh:  Heru Fathurohman (15444)    18 tahun yang lalu

 0 

Itu emang karakter lensa macro mas... Saya juga dulu sempet bingung waktu pertama dapet lensa 60mm tsb, tapi setelah baca2 di internet jadi tenang :D.
Di Nikonians, ada thread penjelasan tentang karakter ini. Coba disimak di sini.

Re: Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh:  Krisno Biantomo (5131)    18 tahun yang lalu

 0 

Jadi ingat pengalaman saya, belom lama ini saya jual lensa micro 105mm f/2.8. Ada seorang rekan FN yang berminat utk membeli, kemudian setelah dicoba2 katanya lensa saya tersebut error karena bukaanya cuma mentok di f/3.

Saya ga bisa jawab apa2 setelah saya coba2 lagi sendiri dan saya baca di manualnya ternyata bukaan f/2.8 di infinity :D

Saya beritahu sama teman saya yang tidak jadi beli tersebut, tapi beliau bersikukuh bahwa lensa saya error... :D

Akhirnya lensa saya diambil sama rekan FN lainnya dan dia mengerti bahwa bukaan f/2.8nya memang di infinity-nya...

Salam

Re: Betulkah Lensa Nikkor AF 60mm D Micro bermasalah...?

Oleh:  Heru Muara Sidik (10392)    18 tahun yang lalu

 0 

Setuju dengan komentar dan pendapat rekan2 semua... akhirnya saya jadi bisa menjawab lebih jelas kepada calon pembelinya. Thanks for all the tips guys.

Buat rekan2 FNers yang ingin memberikan testimoni dan penjelasannya silahkan dilanjutkan... supaya kita para nikonians bisa memahami lebih jauh tentang karakter lensa 60mm ini. Salam.